KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA NASI BEBEK”

Kenikmatan daging unggas sudah tidak diragukan lagi, apalagi sebagai bagian dari kuliner nusantara di Indonesia, sajian kuliner ini memiliki banyak ragam dan variasi, ditambah lagi dengan kelezatan olahan unggas yang menarik untuk dibicarakan. Diantara berbagai olahan daging unggas, yang menarik untuk didiskusikan kali ini adalah olahan daging bebek. Meskipun untuk mendapatkan daging bebek, kita harus membayar dengan harga lebih tinggi dari daging ayam, namun jangan khawatir, rasa daging bebek ini lebih gurih dan lebih nikmat dibanding daging unggas lainnya.

Berbicara tentang kuliner olahan daging bebek, pasti membuat perut bertambah keroncongan. Karena nikmat kuliner ini memang luar biasa, apalagi kalau cara mengolahnya diolah dengan cara yang tepat yang kemudian diberikan bumbu yang tepat, sehingga bumbu tersebut bisa merasuk sampai ke daging. Olahan bebek yang sering ditemui di sajian kuliner dan yang sering ditemui dijalan adalah aneka olahan daging bebek goreng. Banyak sekali tempat kuliner yang bertebaran, khususnya di daerah Jawa Timur, aneka penjual nasi bebek goreng.

Ikon Kuliner Nusantara – Lezatnya Nasi Bebek

Nasi Bebek”, diantara sekian banyak sajian kuliner yang menjadi ikon kuliner di Indonesia, olahan unggas khususnya bebek telah memiliki kesan di hati penggemarnya, terutama para pecinta kuliner sajian bebek, banyak sekali cara pengolahan dan cara penyajian bebek yang bisa disajikan sebagai sajian kuliner, antara lain bisa disajikan dengan digoreng, dibakar (disebut bebek bakar) atau pun dengan diberikan bumbu pedas (bahkan terdapat tempat kuliner menyebutnya dengan sebutan bebek gobyoss, dinamakan gobyos karena sangat pedasnya kuliner bebek pedas ini). Namun diantara berbagai olahan tersebut yang sering dijumpai di warung pinggir jalan dan berbagai restoran khususnya di Jawa Timur, adalah olahan bebek goreng. Sajian bebek goreng ini menjadi lebih nikmat apabila tersaji dengan tambahan sambal pedas yang nikmat, ditambah lagi dengan srundeng goreng.

KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA NASI BEBEK”
Nasi Bebek
Sebagai salah satu ikon kuliner di Indonesia, banyak sekali jenis olahan nasi bebek ini yang tidak bisa disebutkan satu satu disini, misalnya nasi bebek Songkem khas Madura, nasi bebek Betutu khas Bali, nasi bebek gari rica khas Manado, nasi itiak lado mudo khas Padang, nasi bebek ireng khas Surabaya, dan aneka olahan nasi bebek yang memiki ciri khas tersendiri dari setiap daerah di Indonesia.

Kuliner Enak Nusantara – Kuliner Bebek Pilihan Sajian Kuliner Enak

Cara menikmati nasi bebek goreng ini, lebih enak langsung menggunakan tangan sehingga rasanya menjadi lebih nikmat. Nasi bebek menjadi favorit kalau daging bebeknya terasa gurih, sedap, asin dan empuk, hal ini disebabkan bumbu khasnya yang menjadikan bebek ini menjadi nikmat.

Baca Juga :
Rahasia kenikmatan empuknya daging bebek menurut cerita yang beredar, berasal dari cara memasak daging bebek itu sendiri yang direbus 2 (dua) sampai 4 (empat) jam, sedangkan bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih dan cabai. Perpaduan bebek dan bumbu yang tepat menjadikan daging bebek menjadi nikmat. Jenis bebek yang dipakai sebagai olahan daging bebek berasal dari jenis bebek peking, karena dagingnya lebih tebal dari daging bebek lokal.

Sebenarnya menikmati daging bebek memiliki banyak manfaat, namun terkadang terdapat anggapan negatif di masyarakat setelah mengkonsumsi daging bebek ini. Manfaat yang terkandung dalam daging bebek antara lain memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dibanding daging ayam atau sejenisnya. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar daging bebek sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung kalori, protein, lemak sehat, zat besi, vitamin b6, vitamin b12, mineral dan lain-lain. Daging bebek juga memiliki manfaat untuk menjaga kinerja otot dan tekanan darah karena adanya kandungan sodium didalamnya.

Jadi, tidak takut lagi kan untuk menikmati nasi bebek ini. Apalagi dalam menikmati daging bebek kadarnya tidak berlebihan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel