GOOGLE CLASSROOM, SOLUSI PRAKTIS BELAJAR ONLINE

Menyebarnya virus corona sangat mempengaruhi berbagai sendi kehidupan masyarakat, begitu juga dengan aktivitas belajar anak-anak. Pandemi Covid-19 ini menyebabkan aktivitas belajar yang seharusnya dilakukan di sekolah harus dilakukan di rumah, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai dengan mahasiswa semua harus dilakukan di rumah. Untuk itu, dibutuhkan sebuah sarana yang bisa menghubungkan aktivitas pembelajaran antara anak didik dengan guru, meskipun dilakukan secara online. Terdapat beberapa fasilitas dan juga aplikasi yang bisa digunakan untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran secara online, dan aplikasi yang bisa dipilih adalah Google Classroom, solusi praktis belajar online yang bisa digunakan secara gratis.

Tidak salah kalau Google Classrom dipilih sebagai aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran secara online, selain pemakaiannya yang gratis, juga aplikasi ini sangat mudah digunakan. Bahkan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa Googe Classrom adalah salah satu platform pembelaran online, yang bisa digunakan sehubungan dengan adanya pandemi virus Covid-19 dan juga untuk mencegah penyebaran virus ini, sehingga dibutuhkan sarana praktis untuk belajar dari rumah. Hal ini juga didukung dengan beberapa pengelola pendidikan yang sudah menggunakan aplikasi serupa, misalnya Google Indonesia, Microsoft, Ruang Guru, Zenius, Kelas Pintar, dan juga Quipper.

GOOLE CLASSROOM, SOLUSI PRAKTIS BELAJAR ONLINE
Google Classroom (Sumber: sites.google.com)

1. Google Classroom dan Pilihan Aplikasi Pendidikan Lainnya

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan utuk menunjang belajar online. Apalagi dengan keadaan darurat yang memaksa aktivitas belajar mengajar ini dilakukan di rumah. Berikut terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan, meskipun aplikasi Google Classroom menjadi aplikasi yang utama dalam pembahasan ini:
- Google ClassRoom. Aplikasi ini menjadi tren tertinggi dalam daftar pencarian Google. Para siswa dan juga mahasiswa banyak yang menggunakan aplikasi dalam pembelajaran online. Untuk itu dibutuhkan akun Google, dan untuk mengakses kelas, para siswa harus mengetahui kode kelas yang dibuat oleh pengajar.
- Hangouts Meet. Aplikasi dari Google ini sudah banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, dosen, sampai dengan para pekerja yang menggunakannya untuk pembelajaran dan juga meeting jarak jauh. Saat ini Google memberikan layanan gratis aplikasi premium Hangouts Meet sampai dengan 1 Juli 2020.
- Zoom. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang bisa menyediakan untuk konferensi jarak jauh yang menggabungkan antara konferensi video, pertemuan online, dan kolaborasi seluler. Berbeda dengan aplikasi Google Classroom dan Hangout Meets, aplikasi zoom ini adalah milik perusahaan “Zoom Video Communications” yang berkantor pusat di San Jose, California. Untuk mendapatkan apikasi anda bisa mendownloadnya melalui Playstore atau langsung dari windows anda.

2. Google Classroom Indonesia

Sebagai sebuah aplikasi pembelajaran, Google Classroom adalah sebuah bagian dari G Suite untuk Pendikikan yang juga dihadirkan dalam versi aplikasi seluler. Karena merupakan bagian dari G Suite maka layanan aplikasi ini terhubung bersama dengan berbagai aplikasi Google lainnya, seperti Docs, Sheets, Gmail, Google Drive, Form, Hangout Meets , yang artinya layanan aplikasi ini bisa digunakan dalam proses belajar online.

Baca Juga: Ignaz Semmelweis, Penemu Cuci Tangan Yang Terlupakan. 

Dengan adanya Google Classroom, akan membuat aktivitas belajar mengajar menjadi lebih produktif dan bermakna. Para pengajar pun bisa membuat kelas, memberi tugas dan melihat semuanya dalam satu tempat.

3. Google Classroom dan Fitur Didalamnya

Inti utama dalam Google Classroom adalah bisa dilaksanakan proses belajar mengajar dengan simple dan terdapat pembelajaran yang afektif, hal inilah yang menyebabkan dibuatnya Googe Classroom yang bisa didapatkan dengan mudah, sehingga para guru atau tim pengajar bisa menyiapkan kelas dan juga mengundang para siswa dan juga asisten pengajar. Dihalaman tugas kelas, para pihak antara pengajar dan siswa bisa berbagi informasi termasuk didalamnya tugas, pertanyaan dan juga materi.
Google Classrom juga memberikan penawaran terbaik dalam hal pengelolaan, dan para siswa dapat melihat tugas di halaman tugas, di dalam kelas dan materi kelas, dan secara otomatif bisa disimpan dalam folder Google Drive.

Yang utama dalam Google Classroom adalah aplikasi ini terjangkau dan juga aman dan disediakan secara gratis bagi sekolah, lembaga non profit dan perorangan, sepanjang tidak berisi tentang iklan dan juga tidak pernah menggunakan konten untuk tujuan periklanan.

4. Google Classroom APK

Sebagai aplikasi yang mendukung pembelajaran jarak jauh (online) maka Google Classroom adalah aplikasi yang bisa diakses dengan menggunakan internet di komputer atau pun laptop anda dengan berbagai browser apa pun, misalnya Chrome, Internet Explores, Firefox, dan termasuk juga Safari.

Dan yang paling menarik, karena berbasis website maka Google Classroom tidak membutuhkan instalasi lanjutan. Instalasi baru dibutuhkan kalau anda akan menkases aplikasi ini melalui perangkat seluler.

Untuk mendukung pembelajaran online apalagi dalam kondisi saat ini, gunakan Google Classroom, solusi praktis belajar online. Dan untuk mengenal lebih jauh tentang Google ClassroOm anda bisa mempelajarinya melalui tautan Google Classroom ini.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel