KULINER PROBOLINGGO: “TAHU CAMPUR TAUCO PANJAITAN”

Kuliner lagi dan kuliner lagi... atau bisa saja disebut dengan “makan lagi dan makan lagi”. Sebuah idiom dan jargon yang berhubungan dengan kuliner ini memang menarik dan membuat penasaran. Karena kata kuliner memang berhubungan dengan tempat makan enak atau makanan enak yang patut untuk dicoba dan dinikmati.

Kali ini kuliner yang akan kita coba dan review adalah sebuah kuliner yang ada di Kota Probolinggo, “Tahu Campur Tauco Panjaitan”, kuliner ini berlokasi di Jalan DI Panjaitan, Utara Perempatan Brak, Kota Probolinggo. Tempatnya memang sederhana, namun bagi pecinta kuliner anda bisa mencoba dua kuliner yang ditawarkan di tempat ini, bisa gado-gado atau tahu campur tauco.

Oke, pada kesempatan ini kita hanya akan membahas tentang tahu campur tauco, karena gado-gado Panjaitan telah kita bahas di review sebelumnya, dan anda bisa membukanya di kategori Kuliner Probolinggo di blog ini.

KULINER PROBOLINGGO: “TAHU CAMPUR TAUCO PANJAITAN”
Tahu Campur Tauco

Kuliner Unik Di Probolinggo

Tahu Campur Tauco. Tahu campur tauco ini memang berbeda dibanding tahu campur yang biasa para pecinta kuliner nikmati di Surabaya atau Lamongan. Kalau Tahu Campur Lamongan, menggunakan petis sebagai bahan dasar bumbu, dan terdapat sayuran sawi dan kikil sebagai lauk utama tahu campur baru disaram kuah kaldu. Namun berbeda dengan tahu campur tauco ini, pada tahu campur tauco, yang tersaji hampir sama dengan tahu tek, yaitu irisan lontong, tahu dan taoge atau kecambah baru disiram dengan bumbu tauco.

Kuliner Unik Di Probolinggo
Tahu Campur Tauco Jalan Panjaitan Kota Probolinggo
Pada awalnya memang rasanya sedikit berbeda karena bumbu tauco terasa gurih legit, namun selanjutnya anda akan terus menikmati makanan ini.

Baca Juga: Gado-gado Panjaitan | Probolinggo.

Wisata Kuliner Probolinggo

Sekilas tentang Tauco.  Dari informasi yang saya ambil dari wikipedia,com, tauco adalah adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi).

Wisata Kuliner Probolinggo
Tauco di sajian Tahu Campur
Dari beberapa produsen tauco tradisional mengatakan bahwa hasil rendaman, air rendamannya itulah diolah menjadi kecap sedangkan biji kedelainya menjadi tauco. Oleh para buruh kasar (khususnya masyarakat Tionghoa) dibeberapa daerah, tauco digunakan sebagai lauk setiap makan terutama saat makan bubur bening.

Tauco adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tauco mengandung energi sebesar 166 kilokalori, protein 10,4 gram, karbohidrat 24,1 gram, lemak 4,9 gram, kalsium 55 miligram, fosfor 365 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Wisata Kuliner Probolinggo
Tahu Campur sebelum disiram tauco
Jadi, tidak salahnya mencoba kuliner lain daripada yang lain. Bagi para pecinta kuliner Probolinggo, anda bisa sekali-kali mencoba tahu campur tauco ini, rasanya yang gurih khas Tauco akan membuat anda selalu menikmati kuliner ini.
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel