DEWI HELSPER, SOSOK PENULIS DARI BANYUWANGI

Indonesia, ternyata memiliki penulis-penulis handal yang berbicara hanya melalui karya terbaiknya. Banyak sekali penulis yang hasil karyanya tersebar di berbagai toko buku, dan dengan perkembangan dunia digital, hasil karya tersebut juga dimuat dalam bentuk digital yang bisa dibaca oleh kita sebagai penikmat karya tulis. Salah satu yang menarik perhatian saya kali ini adalah Dewi Helsper, sosok penulis asli dari Banyuwangi, yang saat ini tinggal di Belanda.

Saya sendiri tidak pernah mendengar penulis seperti Dewi Helpser, hanya berbagai informasi buku hasil tulisannya yang menceritakan kisah menarik dari karya sastra yang ditulisnya. Banyuwangi sendiri sebagai daerah di ujung timur dari Jawa Timur adalah sebuah daerah yang memiliki banyak kesenian daerah, mulai dari tari sampai dengan berbagai nyanyian khas Osing bisa kita dengarkan.

1. Profil Dewi Helsper

Apa hubungannya Dewi Helsper dengan Banyuwangi?. Ternyata penulis yang satu ini adalah seorang penulis yang lahir di Banyuwangi, dan memiliki nama asli Hasta Dewi Karyani. Dan Dewi lahir dari seorang ibu yang bernama Artanti dan Fathurrachman yang saat itu lebih dikenal dengan nama “Fatrah Abal” yang merupakan pencipta lagu Osing. Namun sejak usia empat tahun, Dewi tinggal bersama ayah angkatnya yang merupakan keturunan Belanda yang bernama Pitoyo Boedy Setiawan.

DEWI HELSPER, SOSOK PENULIS DARI BANYUWANGI
Dewi Helsper
Saat ini perempuan asli Banyuwangi ini tinggal di dua negara yaitu Belanda dan Tahiland. Namun yang menarik, Dewi sendiri tetap bangga dan selalu mengakui dirinya adalah orang Banyuwangi. Sebelum menjadi seorang penulis, Dewi pernah pernah bekerja di dunia film, menulis skenario dan juga ikut main sinetron. Sepertinya darah menulis menurun dari darah seni sang ayah  yaitu (alm) Fatrah Abal yang lebih dikenal sebagai seorang budayawan yang selalu mengungkapkan tentang gandrung Banyuwangi.

2. “Simbok” Sebuah Novel Fenomenal Karya Dewi Helsper

Salah satu karya Dewi Helsper yang cukup bagus adalah sebuah novel dengan judul “Simbok”, yang diterbitkan oleh Penerbit Grasindo. Sebenarnya Simbok adalah sebuah novel sederhana, yang pada intinya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari, yang mengupas tentang perjuangan seorang wanita yang menjadi “single parent” yang sanggup menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang sekolah lebih tinggi. Sebagai seorang penjual jajan pasar, Simbok akhirnya diboyong anak laki-lakinya yang telah menikah ke kota, namun hubunganya dengan menantu tidak harmonis.
Baca Juga: Rinrin Marinka, Chef Cantik dan Sabar.
Novel ini memang penuh makna dan banyak pesan kehidupan yang bisa diambil dari novel ini, Intinya, Simbok sangat mencintai anaknya tanpa syarat, dan ingin selalu melihat anaknya bahagia.

Tertarik dan penasaran dengan novel “Simbok”, anda tinggal melangkah ke toko buku dan menikmati dengan santai cerita didalamnya.

Itu dia sedikit kehidupan dan novel karya Dewi Helsper, sosok penulis asli dari Banyuwangi. Semoga bermanfat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel