KOPI EXCELSA – KOPI ISTANA OSING BANYUWANGI

Banyuwangi, sebuah daerah di ujung timur dari Propinsi Jawa Timur, dan siapa yang mengira di daerah ini terdapat kopi nikmat yang mampu membius siapa pun yang mengaku sebagai pecinta kopi. Terdapat banyak sekali produk-produk kopi, khususnya kopi speciality, yang memiliki cita rasa dan arona kopi yang khas. Indonesia sendiri memiliki banyak kopi speciality yang juga diakui dunia, antara lain Bali Kintamani Coffee, Mandheling Cofee, Flores Bajawa Coffee, Gayo Coffee dan Toraja Coffee. Begitu juga di Banyuwangi, sebagai daerah yang berada di lereng pegunungan Ijen, Banyuwangi juga memiliki satu produksi kopi yang enak.

Saat ini banyak sekali tempat minum kopi, yang juga berfungsi sebagai tempat nongkrong yang juga menyuguhkan varian kopi yang dihasilkan di Bumi Banyuwangi ini, antara lain robusta, arabica dan excelsa. Namun diantara jenis kopi yang menarik untuk diulas adalah keberadaan dari “Kopi Excelsa”.

KOPI EXCELSA – KOPI ISTANA OSING BANYUWANGI
Kopi Excelsa

Kopi Hitam – Nikmatnya Kopi Excelsa

Salah satu produsen kopi yang bisa ditemui adalah Kopi Istana Osing, dengan varian produknya yaitu “Kopi Excelsa”. Kopi ini diproduksi oleh Selfa, Banyuwangi. Kopi Excelsa merupakan kopi yang memiliki potensi luar biasa untuk menjadi sebuah kopi speciality. Kopi ini merupakan kopi yang tidak sama dengan varian kopi robusta atau arabica, namun masuk sebagai bagian dari kelompok kopi liberoid atau liberica. Kopi Excelsa berasal dari Afrika Barat, dan menyebar sampai ke Melayu sekitar tahun 1905-an.

Kopi Hitam – Nikmatnya Kopi Excelsa
Kenikmatan secangkir kopi
Yang menarik disini adalah kopi excelsa sebagai bagian dari kopi Indonesia memilki kultur kopi yang menarik, sekilas terdapat aroma nangka dalam kopi. Apalagi saat membuat kopi dibuat dengan alat yang manual, dengan proses yang sempurna akan menghasilkan kopi yang enak.

Baca Juga: Kopi Bubuk Kopi Bali - Cap Warug Pojok.

Kopi Indonesia  – Kopi Excelsa Banyuwangi

Ciri utama yang dimiliki oleh Kopi Excelsa adalah cita rasa dan aroma yang dimiliki memiliki kategori yang sangat kuat dengan rasanya yang pahit. Rasanya yang nikmat, dengan rasa dominan khas pahit kopi, membuat anda akan terus ingin menikmati kopi ini.

Kopi Indonesia  – Kopi Excelsa Banyuwangi
Kenikmatan kopi dari Kopi Istana Osing
Kopi Excelsa menjadi sebuah pilihan dalam budidaya kopi, apalagi saat arabica rusak diterjang penyakit, pada saat awal masuknya kopi Excelsa. Kopi Excelsa seolah menjadi solusi tumbuhnya kopi di Indonesia. Terdapat ciri kopi excelsa yang berbeda dengan varian kopi lainnya, yaitu fisiknya lebih besar dibandingkan kopi arabica dan kopi robusta, kopi Excelsa sangat mudah dibudidayakan dan bisa berbuah sepanjang tahun, apalagi kuat dan tahan terhadap hama dan penyakit.

Menarik sekali mengetahui nikmatnya kopi excelsa yang jarang ditemui di tempat-tempat minum kopi. Harga per bungkus dengan ukuran 250 gram “Kopi Excelsa – Kopi Istana Osing” dijual dengan harga Rp. 36.000,- (harga dipusatoleh-oleh). Terntunya harga ini bisa menjadi lebih murah kalau anda bisa mendapatkannya di gerai kopi biasa.

SUMMARY REVIEW :
  • Nama Produk : Kopi Excelsa – Kopi Istana Osing 
  • Budget : Ukuran 250 gram sekitar Rp. 36.000,- (harga di pusat oleh-oleh).
  • Cara pembayaran : Cash Only 
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel