MESTY ARIOTEDJO, SEORANG MODEL DAN DOKTER YANG MENGINSPIRASI

Siapa menyangka model yang juga seorang dokter ini memiliki sisi kemanusiaan yang luar biasa, tidak hanya kemampuannya yang selalu tampil di catwalk atau bahkan panggung konser, namun kepeduliannya terhadap sesama mampu mengumpulkan berbagai donasi dari para dermawan untuk pasien di daerah terpencil di Indonesia. Mesty Ariotedjo, seorang model dan dokter yang menginspirasi dunia kesehatan di Indonesia.

Nama Mesty Ariotedjo saat ini mungkin lama tidak didengar, karena sangat jarang muncul dalam dunia pertelevisian di Indonesia. Namun jangan salah, kiprahnya dalam dunia kesehatan menjadikan dirinya memiliki peranan penting dalam mengentaskan masyarakat miskin di daerah terpencil, khususnya dalam dunia kesehatan.

Mesty Ariotedjo

1. Flores Sebuah Pengalaman Mendalam Seorang Mesty

Sebagai sorang dokter, pasti memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, hal ini berlaku pula dengan Mesty Ariotedjo. Pengalaman saat menjalani internship di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur yang memberikan catatan mendalam dalam diri Mesty, dimana mayoritas penduduk Flores memiliki jaminan kesehatan, namun fasilitas kesehatan yang ada sangat minim, hal ini mengakibatkan banyak sekali kasus kesehatan yang tidak bisa ditangani dengan baik.

Banyak sekali pasien di Flores yang memiliki cerita menyedihkan, karena tidak memiliki biaya untuk berobat, fasilitas kesehatan juga sangat minim, akhirnya pasien pun meninggal karena tidak bisa ditangani. Kasus ini sebenarnya tidak hanya di Flores, namun juga ditemui didaerah terpencil diseluruh Indonesia.

2. Mesty Ariotedjo dan Program Kemanusiaan

Dengan adanya kejadian dimana para pasien yang tidak bisa tertangani, membuat Mesty mencari cara dan mencari ide agar bisa membantu masyarakat miskin didaerah terpencil tersebut. Akhirnya bersama dengan Gigih Rezki Septianto (seorang ahli IT), membuat sebuah gerakan Crowdfunding, yaitu sebuah penggalangan dana dari para masyarakat melalui situs internet.
Dan untuk mewujudkan ide tersebut pada Oktober 2015, bisa diwujudkan sebuah situs khusus untuk pengumpulan dana bagi para pasien di daerah terpencil yang butuh akses kesehatan optimal dengan nama “WeCare.id”.
Baca Juga: Ahmad Fuadi dan Jimat "Man Jadda Wajada".
Melalui situs WeCare.id yang diinisiasinya, Mesty Ariotedjo bisa membantu banyak pasien dari Sumatera sampai Papua, dengan mengumpulkan donasi dari para dermawan dan membagikannya untuk masyarakat daerah terpencil. Ide membuat WeCare.id berawal dari rasa ketidaktegaannya saat melihat pasien bayi yang harus pulang paksa.

3. WeCare.id Sebuah Situs Untuk Membantu Masyarakat Tidak Mampu Mendapatkan Layanan Kesehatan

Dengan adanya WeCare.id para calon donatur dan juga donatur bisa melihat daftar dan juga informasi tentang pasien dan juga bisa memilih pasien yang ingin dibantu, yang kemudian bisa memberikan bantuan dengan menyumbangkan dananya mulai dari Rp. 25.000,-. Jangan khawatir tentang transparansi dana, karena di WeCare.id semua penggunaan dana dilaporkan secara transparan.

Untuk membantu kelancaran penyaluran dana tersebut, WeCare.id bekerjasama dengan dokter-doketr di wilayah perifer untuk dihubungkan dengan para pasien yang membutuhkan layanan kesehatan, baik itu pengobatan atau pun fasilitas pendukung kesehatan lainnya.

Pada awal terbentuknya WeCare.id menangani enam pasien tidak mampu, yang menjadi awal kepercayaan masyarakat pada WeCare.id. Kasus yang ditangani saat awal tersebut, antara lain kecelakaan lalu lintas, diabetes melitus, tumor, bahkan bayi Caesar yang lahir prematur, dan juga kasus lainnya.

Saat ini WeCare.id telah bekerjasama dengan berbagai organisasi yang mendukung terwujudnya tujuan WeCare.id, antara lain:
  • Pencerah Nusantara, yaitu gerakan yang bergerak dibidang kesehatan.
  • Microfinance Amartha yang merupakan peer-to-peer lending untuk ekonomi inklusif untuk memperkuat kemandirian WeCare.id.

4. Mesty Arioetdjo dan Prestasinya

Selain menjadi seorang model yang juga dokter, ternyata Mesty juga seorang musisi dan bisa memainkan beberapa alat musik, seperti flute, piano dan juga harpa. Bahkan Mesty memiliki gelar Merrit yang dikeluarkan oleh Associated Board of The Royal Schools of Music untuk alat musik harpa.

Saat ini, selain mencurahkan waktunya untuk WeCare.id, Nesty juga menjadi dokter di Rumah Sakit  Cipto Mangunkusumo Jakarta, dan harus standby mulai pukul 4 pagi dan baru pulang pukul 7 malam. Namun ditengah kesibukannya Mesty masih bisa membagi waktunya dengan WeCare.id.

Semoga kiprah Mesty Arioetdjo, seorang model dan dokter yang menginspirasi dunai kesehatan ini, bisa menjadi contoh untuk mudah dalam membantu sesama, terutama untuk mendonasikan dana ke WeCare.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel