KURMA, BUAH FAVORIT NABI YANG PENUH MANFAAT UNTUK KESEHATAN

Kurma, makanan yang satu ini sudah sering kita jumpai bahkan sering kita konsumsi, apalagi saat Bulan Puasa Ramadhan yang sering dinikmati sebagai takjil. Kurma, buah favorit nabi yang penuh manfaat untuk kesehatan ini, sering dinikmati Nabi Muhammad saat Bulan Ramadhan. Dibalik rasa manisnya, ternyata kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Kurma adalah tumbuhan yang bisa tumbuh sepanjang tahun, namun akan dipanen saat musim gugur atau pada awal musim dingin di Arab. Alasan memanen pada awal musim dingin, karena  dianggap kondisi kurma akan bisa menjadi lebih segar saat dimusim dingin.

KURMA, BUAH FAVORIT NABI YANG PENUH MANFAAT UNTUK KESEHATAN
Kurma

1. Kandungan Kurma

Saya sendiri tidak menyangka kalau buah ini kaya nutrisi yang bagus untuk tubuh. Di dalam kurma memiliki kandungan utama karbohidrat sederhana, yaitu gula (sukrosa dan fruktosa). Dan 70% kandungan kurma terdiri atas karbohidrat. Selain itu kurma juga kaya akan kalsium, zat besi, folat, vitamin K dan juga antioksidan, seperti karoten, fenolik, avanoid dan anthocyanin.

KURMA, BUAH FAVORIT NABI YANG PENUH MANFAAT UNTUK KESEHATAN
Kurma masih tersegel
Baca Juga: Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaannya.
Namun, kandungan nutrisi antara jenis kurma ini bisa berbeda bergantung pada tingkat kematangan kurma. Kurma segar memiliki kandungan kalori dan gula yang sedikit dibanding kurma kering, dan kurma kering pada 100 gramnya mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat.

2. Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Dengan melihat kandungan nutrisi yang terkandung pada kurma, menjadikan buah yang memiliki rasa manis ini memiliki manfaat untuk tubuh, antara lain:
  • Mencegah risiko diabetes. Mitos yang mengatakan bahwa makanan manis bisa menyebabkan diabetes, sepertinya tidak berlaku bila anda mengkonsumsi buah kurma ini, karena kandungan serat dalam buah kurma bisa membantu mengurangi risiko diabetes. Serat pada kurma tidak mudah larut saat diecrna, dan dicerna lebih lambat didalam perut yang bisa membantu tubuh mengontrol kadar gula darah.
  • Bisa menjaga kesehatan pencernaan. Buah kurma adalah jenis buah yang kaya akan serat yang tidak larut dan bisa membantu untuk memadatkan feses dan bisa melancarkan pencernaan. Dan kandungan fenolik yang tinggi pada buah kurma bisa membantu membersihkan usus, yang dapat menurunkan risiko terkena kanker usus.
Manfaat Kurma untuk Kesehatan
Kurma
  • Meningkatkan kesehatan jantung. Kurma memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Magnesium dan kalium bisa menurunkan tekanan darah menjadi lebih sehat, kandungan seratnya bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Asam fenolik yang dimiliki buah kurma bisa menurunkan risiko terkena hipertensi, stroke dan juga penyakit jantung.
  • Bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kurma memiliki kandungan selenium. Mangan, tembaga dan juga magnesium yang sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.
Kurma Date Crown
  • Mencegah anemia. Kurma mengandung zat besi yang tinggi, yang bisa mencegah terkena anemia.
  • Membantu menurunkan berat badan. Kurma memiliki kandungan serat yang sangat banyak yang bisa menimbulkan efek kenyang lebih lama. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan, seperti, antosianin, fenolik, dan juga karotenoid bisa membantu membuang racun dan juga meningkatkan metabolisme yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan.
Itu dia sedikit informasi tentang kurma dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel kurma, buah favorit nabi yang penuh manfaat untuk kesehatan ini, bisa menambah keyakinan anda tentang manfaat buah kurma. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel