KULINER SURABAYA: “SERABI SOLO ASLI”

Menikmati beragam kuliner Surabaya memang menarik dan membuat penasaran. Banyak sekali jenis kuliner yang ada di Surabaya, tidak hanya sajian kuliner  namun juga bermacam-macam jenis kue yang menjadikan kita ingin menikmatinya. Salah satunya adalah jenis kuliner yang akan kita bahas. Awalnya karena ingin menmcoba, akhirnya setiap berkunjung dan datang kle swalayan perkakas dan alat rumnah tangga di Surabaya ini, selalu membeli dengan berbagai macam jenis pilihan kuenya.

Siapa yang mengira “Serabi Solo“ yang merupakan makanan tradisional Jawa ini yang rasanya enak dan memiliki bentuk hampir serupa dengan kue apem namun agak lebar dan tipis, memiliki banyak penggemar dan serupa dengan kue khas Belanda pannen koek.

KULINER SURABAYA: “SERABI SOLO ASLI”
Serabi Solo

Kuliner Surabaya Enak

Saya menemukan kuliner Surabaya enak ini didepan Toeng Market Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 31 Surabaya. Saya sendiri pun tidak begitu paham dalam masak memasak kue Serabi Solo ini, namun terdapat beberapa hal yang menarik tentang Serabi Solo ini.

Kuliner Surabaya Enak
Tempat memanggang serbai
Asal Mula Kue Serabi Solo - Pada awalnya kue serabi dari Solo lebih dikenal dengan Serabi Notosunan yang dirintis oleh suami istri Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan sekitar tahun 1923. Awalnya karena sering kali menerima poesan kue apem dari para tetangganya, kemudian pasangan suami istri ini mulai mengembangkan kue serabi ini.

Baca Juga:
Dari serabi tradisional itulah merupakan awal mula Srabi Notosunan yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Solo. Dimana Serabi Notosunan diambil dari Jalan Notosunan, yang saat ini berganti nama dengan jalan Muh. Yamin.

Kuliner Surabaya Enak
Gerai Serabi Solo depan Toeng Market

Kuliner Surabaya Kaki Lima

Perkembangan saat ini - Dengan berkembangnya waktu, kue serabi menjadi tidak hanya dijual di Solo saja namun berkembang dan di jual di kota-kota lain dengan konsep berbeda. Misalnya gerai kue Serabi Solo yang berada di depan Toeng Market. Berkembang tidak menggunakan Serabi Notosunan namun menjadi Serabi Solo Asli. Rasanya pun enak dengan variasi serabi yang beraneka ragam. Dengan piliohan rasa original, rasa nangka, rasa coklat, rasa campur, rasa keju dan rasa special, yang bisa dipilih sesuai selera kawan-kawan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel