KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA RUJAK SOTO”

Menikmati traveling di timur dari Propinsi Jawa Timur ini sungguh menarik, selain kita bisa menyeberang sejenak dan sampai ke Pulau Bali dalam beberapa jam, tidak ada salahnya kalau mengeksplore keindahan wisata yang ada di Banyuwangi. Menikmati keindahan wisata, tentu harusnya juga menikmati wisata yang mengikutinya, antara lain wisata kuliner. Banyak sekali kenikmatan sajian kuliner yang juga menjadi bagian dari kuliner nusantara, dan menambah kearifan dan kekayaan akan kuliner Indonesia.

Kuliner nusantara, adalah seluruh kuliner yang ada di penjuru Indonesia dan memperkaya referensi kuliner Indonesia. Salah satu kuliner yang saat ini menjadi icon kuliner di salah satu kota di daerah timur dari Jawa Timur ini adalah “Rujak Soto”. Menarik, kalau membicarakan jenis kuliner ini, karena membayangkan saja tanpa menikmati menjadikan kita tidak bisa merasakan kelezatan rujak petis ditambah dengan kuah soto beserta isi sotonya.

Ikon Kuliner Nusantara – Lezat Gurihnya Rujak Soto

Penasaran dengan jenis kuliner ini?. Sebagai pecinta kuliner, begitu mendengar sajian kuliner ini pasti akan timbul rasa penasaran, bagaimana tidak?. Satu porsi rujak dengan bumbu petis, lengkap dengan semua sayuran dan kenikmatan cingur sapi, dicampur atau disiram dengan kuah soto beserta isi soto. Masih penasaran juga, maka anda harus mencoba kenikmatan kuliner yang satu ini.

KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA RUJAK SOTO”
Rujak Soto
Rujak Soto merupakan masakan khas dari Kota Banyuwangi, Jawa Timur, yang merupakan perpaduan dua makanan antara rujak sayur dan soto. Soto yang digunakan bisa soto daging, soto babat (daging dan babatnya adalah dari daging dan babat sapi), namun terkadang ada juga yang menggunakan soto ayam meskipun rasanya berbeda dibanding dengan menggunakan soto daging dan soto babat.

Baca Juga:

Kuliner Khas Nusantara – Rujak Soto Kekayaan Kuliner Indonesia

Sebagai alternatif dalam menggunakan soto pada rujak soto, memang bisa menggunakan soto ayam, dan saat ini terdapat modifikasi lain yaitu menggunakan soto ceker atau kaki ayam. Maka tidak salah kalau sajian kuliner khas dariu Banyuwangi ini menjadi salah satu sajian kuliner khas Indonesia, yang memberikan rasa yang berbeda dibanding kuliner lainnya. Kenikmatan rujak menjadi gurih karena adanya soto di dalam satu porsi rujak.

Kuliner Khas Nusantara – Rujak Soto Kekayaan Kuliner Indonesia
Rujak sebelum disiram soto
Penyajian rujak soto ini sangat mudah, rujak disajikan terlebih dahului, baru kemudian disiram dengan kuah soto beserta dagingnya. Rasanya yang khas, menimbulkan selera untuk segera menikmatinya, aroma terasi di rujak dan segarnya unsur soto. Apalagi dengan adanya potongan tahu, tempe, kangkung, kecambah, lontong, dan jeroan sapi, menambah nikmatnya makanan ini.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel