TEMPAT MAKAN ENAK DI JOMBANG: “RAWON ROSOBO”

Kuliner, sebuah kata yang berkaitan dengan makanan dan segala hal yang berhubungan dengan berbagai macam aneka masakan. Berbicara tentang kuliner, salah satu kuliner yang bisa dan selalu menjadi topik hangat adalah adalah sebuah kuliner khas  Jawa Timur, kuliner ini adalah kuliner nikmat dengan bumbu khas kuah bumbu hitam, namun tempat kuliner yang akan kita bicarakan ini berada di Kota Jombang, sebuah kota di barat

TEMPAT MAKAN ENAK DI JOMBANG: “RAWON ROSOBO”
Satu porsi "Nasi Rawon Rosobo"

Tempat Makan Di Kota Jombang

Salah satu tempat makan enak di Jombang yang menyediakan makan enak ini adalah “Rawon Rosobo”. Rawon Rosobo atau disebut juga dengan “Warung Rosobo”, berlokasi di Jalan Raya Mojoagung No. 191, Mojoagung, Kademangan, Jombang atau berada di alun-alun timur Mojoagung (Jalan Timur Taman Mojoagung, samping Taman Mojoaguang, Bekas Pasar Mojoagung). Sangat mudah untuk menemukan warung ini, karena berada di alun-alun, sebagai tanda untuk menemukan adalah banyaknya mobil yang terparkir disana, apalagi dengan banyaknya orang yang keluar masuk warung ini untuk menikmati sajian makanan di warung ini. Tempat ini buka mulai pukul 05.30 pagi sampai dengan pukul 21.30.

Tempat Makan Di Kota Jombang
Warung Rosobo
Menu utama, yang ditawarkan di tempat makan ini adalah rawon, yaitu sebuah sajian kuliner khas Jawa Timur berupa sup daging berwarna hitam, dikarenakan mengandung pewarna alami dari kluwek. Saya memesan dua menu  yaitu nasi rawon dan nasi rames atau krengseng daging. Penyajian rawon di Rawon Rosobo ini berbeda dengan penyajian rawon di tempat makan lain, kalau di tempat makan lainnya, rawon disajikan dengan daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil, namun di Warung Rosobo ini, sajian rawon disajikan dengan daging sapi yang telah ditipiskan berbentuk empal yang telah dibumbui berjumlah tiga lapis daging.

Baca Juga : Soto Daging Pak Karman | Jombang.

Tempat Makan Di Kota Jombang
Nasi Rawon Rosobo
Pada umumnya rawon adalah sebuah menu kuliner nikmat yang dibuat dengan bumbu khusus antara lain, bawang putih, lengkuas, bawang merah, kunir, serai, garam, cabai dan tidak lupa bumbu utama yaitu “kluwek”. Dalam pembuatan bahan bumbu rawon ini semuanya dihaluskan, kecuali serai dan lengkuas yang kemudian ditumis sampai muncul aroma harum, ditambah lagi campuran kluwek untuk memunculkan warna hitam alami.

Rumah Makan Paling Enak Di Jombang

Menikmati nasi rawon di Warung Rosobo ini memang berbeda, kenikmatan kuah rawon yang segar ditambah dengan sambalnya yang banyak dan bercampur dengan kecambah atau taoge cukup membius perut untuk menunda lapar.

Rumah Makan Paling Enak Di Jombang
Aneka pilihan daging empal
Sama halnya dengan nasi rawon, nasi rames yang ditawarkan Warung Rosobo ini juga memiliki rasa yang enak, dengan mengunggulkan daging empal sapi yang telah dibumbui untuk nasi rames, menyebabkan nasi ramnes ini sanagt nikmat, ditambah lagi dengan dagingnya empuk menjadikan nasi rames ini menjadi pilihan kedua setelah nasi rawon.

Rumah Makan Paling Enak Di Jombang
Nasi rames daging
Kenyamanan.  Menikmati rawon di warung ini memang berbeda, selain rasanya yeng enak, juga tempatnya yang luas dengan pelayanan yang relatif cepat. Sejak buka tahun 1984 di Pasar Mojoagung dan sekarang pindah diseberang pasar (dulunya sebelum relokasi, taman di alun-alun Mojoagung adalah Pasar Mojoagung), warung milik Pak Kadir ini selalu menjadi tujuan utama untuk menikmati kuliner. Dengan tempatnya yang memanjang ke belakang apalagi setelah dilakukan renovasi, tempat ini mampu menampung pengunjung lebih banyak dibanding sebelumnya.

Rumah Makan Paling Enak Di Jombang
Tempatnya yang luas dan nyaman
Buat saya...rawon ini luar biasa enak...”Belum ke Jombang deh, kalau belum makan Rawon Rosobo...”.




Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel