TRAVELING KE JOMBANG: “RINGIN CONTONG”

Jombang... Kota ini masih membius saya untuk menikmati keseruan jalan-jalan di Minggu pagi, sambil menikmati pagi dan melihat pemandangan berupa bangunan lama dan beberapa peninggalan sejarah yang belum berubah. Banyak sekali peninggalan sejarah yang bisa dilihat di Kota Jombang, mulai dari benda peninggalan jaman Kerajaan Majapahit, berupa candi dan peninggalan lainnya, bahkan juga peninggalan sejarah saat jaman Penjajahan Belanda, yang bisa dilihat dan menjadi media belajar bagi anak.

TRAVELING KE JOMBANG: “RINGIN CONTONG”
Ringin Contong
Salah satu bangunan yang sering terlewatkan, dan juga menjadi salah satu bangunan sejarah,  saat lewat di jalanan Kota Jombang adalah “Ringin Contong”. Siapa yang mengira, saat itu saya bener-benar tertarik dan memperhatikan wujud Ringin Contng ini, yang biasanya terabaikan saat menikmati perjalanan. Ringin Contong atau dalam bahasa Indonesianya disebut Menara Beringin adalah sebuah tanah atau taman yang menjadi ciri khas dari Kota Jombang dan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Jombang, baik yang ada di Kota Jombang atau pun di kota lain.

Baca Juga: Bermalam di Hotel Fatma | Jombang.

TRAVELING KE JOMBANG: “RINGIN CONTONG”
Menara Air
Apabila melihat berbagai referensi, tanaman pohon beringin ini ditanam oleh Bupati Jombang pertama yaitu Raden Adipati Arya Soeroadiningrat V dan lebih dikenal dengan nama Kanjeng Sepuh pada tanggal 22 Februari 1910, dan juga bertepatan dengan peletakan batu pertama pendopo Kabupaten Jombang. Pada tanggal itu, Kanjeng Sepuh menanam dua pohon beringin sebagai Simbol Pengayoman. Pohon beringi kecil ditanam di depan Pendopo Kabupaten Jombang dan untuk satu yang besar ditanam di Ringin Contong.

TRAVELING KE JOMBANG: “RINGIN CONTONG”
Taman ASEAN
Terdapat hal yang menarik tentang Ringin Contong ini, Ringin Contong ditetapkan sebagai acuan titik nol jarak antar wilayah Kabupaten Jombang dan antar kota. Apalagi dengan dibangunnya menara air oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1929. Posisi Ringin Contong yang berada di titik nol ini, memiliki arti  yang berharga sebagai episentrumn bagi masyarakat Jombang. Titik nol dalam Ringin Contong ini, diartikan sebagai sumber kekuatan seperti roda dan jerujinya, dengan titik tumpunya berada di tengah roda. Dan pada kondisi ini, Ringin Contong seperti sumbu roda wilayah Jombang.

TRAVELING KE JOMBANG: “RINGIN CONTONG”
Ringin Contong dan Menara Air
Itulah sedikit arti Ringin Contong dan sampai saat ini masih berdiri tegak karena Ringin Contong ini memiliki nilai sejarah tentang Kota Jombang dan Masyarakat Jombang.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel