LIBURAN JOGJAKARTA: “KERATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT”

Traveling dan jalan-jalan menjadi hal yang menyenangkan, apalagi travelingnya ke Yogyakarta. Salah satu tempat yang menjadi tempat wajib untuk dikunjungi adalah “Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat”.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau disebut juga dengan Keraton Yogyakarta ini berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton ini juga merupakan istana resmi dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, meskipun kesultanan ini telah resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950.

LIBURAN JOGJAKARTA: “KERATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT”
Keraton Jogja

Tempat Liburan Yogyakarta – Keraton Jogja

Mengunjungi Kraton ini memang sangat menarik selain memiliki nilai magis, juga memiliki nilai historis tersendiri yang menjadikan istana ini menjadi kebanggaan masyarakat Yogyakarta. Kompleks bangunan keraton ini juga masih berfungsi sebagai tempat tinggalnya Sultan dan keluarga.

Tempat Liburan Yogyakarta – Keraton Jogja
Peninggalan Batik
Selain sebagai tempat wisata yang menarik, sebagian area keraton ini juga menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai barang yang merupakan pemberian dan hadiah dari Raja-raja Eropa, gamelan dan replika barang pusaka keraton.

Baca Juga:

Liburan Hemat Yogyakarta – Pilihan Wisata Murah

Dari literatur yang saya baca, Keraton Yogya ini adalah salah satu contoh istana di Jawa yang menggunakan arsitektur terbaik, karena memiliki balairung-balairung mewah, lapangan dan disertai paviliun yang sangat lauas.

Liburan Hemat Yogyakarta – Pilihan Wisata Murah
Benda-benda di Kraton Jogja
Menurut sejarahnya, Keraton Yogyakarta ini didirikan oleh Sultan HamengkuBuwono I setelah perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Konon menurut cerita, lokasi keraton ini adalah merupakan bekas dari sebuah pesanggrahan yang bernama Gajitawati, yang digunakan untuk istirahat atas iring-iringan jenazah Raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Menurut cerita sejarah lain, lokasi Keraton Yogyakarta ini sebenarnya adalah sebuah mata air yang bernama  “Umbul Pacethokan”, dan berada di tengah hutan Beringan. Sebelum Keraton Yogyakarta ini jadi, Sultan Hamengku Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang, dan saat ini, wilayah ini termasuk wilayah Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Sebenarnya bercerita dan mengidentifikasi tentang Keraton Yogyakarta ini sangat panjang dan luar biasa membikin pensaran, apalagi saya yang sangat senang dengan suasana Yogyakarta. Saat masuk Keraton Yogya ini saja, saya sangat terkagum dengan keindahan istana ini, meskipun saya tidak bisa menyusuri semua bagian istana ini, namun kekaguman ini yang membuat saya tertarik untuik mencari tahu.

Secara umum, informasi tentang Keraton Yogyakarta ini bisa dibuka web internet, misalnya dari wikipiedia atau di https://id.wikipedia.org .




Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel