TEMPAT MAKAN ENAK DI JOGJA: NIKMATNYA “AYAM GORENG NY. SUHARTI”

Satu lagi menu kuliner asal Kota Yogyakarta yang saat ini sudah menyebar di beberapa kota besar di Indonesia. Menu kuliner ini memang sangat disuka, karena rasanya yang enak dan renyah, tidak saja orang dewasa, bahkan anak-anak pun sangat menyukainya. Sebagai kota yang memiliki sajian kuliner yang banyak dan beragam, maka tidak salah, jika Kota Yogyakarta disebut sebagai kota kuliner. Banyak sekali tempat makan enak di Jogja yang sudah memiliki cabang sampai dengan luar kota, dengan pilihan dan jumlah sajian kuliner yang sama dengan tempat asalnya. Namun lebih afdol juga, kalau anda menikmati kuliuner di tempat asalnya yaitu di Yogyakarta.

Sebagai salah satu jenis kuliner yang selalu digemari, maka “ayam goreng” menjadikan salah satu jenis kuliner ini menjadi lahan bisnis dan peluang usaha yang masih menguntungkan. Salah satu jenis kuliner ayam goreng dari Yogyakarta yang enak dan memilki cabangnya, hingga ke luar kota Yogyakarta, yaitu”Ayam Goreng Ny. Suharti”.

TEMPAT MAKAN ENAK DI JOGJA: NIKMATNYA “AYAM GORENG NY. SUHARTI”
Ayan Goreng Ny. Suharti (Sumber Gambar: Klik Hotel)

Tempat Makan Di Kotagede Jogja – Lezatnya Ayam Goreng Kremes 

Sebagai salah satu jenis kuliner kebanggaan Yogyakarta, maka tidak salah kalau ayam goreng kremes ini sangat tenar, apalagi memiliki cabang di beberapa kota, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Pekanbaru, Medan dan Lampung. Akhirnya, kami pun mampir ke tempat kuliner ini, setelah pulang dari salah satu tempat wisata. Kebetulan kami menikmati “Ayam Goreng Ny. Suharti” yang berlokasi di Jalan Gedongkuning No. 187, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Tempat kuliner ini buka mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 9 malam.

Tempat Makan Di Kotagede Jogja – Lezatnya Ayam Goreng Kremes
Ayam Goreng Ny. Suharti Gedongkuning
Ayam goreng Ny. Suharti ini adalah tempat makan yang sangat terkenal di Kota Yogyakarta meskipun lokasinya yang agak jauh dari kota, namun karena lezatnya menu masakan disini menjadikan orang-orang mau mengunjungi tempat makan ayam goreng Ny. Suharti ini. Rahasia kenikmatan ayam gorengNy. Suharti terletak pada bumbunya yang digunakan, yang bisa meresap ke dalam daging ayam kampung yang digoreng.

Baca Juga:
Sebagai salah satu icon kuliner kota Yogyakarta, Ayam Goreng Ny. Suharti terkenal dengan ayam goreng kremesnya yang berdiri sejak tahun 1962, saat mulai berdiri, usaha ini hanya sekedar usaha kecil-kecilan, dan juga belum memiliki rumah makan. Dengan bekal berharga, dimana Ny. Suharti adalah keturunan dari Mbok Berek, dimana ayam goreng Mbok Berek saat itu sangat digemari oleh keluarga kraton, maka pada tahun 1969, beliau baru berani membuka rumah makan sendiri. Namun setelah beberapa lama, Ny. Suharti memutuskan untuk menggunakan mereknya sendiri, yang menamakan ayam gorengnya dengan nama “Ayam Goreng Ny. Suharti”.

Tempat Makan Enak Dan Nyaman Di Jogja 

Kebetulan saya mengunjungi tempat makan ini saat hari sudah mulai sore, sehingga tidak banyak pengunjung yang datang, restoran ini biasanya ramai saat jam makan siang dan pada musim liburan. Yang menarik disini tempat parkirnya cukup luas, sehingga kita tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat untuk memarkir kendaraan.

Tempat Makan Enak Dan Nyaman Di Jogja
Sajian kuliner di Ayam Goreng Ny. Suharti
Ayam Goreng Ny. Suharti yang berdiri sejak tahun 1962, sampai sekarang masih bisa bertahan, hal ini dikarenakan tempat makan ini mampu mempertahankan rasa sebagai syarat agar tempat makan menjadi laris.  Terdapat dua tempat Ayam Goreng Ny. Suharti, yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Yogyakarta, yaitu Jalan Adisucipto No. 208, Sleman dan di Jalan Gedongkuning No. 187, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta

Saya memesan ayam kremes satu ekor dan beberapa sajian lainnya misalnya soto ayam dan nasi goreng. Kenikmatan ayam kremes ini berasal dari ayam kampung yang dibumbui dengan rempah khas Ny. Suharti ditambah dengan kelezatan sambalnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel