CARA MENGETAHUI TAHUN PRODUKSI BAN MOBIL

Baru-baru ini saya dikejutkan dengan ban mobil saya yang tiba-tiba sobek dan mengeluarkan desis dan udara yang agak kencang, meskipun keluar dari sela-sela karet ban mobil yang sobek tersebut. Tidak habis pikir juga, mobil yang dipakai secara normal, dan jarang melakukan perjalanan jauh, ban mobil tersebut bisa mengalami sobek. Yang saya ingat awalnya, memang hanya pecah sedikit, lama kelamaan ban yang sobek mulai memanjang. Akhirnya saya pun melepas ban tersebut, memasang ban cadangan dan mengganti ban mobil yang telah rusak dan membawanya ke toko ban, dan iseng saya menanyakan bagaimana cara mengetahui tahun produksi ban mobil, agar nantinya bisa tahu bahwa ban yang diberikan kepada kita benar-benar ban baru.

Seperti kita ketahui bersama, ban adalah bagian dari mobil atau pun kendaaraan lainnya yang sangat penting, bahkan sangat vital. Oleh karena itu, dalam memilih ban tersebut harus cermat dan teliti agar sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan peruntukkannya.

Saya sendiri pun baru tahu setelah ada yang memberikan saran dalam memilih ban mobil, carilah ban yang diproduksi pada tahun itu atau murni ban baru. Salah satu caranya adalah dengan melihat kode produksi yang ada pada dinding ban, kode di ban tersebut merupakan bagian dari aturan internasional yang menunjukkan kapan kadaluwarsanya ban tersebut.

CARA MENGETAHUI TAHUN PRODUKSI BAN MOBIL
Ban yang robek

Mengetahui Tahun Pembuatan Ban Mobil

Selama ini saat mengganti ban mobil, entah karena ban sudah mulai tipis atau rusak karena ban pecah, sangat jarang sekali bahkan tidak pernah, kita memperhatikan tahun produksi atau tahun pembuatan ban tersebut. Untuk mengetahui tahun pembuatan ban tersebut, kita bisa memperhatikan pada dinding ban mobil, dimana terdapat kode-kode, yang salah satunya adalah kode produksi.

Mengetahui Tahun Pembuatan Ban Mobil
Kode produksi pada ban 
Pada bagian atas bibir ban terdapat empat digit kode produksi (seperti pada gambar di atas) dengan fungsi untuk mengetahui waktu atau pada periode kapan ban tersebut diproduksi. 

Cara membacanya pun sangat mudah, yaitu sebagai berikut:
  • Dua angka pertama, merupakan minggu pembuatan. Misal, jika ban memiliki kode produksi 3519, berati ban tersebut diproduksi pada minggu ke 35 pada tahun 2019 atau sekitar September pada tahun 2019.
  • Dua angka berikutnya, menunjukkan tahun pembuatan ban tersebut.

Mengetahui Kualitas Ban Mobil

Mengutip apa yang disampaikan Zulpata Zainal, yang merupakan Senior Evaluator Technical Service PT. Bridgestone Tire Indonesia, terdapat salah kaprah dalam melihat tahun pembuatan ban mobil yang menggangap bahwa tahun produksi ban, sangat berpengaruh pada kualitas ban, ternyata hal ini kurang tepat. Tahun produksi menurut Zulpata tidak berpengaruh pada kualitas ban, kualitas ban ternyata sangat dipengaruhi oleh tempat penyimpanan saat berada di toko (dengan catatan disimpan dengan suhu yang tepat dan juga tidak terkontaminasi oleh zat kimia).
Baca Juga: Motherboard Komputer dan Fungsinya.
Selain itu yang perlu dicatat disini adalah kode produksi tidak memiliki hubungan dengan kadaluwarsa ban, kode tersebut hanya berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan yang memproduksi ban tersebut.

Ban dikatakan kadaluwarsa jika telah memiliki umur lima tahun setelah proses produksi ban dilakukan. Hal ini menjadi sangat penting dan harus diperhatikan bagi kita seorang konsumen, dengan mengecek kode produksi ban saat ingin membeli ban baru, dan juga dengan tujuan untuk memperkecil terjadinya kerugian di pihak pembeli atau konsumen karena membeli ban yang sudah terlalu lama disimpan di toko, hal ini akan mengakibatkan masa penggunaan ban menjadi lebih pendek.

Itu dia sedikit informasi tentang cara mengetahui tahun produksi ban mobil, semoga bermanfaat dan memberikan informasi terbaik bagi anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel