KULINER NUSANTARA: “LEZATNYA SIOMAI”

Satu lagi jenis kuliner yang menambah referensi kuliner nusantara. Kuliner ini sangat mudah ditemukan di pelosok dan penjuru kota. Bahkan kuliner ini bisa ditemui sebagai jajanan anak sekolah yang dijual di depan sekolah. Rasa gurihnya ditambah saus kacang menambah sedap sajian kuliner ini.

Sajian kuliner “siomai” yang lezat ini meskipun bisa dibuat dan dinikmati khususnya oleh masyarakat Indonesia, ternyata kuliner ini bukan asli dari Indonesia. Siomai ini lebih tepatnya berasal dari Tiongkok, sajian kuliner ini merupakan salah satu bagian dari makanan dimsum, dalam bahasa Mandarin disebut dengan nama shaomai. Di negeri asalnya siomai adalah makanan yang menggunakan daging babi yang dicincang, kemudian dibungkus dengan kulit dari tepung terigu.

Karena adanya akulturasi budaya Indonesia dengan Tiongkok saat itu, menjadikan makanan siomai masuk ke Indonesia. Dan di Indonesia, siomai tidak lagi berbahan dasar dari dagig babi, melainkan berubah dengan jenis makanan halal, bisa dari ayam, ikan tengiri atau pun udang. Dan kulitnya pun tidak lagi dari tepung terigu tipis namun dari kulit pangsit.

KULINER NUSANTARA: “LEZATNYA SIOMAI”
Siomai

Kuliner Jajanan Nusantara – Lezatnya Siomai

Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan ini?. Makanan ini selalu menjadi idola bagi pecinta kuliner. Siomai ini dibuat dengan bentuk silinder, dan terdapat berbagai jenis variasi siomai dan dibuat berdasarkan daging untuk isinya, bahan untuk isi biasanya dicampur dengan tepung sagu atau tepung tapioka.

Kuliner Jajanan Nusantara – Lezatnya Siomai
Siomai dengan bumbu kacang
Baca Juga: Cap Cay.


Kuliner Enak Nusantara

Penyajian siomai biasanya disajikan dengan bahan pelengkap, antara lain telur ayam rebus dan berbagai jenis sayuran misalnya kentang, kubis atau pun pare. Lebih nikmat apabila sebelum dihidangkan, siomai dan bahan pelengkap ini dikukus dan dinikmati dalam kondisi hangat.

Siomai 
Setelah disajikan dalam kondisi hangat, diatasnya dapat disiram saus kacang yang terbuat kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Sedangkan bumbu untuk saus kacang ini antara lain cabai merah, bawang putih, asam jawa, garam, gula dan tambahkan juga cuka. Lebih nikmat lagi bila disajikan, ditambahkan dengan kecap manis  dan perasan jeruk limau.

Terkadang penyajian siomai ada yang menambahkan dengan batagor (bakso tahu goreng). Namun semua itu tergantung permintaan bisa hanya siomai saja atau ditambahkan dengan batagor.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel