KULINER JOMBANG: “JENANG KELAPA MUDA KHAS JOMBANG”

Berburu kuliner dan oleh-oleh bisa jadi menjadi sebuah tradisi bagus yang bisa kita lakukan saat mengunjungi sebuah tempat wisata atau tempat kuliner. Begitu juga saat mengunjungi keluarga di suatu kota, pasti anda akan mencari panganan khas daerah untuk dinikmati saat sampai dirumah.

Kali ini saya mencoba mengurai sebuah produk makanan yang ada di sebuah kota, letak pastinya berada di barat dari Kota Surabaya. Kota Jombang biasa disebut juga sebagai kota santri, karena banyaknya pondok besar di kota ini. Namun siapa sangka di Kota Jombang saat ini juga memiliki panganan yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh.

“Jenang Kelapa Muda Khas Jombang”, kue ini menjadi salah satu pilihan yang memperkaya kazanah oleh-oleh khas Kota Jombang. Jenang ini diproduksi oleh UD. Mandiri yang dimiliki oleh  Abdul Chakim dan beralamatkan di Jalan Arjuna Gang II No. 29 Denanyar Utara, Jombang, Jawa Timur. Perusahaan ini memang fokus pada usaha produksi Jenang Kelapa Muda yang telah berdiri sejak tahun 1987.

KULINER JOMBANG: “JENANG KELAPA MUDA KHAS JOMBANG”
Jenang Kelapa Muda Khas Jombang
Jenang kelapa muda ini memiliki rasa yang enak dengan khas kelapa muda yang nikmat. Dan jenang kelapa muda ini menjadi dodol khas Jombang yang berbeda dengan dodol Garut. Yang menjadi luar biasa adalah meskipun merupakan industri olahan rumahan, namun setiap harinya usaha ini bisa menghabiskan sampai dengan 500 butir kelapa muda.

Baca Juga : Bakso Nuklir | Jombang.

Proses pembuatannya cukup sederhana, setelah dicuci dan dilakukan pembersihan kulit kelapa, baru kemudian diiris menjadi enam potongan agar mudah dalam proses penggilingan, yang kemudian dicampur dengan gula pasir dan tepung terigu, selanjutnya kelapa muda tersebut dicampur menjadi satu dan dimasukkan dalam mesin pengaduk jenang. Proses ini memakan waktu 8 sampai 9 jam. Setelah jenang tersebut sudah masak, baru kemudian dilakukan proses pengemasan.

KULINER JOMBANG: “JENANG KELAPA MUDA KHAS JOMBANG”
Jenang Kelapa Muda
Selain rasanya yang enak, “Jenang Kelapa Muda Khas Jombang” ini memiliki keunggulan yaitu rasanya yang gurih dan tahan lama. Harganya per kotak di toko sekitar Rp. 28.000,-.

Jadi bingung membawa oleh-oleh khas Kota Jombang, rasanya kue Jenang Kelapa Muda Khas Jombang ini bisa sebagai pilihan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel