CIRI TERINFEKSI VIRUS CORONA

Wabah virus corona Covid-19 masih menghantui seluruh masyarakat di dunia, tidak hanya di dunia, masyarakat di Indonesia juga sangat khawatir dengan merebaknya virus yang sampai saat ini belum ada obatnya. Bahkan masyarakat di Indonesia yang terinfeksi virus ini semakin bertambah. Berbagai cara telah dilakukan untuk memberantas dan menghentikan penyebaran virus ini, bahkan Pemerintah sendiri sudah melakukan himbauan untuk meLakukan social distancing bagi warganya dan juga mulai menerapkan pembatasan wilayah. Bagi masyarakat sendiri banyak yang belum mengetahui sebenarnya tentang efek dan pengaruhnya bagi mereka, untuk itu diperlukan sebuah cara gara masyarakat bisa mengetahui ciri terinfeksi virus corona, sehingga bisa membatasai diri agar tidak keluar rumah terlebih dahulu sampai virus ini reda.

Mungkin bisa karena ketidaktahuan atau masih menganggap sepele efek bila terkena virus corona covid 19 ini sehingga sejak diberlakukannya ajakan dan seruan melakukan social distancing dan diam di rumah, masyarakat masih banyak yang melakukan aktivitas di luar rumah. Virus corona ini adalah virus baru yang diperlukan penanganan khusus, karena sampai saat ini belum ada obat atau pun vaksin yang bisa mengobati dan menyembuhkan Covid-19 secara menyeluruh.

CIRI TERINFEKSI VIRUS CORONA
Pemeriksaan suhu tubuh (Sumber gambar: merdeka)

Ciri-Ciri Orang Yang Terinfeksi Virus Corona

Di dalam artikel sebelumnya banyak mengulas tentang apa itu virus corona dan gejala serta bagaimana pencegahan yang harus dilakukan agar tidak terkena virus corona ini. Banyak informasi di berbagai sosial media, apabila anda yang positif terkena virus corona diminta untuk jujur, khususnya saat ditanyakan tentang riwayat perjalanan anda, hal ini untuk mengetahui siapa saja yang telah berdekatan atau anda telah kontak dengan siapa saja, agar bisa dilakukan isolasi sehingga bisa memutus mata rantai virus corona ini. Pada awalnya orang yang memiliki riwayat pernah melakukan perjalanan dari Wuhan, China, mejadi orang pertama yang terindikasi terkena infeksi Covid-19.

Adapun ciri orang yang terkena infeksi virus corona covid-19, antara lain:

- Mengalami demam tinggi seperti flu

Untuk mengetahui seseorang yang terjangkit virus corona adalah dengan cara memeriksa suhu tubuh. Apabila suhu tubuh orang nornal rata-rata 37 derajat Celsius, maka orang yang terkena infeksi virus corona mencapai lebih dari 38 derajat Celsius.

Saat ini, demi pencegahan, di tempat umum atau pun di kantor-kantor sudah disediakan alat pengukur suhu tubuh, sehingga apabila suhu tubuh anda lebih dari 38 derajat Celsius, maka anda akan dilakukan perawatan khusus. Terdapat gejala umum seseorang terkena infeksi virus covid-19 (COVID19.GO.ID) yaitu demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, batuk kering dan juga mengalami sesak napas.

- Mengalami sakit kepala juga pilek.

Sakit kepala dan pilek menjadi salah satu ciri seseorang terkena infeksi virus corona. Munculnya sakit kepala biasanya bersamaan dengan demam tinggi. Selain sakit kepala, indikasi selanjutnya adalah bila anda mengalami pilek.

Seseorang yang terinfeksi virus corona akan terkena flu, dan flu ini menyebabkan orang lain turut tertular.

- Mengalami batuk yang parah

Vurus corona covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia, sehingga yang diperhatikan adalah saat anda mengaami batuk yang parah.

- Mengalami sesak napas

Seperti disampaikan di atas, bahwa Covid-19 adalah virus yang menyerang pernapasan, maka seseorang yang terkena infeksi virus corona akan mendapatkan gejala seperti gejala pneumonia, yaitu suatu kondisi para-paru terinfeksi virus, bakteri atau pun jamur sehingga menjadi penyebab seseorang mengalami sesak napas, dalam kondisi yang parah akan mengakibatkan sulit bernapas.

Apabila sudah terinfeksi covid 19, sesak napas menjadi gejala paling perat bila dibandingkan dengan gejala yang lainnya.

Penanganan Pertama Untuk Seseorang Yang Mendapatkan Gejala Virus Corona

Terkena infeksi virus corona dalam keadaan tidak ada obat yang bisa mengobati bahkan tidak ada vaksin yag bisa mencegah penyebaran virus, tentu menjadikan kita panik dan khawatir. Bagi anda atau mendapati orang-orang disekitar anda terdapat gejala seperti di atas, maka anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Segera hubungi call center 119 atau menghubungi rumah sakit rujukan untuk penangan virus corona, atau bisa menghubungi COVID19.GO ID di nomor 0811 3339 9000.
  2. Setelah dilakukan penanganan, sampaikan segera keluhan dan juga riwayat perjalanan dan dengan siapa saja anda kontak.
  3. Bagi anda yang tidak terkena virus corona ini tetap selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, tetap tenang, dan tetap melakukan social distancing.
Itu dia ciri-ciri terinfeksi virus corona. Semoga sedikit uraian gejala dan cara penanganannya bisa bermanfaat dalam kondisi saat ini. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel