KULINER NUSANTARA: “LEZATNYA NASI JAGUNG”

Indonesia, menyebut negara tercinta ini, selalu tumbuh rasa senang dan sayang akan negara ini. Negara tempat kita hidup dan menikmati keindahan. Bahkan bukan lagi tempat wisatanya yang banyak dan menarik, juga banyaknya adat istiadat yang selalu bisa di explore dengan indahnya. Selain tempat wisata, keindahan adat istiadat, kulinernya juga selalu membuat jatuh hati. Bahkan dengan jumlah yang banyak, beragam dan bervariasi, selalu membuat penasaran untuk mencoba berbagai jenis kuliner tersebut.

Kali ini yang akan kita bicarakan adalah jenis kuliner yang merupakan makanan pokok selain beras, yaitu “Nasi Jagung”, kuliner ini sangat menarik untuk kita bicarakan selain rasanya yang enak, juga dalam setiap satu porsi nasi jagung terdapat berbagai macam tambahan lauk yang menjadikan nasi ini nikmat. Kuliner nasi jagung sering juga dijual di acara-acara misalnya di Hari Minggu pagi, yaitu adanya ajang Car Free Day yang selalu digelar oleh Pemerintah Kota atau Kabupaten di setiap daerah. Banyak sekali kuliner-kuliner yang ditawarkan saat car free day, tentunya, meskipun ajang tersebut diadakan secara dadakan, yang juga dapat digunakan oleh para pedagang on-line untuk mempromosikan dagangannya juga untuk menambah pundi-pundi rupiah di Hari Minggu pagi.

Nasi jagung atau dalam bahasa Jawanya disebut juga dengan “nasi ampok atau nasi empok” adalah makanan khas Jawa yang dibuat dari jagung sebagai bahan utamanya. Adapun jagung yang digunakan untuk nasi jagung, yaitu jagung yang sudah tua atau disebut juga dengan jagung pipil.

Kuliner Enak Nusantara

Nasi jagung memang bisa menjadi pengganti nasi putih, rasanya yang nikmat dan lezat apalagi dinikmati dalam keadaan hangat. Nasi jagung banyak sekali didapatkan di Jawa, ada pun kota yang terkenal dengan kuliner nasi jagung yaitu kota Surabaya dan di Madura. Selain itu kuliner nasi jagung ini banyak ditemui di daerah pedesaan.

KULINER NUSANTARA: “LEZATNYA NASI JAGUNG”
Lezatnya nasi jagung
Nasi jagung ini memiliki nilai gizi yang baik dan lebih tinggi dibanding dengan nasi beras. Nasi jagung ini kaya akan vitamin, yaitu Vitamin A, B1, B6, B12, C dan E, dan juga akan mineral, yaitu folat, kalsium, fosfor,  natrium dan zink. Di dalam nasi jagung terdapat gizi yang tinggi yaitu magnesium. Fungsi magnesium dalam nasi jagung ini membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit diabetes dan darah tinggi.

Baca Juga:
Selain kenikmatannya, apalagi ditambah lauk yang sederhana, misalnya bakwan jagung, lauk tongkol bumbu ataupun tahu bumbu bali, nasi jagung ini kaya akan zat phytochemical, yang memberikan manfaat untuk perlindungan tubuh dari gangguan pencernaan.

Jenis Kuliner Khas Nusantara

Sebagai salah satu jenis kuliner enak nusantara dan hanya terdapat di beberapa kota, menjadikan nasi jagung ini kuliner khas di Indonesia. Saat ini, nasi jagung banyak disediakan di berbagai restoran besar, apalagi nasi jagung memberikan manfaat untuk kesehatan dan cocok bagi anda yang menjalankan program diet.

Jenis Kuliner Khas Nusantara
Nasi Jagung

Terdapat manfaat mengkonsumsi nasi jagung bagi kesehatan, antara lain nasi jagung ini sangat berperan untuk membantu masalah buang air kecil. Adapun khasiat nasi jagung ini antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang, menjaga fungsi ginjal, melancarkan buang air kecil, mengatasi gangguan pencernanaan, mencegah penyakit kardiovaskuler, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko kanker, mencegah diabetes, sebagai sumber energhi dan menurunkan berat badan.

Bagi anda penderita diabetes, nasi jagung ini sangat baik dikunsumsi bagi penderita diabetes. Serat yang ada dalam kandungan nasi jagung akan melepaskan glukosa sebagai sumber energi secara perlahan, yang mengakibatkan gula darah tersebut tidak langsung naik setelah anda mengkonsumsi nasi jagung. Sehingga bisa dikatakan nasi jagung ini, bisa membantu mengontrol gula darah apalagi bila dibandingkan dengan nasi putih biasa.

Jadi, nasi jagung ini bisa sebagai alternatif pengganti nasi putih atau nasi beras.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel