LIBURAN KE PROBOLINGGO: ”WISATA GUNUNG BROMO”

Setelah kemarin kita menikmati wisata kuliner, kini saatnya kita berjalan-jalan ke daerah timur dari Surabaya, tempatnya sangat sejuk dan lokasi menuju ke tempat tersebut sangat mudah, karena sarana dan prasarananya sudah lumayan bagus dan bisa dilewati kendaraan roda empat, dan juga menjadi tujuan untuk liburan murah. Banyak sekali tujuan wisata liburan murah ke Probolinggo yang bisa dilakukan. Apalagi saat ini di Kabupaten Probolinggo, mulai dikembangkan tempat wisata alam yang sudah ada agar tampil lebih menarik sehingga bisa menarik wisatawan untuk datang.

Salah satu tempat wisata yang sudah terkenal dan menjadi liburan favorit bagi pecinta wisata gunung adalah “Wisata Gunung Bromo”. Menarik sekali kalau anda menjatuhkan pilihan berwisata ke Gunung Bromo, karena selain tempatnya yang bagus juga anda bisa menikmati suasana matahari terbit di pagi hari yang menjadi idola wisatawan yang berlibur disini. Gunung Bromo adalah bagian dari deretan pegunungan yang memanjang dan juga menjadi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi.

LIBURAN KE PROBOLINGGO: ”WISATA GUNUNG BROMO”
Menikmati wisata ke Gunung Bromo

Wisata Di Probolinggo Jawa Timur

Berbicara tentang Gunung Bromo, pasti anda menginginkan untuk datang tanpa ada halangan, salah satu tips yang bisa anda lakukan adalah datanglah ke Gunung Bromo pada saat musim kemarau, karena pada musim kemarau cuacanya cerah dan tidak hujan. Untuk datang ke Gunung Bromo, anda bisa melalui tiga jalur, yaitu lewat jalur Malang, Jalur Pasuruan atau Jalur Probolinggo. Apabila anda melalui Surabaya, jalur yang paling mudah adalah melalui Jalur Probolinggo, anda bisa lewat pertigaan Tongas, dan disitu anda bisa langsung mengikuti jalan sampai ke Daerah Sukapura dan nanti anda tinggal naik sampai ke Gunung Bromo.

Wisata Di Probolinggo Jawa Timur
Petunjuk arah menuju Wisata Bromo
Sebagai bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung aktif yang dikelilingi lautan pasir dengan luas 10 kilometer persegi. Suhu udara di puncak sangat dingin berkisar antara 2 derajat hingga 20 derajat Celcius.

Wisata Di Probolinggo Jawa Timur
Pertigaan Tongas Menuju Wisata Bromo
Pemandangan menuju ke Puncak Bromo sangat bagus, dan anda akan tertarik untuk memfoto dan mengabadikan suasana tersebut. Keindahan wisata alam Bromo merupakan keindahan alam yang tersaji secara alami dan sangat layak untuk dinikmati pada musim liburan apalagi bersama keluarga tercinta. Indonesia dengan gugusan pulau yang didalamnya dianugrahi keindahan alam berupa pegunungan membuat siapapun akan kagum dibuatnya. Keindahan alam di Kawasan Wisata Bromo ini tidak kalah dengan kawasan lainnya di Indonesia, kawasan Jawa Timur juga memiliki kawasan wisata di Gunung Bromo yang tak kalah menjanjikan keindahan yang dapat memukau para turis yang datang ke tempat tersebut. Untuk memberikan kenyamaman bagi pengunjung, saat ini juga sudah dibangun fasilitas yang memudahkan para pengunjung untuk menikmati keindahan alam di kawasan wisata ini.

Baca Juga: Angkringan Cak Kasan | Probolinggo.


Tentang Gunung Bromo

Gunung Bromo berasal dari bahasa Sansekerta, yatitu Brahma, yang merupakan Dewa Utama dalam agama Hindu. Dalam Bahasa Tengger dibaca “Brahma” yaitu sebutan untuk gunung berapi aktif di Jawa Timur. Gunung ini berada di empat wilayah, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Tentang Gunung Bromo
Gunung Bromo
Bagi penduduk disekitar Gunung Bromo, yang disebut dengan Suku Tengger, Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci. Pada setiap satu tahun sekali masyarakat suku Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo (Hari Yadnya Kasada adalah sebuah upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi). Upacara ini dilaksanakan di sebuah pura dibawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke Puncak Bromo, yang dilaksanakan pada tengah malam sampai dengan dini hari pada setiap bulan purnama tanggal 14 atau 15 di Bulan Kasodo sesuai penanggalan Jawa.

Wisata Di Kabupaten Probolinggo dan Tips Untuk Menikmati Wisata Gunng Bromo

Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan saat sampai di Gunung Bromo, selain menikmati kendahannya. Kalau anda ingin menginap, anda bisa mencari homestay yang tersedia atau memesan hotel yang sudah sedemikian banyak di sekitar Gunung Bromo.

Wisata Di Kabupaten Probolinggo dan Tips Untuk Menikmati Wisata Gunng Bromo
Menikmati serunya ke Bromo dengan Jeep
Apabila ingin menikmati keindahan Bromo diseluruh area tanpa capek berjalan, anda bisa menyewa jeep, satu kali tour anda biasa menikmati 5 (lima) lokasi dengan biaya sekitar Rp. 500.000,- sampai dengan Rp. 800.000,- termasuk biaya sewa sopir. Anda akan diantar menuju Penanjakan, kawah Bromo, Padang Savannah, Bukit Teletubies dan Pasir Berbisik.

Terdapat beberapa tips yang bisa dipakai untuk menikmati Wisata Gunung Bromo:

  • Menuju Wisata Alam Gunung Bromo. Untuk menuju ke tempat wisata Gunung Bromo ini, bisa memilih rute yang paling mudah yaitu melewati jalan pantai utara dari Propinsi Jawa Timur karena perjalanan kami mulai dari Surabaya, sebagai petunjuk arah yang paling mudah adalah setelah sampai di Jalan Raya Tongas terdapat rambu yang menunjukkan arah menuju Wisata Gunung Bromo, yang tepatnya berada di Rest Area Tongas kemudian belok kanan ke arah selatan dengan jarak 30 km. Tepatnya Jalan Raya Tongas – Sukapura meskipun jalan menanjak namun landai. 
Terdapat beberapa tips yang bisa dipakai untuk menikmati Wisata Gunung Bromo:
Foto penjual kopi di tengah padang pasir Bromo
  • Menentukan waktu yang sesuai. Untuk  menikmati wisata yang menyenangkan di Gunung Bromo ini maka musim kemarau menjadi pilihan yang sangat tepat. Mengapa pilihannya ada pada musim kemarau, hal ini disebabkan pada musim kemarau, kita dapat menikmati pemandangan matahari terbit dalam keadaan bulat utuh berwarna kemerahan dan sangat besar. Menjadi hal yang berbeda bila menikmati pada musim penghujan, pemandangan matahari bulat utuh tidak dapat terlihat karena tertutup oleh awan hitam dan adanya kabut yang muncul.
  • Persiapan menuju kawasan wisata Gunung Bromo. Hal utama yang harus dipersiapkan saat melakukan perjalanan adalah mempersiapkan keadaan fisik kita, apalagi hal ini berkaitan dengan keadaan dari gunung tersebut yang berada dalam kondisi suhu yang cukup ekstrem cukup dingin, mengingat kegiatan tersebut dilakukan pada waktu dini hari dan cuaca dingin akan mempengaruhi kondisi dari tubuh kita. 
Terdapat beberapa tips yang bisa dipakai untuk menikmati Wisata Gunung Bromo:
Wisata Gunung Bromo
  • Selain itu yang perlu dilakukan adalah memesan akomodasi sebelum melakukan perjalanan. Mengapa hal ini harus dilakukan, hal ini dikarenakan banyaknya pengunjung yang ingin menikmati keindahan wisata alam Gunung Bromo dan juga ingin mendapatkan tempat yang nyaman apalagi bila perjalanan wisata tersebut akan dilakukan beberapa hari dengan menginap, pemesanan akomodasi sangat penting apalagi perjalanan wisata dilakukan pada saat akhir pekan. 

Titik poin yang menjadi catatan disini adalah persiapan kendaraan berupa mobil sewaan untuk memandu perjalanan wisata. Hal ini berkaitan dengan harga, akan menjadi lebih mahal bila dibandingkan memesan sebelum pelaksanaan dilakukan dan yang menjadi kendala adalah biasanya sulit menemukan kendaraan apabila memesan terlalu mendadak.
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel