MOTHERBOARD KOMPUTER DAN FUNGSINYA

Pada awalnya saya tidak mengira kalau harus membongkar komputer yang selalu membantu saya untuk mengetik dan mengolah data, namun saat terjadi monitor mati dan komputer bisa menyala, menjadikan saya penasaran dengan penyebab monitor mati tersebut. Saya pun mulai mencari informasi tentang penyebab monitor mati tersebut, mulai dari RAM yang saya coba bersihkan dengan penghapus pensil, melepas VGA Card, sampai mencoba mengganti baterai CMOS, termasuk mencari informasi tentang motherboard komputer dan fungsinya. Dan akhirnya saya pun menyerah dan meminta teknisi komputer untuk melihat dan membetulkan komputer saya. Motherboard menjadi jawaban mengapa monitor mati, karena rusak pada soket.

Siapa yang mengira kalau kerusakan dan monitor tidak bisa hidup dikarenakan faktor motherboard?. Bagi kebayakan orang, biasanya monitor tidak bisa hidup karena RAM, solusinya pun sederhana dengan menggosok bagian keping RAM dengn penghapus pensil, dan akhirnya monitor bisa menyala lagi.  Dan bagaimana kalau mother board yang rusak, ya otomatis harus diganti.

MOTHERBOARD KOMPUTER DAN FUNGSNYA
Motherboard

Motherboard Komputer dan Pengertiannya

Komputer atau sering juga disebut dengan CPU (Central Processing Unit), sebenarya CPU sendiri adalah bagian dari sebuah komputer yang juga otak dari komputer, dan juga terdapat motherboard yang memiliki fungsi seperti bagian tubuh manusia yaitu seperti tulang belakang dari komputer. Bagi kebanyakan orang, jarang yang mengenal motherboard baik fungsi, bentuk bahkan mengerti untuk apa motherboard bagi sebuah komputer.

Motherboard Komputer dan Pengertiannya
Posisi motherboard dalam Komputer
Baca Juga: RAM PC antara Kebutuhan dan Fungsinya.

Motherboard adalah sebuah sirkuit yang merupakan printed circuit board (PCB) yang memiliki fungsi sebagai tempat komponen lain, yang bisa menyediakan konektivitas listrik yang juga disebut dengan bus, yang menyebabkan semua komponen dan juga perangkat eksternal pada motherboard tersebut bisa saling terhubung.

Fungsi Motherboard

Motherboard memiliki fungsi yang sangat penting, agar sebuah komputer bisa dijalankan, tanpa adanya motherboard komputer hanya sebuah casing saja, hal ini dikarenakan motherboard menopang semua komponen, seperti CPU, slot Ram, Port USB sampai dengan slot PCI. Dan pada intinya, motherboard menjadikan semua komponen dalam komputer dapat bekerja dan saling membantu satu dan lainnya.

Fungsi Motherboard
Motherboard
Fungsi Motherboard:
  • Motherboard memiliki fungsi yang menghubungkan perangkat eksternal, seperti keyboard, mouse, harddisk eksternal dan banyak lagi perangkat yang bisa terhubung melalui motherboard.
  • Motherboard juga bisa mengatur kode basic input atau output system (BIOS) pada chip read only memory (ROM).

Komponen Motherboard:

Sebagai tulang punggung (backbone) dari sebuah sistem komputer, maka komponen tersebut terhubung dengan motherboard, adapun komponen-komponen yang ada pada motherboard, antara lain:
1. Soket CPU.
Soket CPU adalah komponen dalam komputer yang juga disebut dengan processor socket, yang digunakan untuk menyisipkan atau menginstal sebuah processor.

Komponen Motherboard
Soket CPU
Terdapat dua jenis soket, yaitu soket LIF yaitu Low Insertion Force yang merupakan soket model lama, dan juga soket ZIF atau Zero Insertion Force, tipe soket ini adalah soket model baru.

2. Slot RAM.
Merupakan komponen pada motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM Komputer.

Komponen Motherboard
Slot RAM
3. Slot AGP.
Yaitu komponen komputer yang berfungsi untuk memasukkan AGP Card (Accelerated Graphics Port), yaitu slot untuk kartu grafis yang berada disebelah slot PCI.

Komponen Motherboard
Slot AGP
4. Baterai CMOS
Baterai CMOS adalah sebuah komponen dari komputer yang berfungsi untuk memasok power sebuah memori kecil pada motherboard yang berfungsi untuk menyimpan setingan konfigurasi komputer. CMOS adalag singklatan dari Complimentary Metal Oxide Semiconductor.

Baterai CMOS
Baterai CMOS
5. Konektor SATA
Komponen ini juga disebut dengan konektor serial SATa (Serial Advanced Technology Attachment) yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat serial ATA.

Konektor SATA
Konektor SATA
Itu dia sedikit informasi tentang motherboard komputer dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel