4 KULINER ENAK DI SABANG

Sabang menjadi sebuah tempat tujuan pariwisata yang menarik. Sebagai sebuah tempat wisata yang berada di titik terluar Indonesia, ternyata Sabang memiliki ragam kuliner yang menarik dan sangat lezat. Selain memiliki tempat wisata bahari yang menarik para wisatawan, di Sabang anda akan terkejut, karena kuliner Sabang memberikan pilihan berbeda, apalagi dengan rasanya yang khas menjadikan anda ingin menikmati wisata kuliner di Sabang. Terdapat rekomendasi 4 kuliner di Sabang yang bisa anda cicipi.

Terdapat berbagai pilihan kuliner lezat yang bisa memanjakan lidah anda, apalagi dengan banyaknya rekomendasi kuliner yang anda dapat, baik dari internet atau pun dari informasi masyarakat sekitar. Kuliner yang ada pun sangat menarik, mulai sajian kopi, mie khas Sabang, sampai dengan ragam cemilan, semua bisa anda nikimati. Ini di sajian referensi dan rekomendasi sajian kuliner Sabang, antara lain:

1. Mie Jalak

Sajian kuliner ini adalah kuliner wajib yang harus anda coba saat melakukan traveling di Sabang. Mie Jalak bisa anda dapatkan di kedai yang ada di Jalan Perdagangan. Yang menarik, terdapat cerita dibalik lezatnya Mie Jalak. Cerita pertama, mie Jalak ini awalnya dimasak oleh koki yang bernama Jalak. Cerita versi yang lain, bahwa disekitar kedai mie ini, dulunya banyak sekali burung jalak.

4 KULINER ENAK DI SABANG, mie jalak
Mie Jalak (Sumber Gambar: sakerapedia)
Namun terlepas dari kebenaran cerita tersebut, kenikmatan Mie Jalak mampu memberikan sensasi kuliner lezat khas Sabang. Mie Jalak sebenarnya adalah mie kocok atau mie rebus yang direbus dengan campuran bumbu dan taoge. Setelah mie tersebut matang, campuran tersebut dihidangkan dengan telur rebus tiga perempat matang dan bakso yang dipotong dengan ukuran kecil-kecil. Bila anda pecinta kuliner pedas, juga disediakan sambal hijau untuk anda nikmati bersama mie.

Baca Juga: Kuliner Probolinggo, Gurihnya Ayam Goreng Rocket Chicken.

2. Rujak Anoi Itam.

Sesuai namanya, Rujak Anoi Itam adalah jenis kuliner yang dijual di kedai disekitar Pantai Anoi Itam. Setelah menikmati keindahan pantai, anda bisa menikmati sajian Rujak Anoi Itam. Penyajian rujak Anoi Itam sedikit berbeda dengan rujak yang selama kita nikmati. Pada Rujak Anoi Itam ini, potongan buah, yaitu pepaya, nansa, ubi jalar merah dan ketimun dipotong dengan ukuran kecil, baru kemudian dicampur dengan sambal rujak cair.

Rujak Anoi Itam
Rujak Anoi Itam (Sumber Gambar: www.sabangisland.blogspot.com)
Sambal Rujak Anoi Itam ini berupa campuran cabai, gula merah, buah rumbia, asam Jawa dan kacang goreng yang ditaburkan sebagai toping rujak.

3. Kue Kacang Hijau

Kue kacang hijau khas Sabang ini memiiki bentuk hampir sama dengan bakpia khas Jogjakarta. Perbedaanya, apabila bakpia Jogjakarta memiliki kulit yang lembut, namun kulit untuk kue kacang hijau renyah. Dan kacang hijau untuk isian bakpia biasanya dikupas sebelum dihaluskan, namun untuk isi kue kacang hijau dihaluskan tanpa dikupas, sehingga kue kacang hijau adalah kue yang memiliki banyak serat.

Kue Kacang Hijau
Kue Kacang Hijau (Sumber Gambar: www.cabinbag.wordpress.com)
Kue kacang hijau ini memiliki banyak rasa, antara lain rasa original, pandan, durian dan kopi. Kue kacang hijau ini sangat cocok untuk oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga di rumah. Untuk mendapatkan kue kacang hijau ini, anda bisa mendapatkannya di Jalan Perdagangan atau pun di daerah pelabuhan.

4. Anak Mangga

Penasaran juga dengan cemilan ini. Pada saat mengunjungi sebuah warung, anda pasti kaget dengan cemilan ini, namanya kue anak mangga, namun ternyata bentuknya tidak seperti mangga, bahkan tidak ada rasa mangganya. Kue ini sebenarnya hampir sama dengan pastry, karena memiliki bentuk yang berlapis tipis.

Kue anak mangga ini dibuat dari campuran tepung terigu, gula dan margarine yang dibentuk dengan bentuk yang berlapis-lapis sehingga memiliki tekstur yang crispy. Pada bagian atas kue diolesi gula cair sebelum dipanggang, sehingga memiliki warna yang mengkilap. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis di setiap lapisannya.

Itu dia sedikit informasi 4 kuliner enak di Sabang, semoga anda bisa mencoba saat melakukan traveling di Sabang.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel