LOCKDOWN, ISTILAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN VIRUS CORONA

Baru-baru ini telah beredar informasi yang membuat masyarakat khawatir tentang adanya virus ini. Virus corona tidak hanya membuat khawatir semua pihak di luar negeri, namun juga membuat khawatir semua orang di Indonesia, bahkan semua daerah termasuk jajaran yang berwenang melakukan antisipasi agar masyarakat tidak terkena infeksi virus COVID-19. Bahkan tidak hanya melakukan antisipasi, beredar kabar juga tentang isu lockdown. Mungkin banyak diantara kita yang belum paham tentang istilah tersebut. Untuk itu dalam artikel ini akan disampaikan sedikit tentang lockdown, istilah dan hubungannya dengan virus corona.

Bersyukur sekali bahwa kita diberikan anugerah sebagai warga Indonesia yang masih yakin akan adanya Tuhan dan yakin bahwa virus ini bisa disembuhkan, meskipun diberbagai negara telah melakukan isolasi masal atau lockdown bagi masyarakatnya yang akan melakukan aktivitas sehubungan dengan pencegahan virus corona (Covid-19). Meskipun diinformasikan adanya masyarakat yang terkena virus tersebut, namun sampai saat ini masih belum dilakukan isolasi, meskipun di beberapa tempat sudah menghentikan untuk sementara aktivitas yang melibatkan warganya.

1. Lockdown dan Maksud Diberlakukannya 

Kata ini memang sangat populer dan terkenal setelah berita virus Corona atau Covid-19. Bahkan banyak kata-kata lain yang sering disampaikan sehubungan dengan merebaknya virus ini, namun apakah maksud dengan lockdown yang sangat sering kita dengar ini?.

LOCKDOWN, ISTILAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN VIRUS CORONA
Lockdown (Sumber Gambar: nowtheendbegins)
Lockdown dalam bahasa Inggris diartikan dengan “terkunci”. Dan bila dihubungkan dengan kejadian luar biasa COVID-19 maka lockdown diartikan dengan mengunci segala akses atau jalan untuk masuk dan keluar dari suatu daerah atau negara.

2. Lockdown dan Tujuannya Dalam Kejadian Virus Corona

Virus Corona diketahui telah menyebar diberbagai negara di dunia, yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Cina sekitar akhir Desember 21019. Virus ini sangat cepat dalam melakukan penularan dan juga menyebar di seluruh wilayah Cina dan juga beberapa negara termasuk Indonesia.
Baca Juga: Kanker Leher Rahim.
Tujuan dilakukannya lockdown adalah agar virus corona tidak menyebar ke daerah yang lebih jauh, sehinga mengakibatkan daerah yang telah diputuskan dilakukan lockdown, maka semua fasilitas publik harus ditutup. Semua fasilitas termasuk sekolah, transportasi umum, kantor, tempat umum, tempat wisata, bahkan pabrik harus dilakukan penutupan dan tidak diperbolehkan melakukan aktivitas. Dibeberapa negara yang sudah melakukan lockdown sangat membatasi aktivitas para warganya, dan juga telah memberlakukan jam malam.

3. Lockdown Di Beberapa Negara Lain

Terdapat beberapa negara yang melalukan lockdown saat virus corona telah menyebar, salah satunya adalah Cina sebagai negara pertama yang terjangkiti virus ini. Pemerintah Cina memberlakukan kebijakan lockdown di Kota Wuhan disusul dengan kota-kota lainnya saat virus corona menyebar dengan begitu cepat.

Tidak hanya Cina, salah satu negera di Eropa yang turut melakukan kebijakan lockdown adalah Italia, kebijakan ini dilakukan setelah diketahui virus Corona menyebar dan mengalami peningkatan sangat tajam dan telah menjangkiti banyak orang di Italia.

Beberapa negara lain yang melakukan lockdown selain Cina dan Italia, adalah Denmark, Iran, Korea Utara, Mongolia dan beberapa kota yaitu empat kota di Spanyol dan juga Manila di Filipina.

4. Social Distancing

Istiah apalagi ini “social distancing”?. Istilah ini juga turut ramai dibicarakan orang-orang saat virus corona menyebar. Istilah ini sebenarnya bertujuan untuk mencegah orang lain melakukan kontak atau hubungan dengan orang lainnya dalam jarak dekat, selain itu, social distancing juga untuk mengurangi penularan virus antar manusia.

Selain itu istilah social distancing adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan menjauhi segala hubungan manusia dalam jarak dekat, juga menjauhi adanya perkumpulan dan juga untuk menghindari berbagai aktivitas pertemuan yang melibatkan banyak orang.

5. Bekerja Dari Rumah, Solusi Menghindarkan Dari Virus Corona

Bekerja dari rumah atau juga disebut dengan “WFH” (Work From Home), menjadi sangat populer, apalagi setelah Presiden Jokowi (Joko Widodo) menghimbau kepada kita sebagai rakyat Indonesia agar bekerja dari rumah, baik sekolah dan juga peribadatan dihimbau agar dilakukan dirumah, hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Himbauan untuk Work From Home ( Sumber : Kumparan.com)
WFH sebagai sarana mencegah tersebarnya virus corona yang dilakukan, bisa dengan cara menyelesaikan pekerjaan dari rumah dan bisa dilakukan secara online.

Itu dia, beberapa istilah yang berhubungan dengan persebaran virus corona. Semoga lockdown, istilah dan hubungannya dengan virus corona dapat dipahami sebagai cara mencegah persebaran virus corona di Indonesia.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel