PENDAFTARAN KARTU PRA KERJA DIUNDUR 11 APRIL 2020

Semenjak mewabahnya virus corona Covid-19 di Indonesia, dan juga gelombang ancaman PHK yang mengancam seluruh pekerja dan buruh di Indonesia, membuat khawatir mereka yang sampai saat ini masih bekerja. Namun hembusan angin segar diberikan Pemerintah dengan Program Kartu Pra Kerja yang diumumkan pada awal April 2020 kemarin. Meskipun masih belum dilaksanakan dan pendaftaran Kartu Pra Kerja diundur 11 April 2020, minimal memberikan harapan untuk masyarakat bisa belajar dan memulai usaha dengan pendidikan dan pelatihan yang nantinya akan diberikan.

Informasi diundurnya pendaftaran kartu pra kerja dapat dibuka di website www.prakerja.go.id, hal ini disebabkan proses dan program tersebut sedang dalam proses pematangan. Program Kartu Pra Kerja ini memang sengaja dibuat untuk mengurangi adanya peningkatan pengangguran, dan juga mengatasi semakin banyaknya masyarakat yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang diakibatkan mewabahnya virus corona.

PENDAFTARAN KARTU PRA KERJA DIUNDUR 11 APRIL 2020
(Sumber gambar: surabaya.tribunnews.com)

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Online 2020

Berdasarkan keputusan pemerintah melalui laman prakerja.go.id, juga dijelaskan bawah terdapat perubahan pendaftaran program kartu pra kerja, yang semula dijadwalkan mulai hari Kamis tanggal 9 April 2020, hal ini disebabkan situs tersebut mengalami gangguan atau error.

Hal ini juga ditegaskan oleh Panji Winanteya Ruky, Direktur Komunikasi Program Kartu Pra Kerja, bahwa tanggal peluncuran kartu pra kerja berubah untuk memastikan situs pelayanan tidak mengalami kendala teknis saat pelaksanaan pendaftaran dimulai.

Pendaftaraan progra kartu pra kerja tetap hanya bisa dilakukan secara online, yang akan dilakukan pada tanggal 11 April 2020, dan diharapkan situs tersebut bisa beroperasi secara menyeluruh pada minggu kedua April 2020.

Persiapan Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Pesiden Joko Widodo mengharapkan, Proram Kartu Pra Kerja ini menjadi program bantuan bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau mereka yang mengalami penurunan pendapatan akibat wabah corona.

Terdapat hal-hal yang harus disiapkan sebelum melakukan pendaftaran sehingga pada saat sudah mulai pendaftaran online anda tidak kebingungan, yaitu:
  1. KTP.
  2. Alamat email.
  3. Data diri.
  4. Nomor ponsel yang akan digunakan untuk pendaftaran.
Tips agar lancar dalam melakukan pendaftaran Kartu Pra Kerja:
  1. Anda harus memastikan jaringan internet bagus atau stabil.
  2. Buatlah akun Kartu Pra Kerja terlebih dahulu.

Manfaat Kartu Pra Kerja

Pendaftaran kartu pra kerja ini dibuka untuk 164.000 setiap minggunya dan difokuskan untuk 5,6 juta orang untuk kuota tahun 2020. Pelaksanaan Kartu Pra Kerja Tahun 2020, adalah aplikasi dari Inpres (Instruksi Presiden) Nomor 4 Tahun 2020.

Untuk mendapatkan akun dan cara daftar Kartu Pra Kerja, anda bisa buka Cara Daftar Kartu Pra Kerja ini.

Manfaat mendaftar kartu pra kerja adalah anda akan mendapatkan bantuan uang sebesar Rp. 3.550.000 yang digunakan untuk biaya pelatihan dan insentif, yang akan didapatkan secara bertahap sampai pelatihan selesai dilaksanakan, manfaat dana sebesar Rp. 3.550.000,- tersebut sebagai berikut:
  • Bantuan pelatihan sebesar Rp. 1.000.000,-.
  • Insentif pasca pelatihan sebesar Rp. 600.000,- selama 4 bulan, total sebesar Rp. 2.400.000,-
  • Insentif survei bekerja sebesar Rp. 50.000 tiap survei yang akan dilakukan 3 kali total sebesar Rp. 150.000,-.
Semoga informasi pendaftaran Kartu Pra Kerja diundur 11 April 2020 ini tidak menyurutkan niat anda untuk mendaftar program ini, dan artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel