KOPI ARABIKA FLORES BAJAWA

Siapa yang menyangka kalau kopi bisa menjadi minuman favorit saya. Begitu banyak jenis kopi yang ada, ditambah lagi dengan berbagai merek yangdiproduksi oleh pabrik kopi turut meramaikan dunia kopi di Indonesia. Diantara jenis kopi yang ada di Indonesia, antara lain arabika, robusta, liberika dan ekselsa, kopi arabika masih menjadi kopi favorit saya. Kali ini saya mencoba salah satu kopi arabika yaitu kopi arabika Flores Bajawa. Sebenarnya bukan karena favorit, namun karena ingin mencoba berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia, khususnya kopi dari Flores ini.

Tidak bisa disangkal, kalau kopi menjadi favorit bagi para pecinta kopi di dunia, selain karena kenikmatannya, hal ini juga disebabkan karena manfaat kopi yang bisa membuat penikmat kopi bisa terjaga, sehingga kopi bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin bekerja sampai malam. Selain itu, kopi juga menjadi alternatif minuman untuk menikmati santai.

1. Kopi Arabika Flores Bajawa

Sebagai sebuah daerah yang berada di kepulauan, Flores adalahs alah satu daerah yang sangat populer dengan kopinya yang berkualitas, bahkan tidak hanya di daerah Flores saja, hasil kopi dari Flores yaitu Bajawa telah menyebar di seluruh dunia. Bajawa sendiri berasal dari kata “bha” yang memiliki arti “lembah” dan kata “jawa” yang berarti sejahtera, sehingga Bhajawa diartikan sebagai lembah yang sejahtera. Bajawa sendiri berada didaerah lembah yang diapit degan gunung dan bukit.

KOPI ARABIKA FLORES BAJAWA
Kopi Arabika Flores Bajawa
Kopi Bajawa sendiri adalah jenis kopi yang berasal dari daerah dataran tinggi di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Kopi Bajawa adalah kopi yang masuk pada jenis kopi arabika. Perkebunan kopi di dataram tinggi Ngada ini berada di ketinggian 1.000 sampai dengan 1.550 meter di atas permukaan laut. Kopi arabika Bajawa sendiri sudah ada sejak jaman Belanda.

2. Karakter Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa ini memiliki cita rasa yang kuat dan harum, hal ini disebabkan kopi Flores Bajawa diproduksi melalui proses organik, tanpa adanya campuran bahan kimia, ditambah lagi dengan debu vulkanik Gunung Inerie yang membuat kopi ini memiliki aroma yang harum. Cita rasa kopi Flores Bajawa yang kuat menjadikan kopi ini sangat disukai para pecinta kopi dunia.

Baca Juga: Kopi Arabika Gayo Wine.

Kopi Flores Bajawa sendiri memiliki ciri khas tersendiri yaitu memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dan juga tingkat asam yang rendah, dan juga adanya rasa coklat, vanilli dan karamel.

3. Kenikmatan Kopi Arabika Flores Bajawa

Tidak salah memilih dan mencoba kopi arabika Flores Bajawa, meskipun pada awalnya hanya iseng, Kopi Flores Bajawa ini sangat nikmat, meskipun memiliki rasa pahit namun tidak sepahit kopi lainnya, dan juga memiliki rasa yang ringan. Sebagai penikmat kopi, setelah merasakan sedikit Kopi Flores Bajawa, kopi ini memiliki aroma yang khas, kopi ini memiliki aroma yang merupakan perpaduan aroma nutty dan tembakau.

Kopi Arabika Flores Bajawa dari “Single O”
Kopi Arabika Flores Bajawa dari “Single O”
Kopi arabika Flores Bajawa yang saya coba diproduksi oleh “Single O”, sebuah produsen kopi home made yang dibuat terbatas khusus kepada pemesan kopi saja, sehingga tidak bisa didapatkan secara umum di toko atau di supermarket. Namun jangan khawatir, di beberapa gerai kopi juga sudah menyediakan jenis kopi arabika Flores Bajawa dan juga jenis kopi arabika lainnya.

Selamat mencoba kopi terbaik dari Indonesia, semoga hari ini selalu menginspirasi anda dan memberikan kesuksesan terbaik bagi anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel