TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: ”GUDEG BU TOEGIJO”

Menikmati sajian kuliner di Surabaya selalu membuat rasa penasaran. Berbagai macam jenis kuliner ada di kota ini. Tidak saja jenis kuliner asli dari Surabaya, bahkan kota lain di Jawa Timur, selain itu jenis kuliner dari nusantara Indonesia juga tersedia di kota ini. Surabaya, sebuah kota yang tidak pernah berhenti dalam melakukan aktivitasnya, memang memiliki berbagai macam kuliner di setiap waktu. Untuk menikmatinya tinggal memilih kuliner apa saja yang tersedia di waktu-waktu yang anda butuhkan.

Salah satu jenis kuliner dari Yogyakarta yang juga disuka pecinta kuliner Surabaya, adalah kuliner gudeg. Gudeg adalah sebuah makanan khas Yogyakarta yang selelu diminati siapa saja. Sebagai makanan tradisional yang saat ini juga menjadi ikon kuliner nusantara, gudeg telah menyebar di seluruh penjuru negeri. Begitu pula di Surabaya, gudeg juga menjadi makanan khas Yogyakarta yang diminati banyak orang dan juga menjadi bagian kuliner Surabaya.

Tempat Makan Enak Di Kertajaya Surabaya

Bahkan terdapat satu tempat makan enak di daerah Kertajaya yang menjual makanan khas Yogyakarta ini, “Gudeg Bu Toegijo”, yang berlokasi di Jalan Gubeng Kertajaya VI A No. 46, Kertajaya, Gubeng, Surabaya dan buka mulai pukul 07.00 pagi sampai jam 03.00 sore, gudeg ini menjadi favorit saya dan keluarga.

TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: ”GUDEG BU TOEGIJO”
1 box Gudeg Bu Toegijo
Awalnya, saya tahu tentang gudeg ini dari kawan-kawan yang pernah terlebih dahulu makan di tempat makan ini. Mungkin untuk kawan-kawan yang belum pernah mengunjungi tempat ini mungkin agak sedikit bingung, karena lokasinya agak masuk kedalam dan masuk gang. Meskipun terdapat papan nama dari besi namun tertutup pohon. Namun bagi saya itu tidak masalah karena kecanggihan teknologi dan informasi dari internet, semua lokasi kuliner bisa kita ketahui. Dan akhirnya karena cocok, pada hari berikutnya saya mengajak keluarga, meskipun akhirnya tidak sempat memfoto makanan tersebut untuk diposting di blog ini.

Baca Juga:

Tempat Makan Recomended Surabaya

Berbicara tentang makanan, terdapat perbedaan antara rasa khas makanan dari Jawa Timur dan Yogyakarta. Dan untuk gudeg ini, khususnya Gudeg Bu Toegijo, gudeg ini sudah dimodifikasi sehingga terdapat rasa khas Jawa Timur, yang menyebabkan masyarakat Surabaya cocok dengan gudeg buatan Bu Toegijo ini.

Tempat Makan Recomended Surabaya
1 box Gudeg Bu Toegijo
Berdasarkan informasi yang saya dapat, Brand Bu Toegijo ini dipakai karena Bu Toegijo adalah pendiri pertama usaha gudeg ini di Surabaya pada tahun 1972, dengan lokasi yang sama dengan lokasi yang sekarang. Saat ini pengelola gudeg ini sudah sampai pada generasi ketiga. Dan mengapa keluarga Bu Toegijo ini bisa mempopulerkan gudeg? Hal ini disebabkan Bu Toegijo berasal dari Keprabon, Solo, yang mengerti rasa khas gudeg dan mengerti cara pembuatan gudeg yang sedap, dan akhirnya Bu Toegijo beserta keluarga pindah ke Surabaya dan kemudian berjualan gudeg di Kota Surabaya ini.

Di Surabaya, Bu Toegijo membuat sensasi yang berbeda, dimana gudeg ini disajikan bersama sambal goreng cecek yang berasal dari kulit sapi. Bumbu sambal ini memiliki rasa yang pedas ditambah lagi pendamping gudeg antara lain opor ayam, bacem telur disertai dengan sambal. Untuk harga bervariasi tergantung paket yang diminta berkisar Rp. 15.00 sampai dengan Rp. 45.000.

Saat ini, Gudeg Bu Toegijo sudah memiliki beberapa cabang di Jalan Raya Ngagel Jaya, di Belakang Supermarket Giant Rungkut dan food court Golden City Mal.

Jadi kawan, yang kangen masakan khas Yogyakarta ini, mampir saja ke Gudeg Bu Toegijo, dijamin puas.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel