LIBURAN JOGJAKARTA: “TAMAN KALIURANG”

Menikmati wisata di Jogjakarta merupakan hal yang sangat menyenangkan, banyak sekali wisata yang bisa dikunjungi, baik wisata alam, wisata modern, maupun wisata kuliner yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati liburan. Setelah mencoba menikmati berbagai tempat wisata dan tempat kuliner, termasuk wisata sejarah yang menjadi bagian dari Wisata Jogjakarta, pada edisi kali ini saya mencoba berbagi informasi tentang liburan Jogjakarta, namun lebih bernuanasa alam.

Banyak sekali lokasi bernuansa alam yang bisa ditemui di Daerah Jogjakarta, mulai dari gunung dan pegunungan sampai dengan pantai. Berbicara tentang tempat wisata di daerah pegunungan, salah satu tempat yang akan kita bicarakan adalah sebuah tempat di lereng Gunung Merapi, dengan suasana yang sejuk dan dingin, yaitu “Taman Kaliurang”.

Pengalaman Liburan di Jogjakarta di Taman Kaliurang

Menyenangkan sekali menikmati tempat wisata, khususnya tempat wisata yang bernuanasa alam. Pada awalnya kami pun juga bingung untuk melakukan kunjungan wisata kemana setelah hari itu, karena rata-rata tempat wisata di Kota Jogjakarta ini sudah pernah kami kunjungi. Akhirnya rasa keingintahuan dan penasaran, mendorong kami meminta sopir yang kami sewa untuk mengantarkan kami ke tempat wisata, yang akhirnya kami putuskan untuk menikmaati wisata sejenak ke “Taman Kaliurang”. Taman Kaliurang ini berlokasi di Jalan Siaga, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00.

LIBURAN JOGJAKARTA: “TAMAN KALIURANG”
Berlibur ke Taman Kaliurang
Terdapat hal yang menarik disini tentang Kaliurang, Kaliurang bisa diartikan sebagai sungai udang, yaitu sebuah tempat wisata liburan alam yang difokuskan pada wisata alam yang berada di kaki Gunung Merapi, JogJakarta. Berdasarkan data administratif, Kaliurang masuk dalam area Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Jogjakarta. Suhu di Kaliurang lumayan sejuk dengan suhu antara 20 sampai 25 derajat Celcius, hal ini dikarenakan Kaliurang ini berada di ketinggian sekitar 900 meter dpl pada arah selatan Gunung Merapi.

Akses jalan menuju Kaliurang sangat mudah, untuk menuju kesini anda bisa menumpang bus, mobil carteran umum (biasa disebut dengan “colt”) atau pun motor sewaan atau ojek. Jarak antara Kaliurang dengan Kota Jogjakarta sekitar satu jam perjalanan. Disepanjang perjalanan menuju Kawasan Wisata Kaliurang, kita akan disuguhi panorama alam yang menakjubkan, dengan pemandangan gunung dan udara segar. Ditambah dengan berbagai macam taman bermain di Kaliurang dan berbagi hiburan perjalanan alam yang sungguh menyenangkan.

Pengalaman Liburan di Jogjakarta di Taman Kaliurang
Menikmati sejuknya alam di Taman Kaliurang
Terdapat cerita sejarah yang bisa dipelajari saat melakukan kunjungan disini. Di Kaliurang terdapat sebuah bangunan, yang masuk dalam konteks sejarah Indonesia, yaitu Wisma Kaliurang. Di tempat ini pernah dilaksanakan Perundingan Khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada tanggal 13 Januari 1948. Perundingan Kaliurang saat itu menghasilkan Notulen Kaliurang.

Dari referensi yang didapat penulis, keberadaan wisata di Kaliurang ini sudah berlangasung sejak lama, sejak zaman Belanda di Indonesia. Saat itu, Kaliurang menjadi salah satu tempat tujuan peristirahatan para nyonya dan meneer Belanda. Saat ini, kawasan wisata Kaliurang menjadi salah satu obyek wisata di Sleman.

Liburan Ke Jogja Bersama Keluarga di Taman Kaliurang

Menyenangkan. Itu kata dan kesan yang bisa sampaikan. Taman Kaliurang ini sangat cocok bagi anda sebagai wisatawan yang senang berwisata di alam terbuka. Di Taman Kaliurang ini memiliki suasana yang sangat alami ditambah panorama alam yang begitu indah dan cocok untuk anda yang senang menyendiri, anda pun bisa menikmati “Tlogo Putri”.

Baca Juga :
Sebagai salah satu tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi, tempat wisata ini memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Taman Kaliurang juga pernah menjadi tempat peristirahan Sultan Hamengkubuwono ke-8 bersama keluarga. Taman Kaliurang memang pas sekali dikunjungi ketika musim liburan, apalagi di taman ini terdapat fasilitas outbond, untuk sarana belajar anak-anak.

Liburan Di Jogja Untuk Anak 

Sebagai salah satu pilihan wisata untuk keluarga, Taman Kaliurang memang layak menjadi destinasi pilihan berwisata di Jogjakarta. Namun karena waktu sudah sore, maka kunjungan kami ke daerah Kaliurang hanya sampai di Taman Kaliurang saja. Taman Kaliurang saja sudah sangat bagus dan mewakili keindahaan alam di daerah Kaliurang. Taman Wisata Kaliurang ini merupakan taman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak. Taman bermain dengan luas 1 hektar ini terdapat beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan, mobil-mobilan dan sebagainya. Taman ini juga memiliki tanaman yang rindang serta menghadirkan suasana yang teduh bagi setiap orang yang berekreasi di Taman Wisata Kaliurang ini.

Liburan Di Jogja Untuk Anak
Jeep untuk mengantar ke Gunung Merapi
Untuk berwisata di Kawasan Gunung Merapi ini, tidak perlu kuatir karena banyak sekali tim pengantar yang menawarkan jasanya untuk mengantarkan, misalnya ke Museum Sisa Hartaku, Bekas rumah Mbah Maridjan, Lava Tour Sunrise, Batu Wajah dan Kaliadem.

Liburan Di Jogja Untuk Anak
Nikmatnya Sate Kelinci
Satu lagi, selain sebagai tempat wisata yang menarik, untuk kawan-kawan yang senang menikmati kuliner, disini juga terdapat berbagai macam kuliner, antara lain sate kelinci dan aneka makanan khas Jogjakarta misalnya “tongseng”. Lumayan juga rasanya dengan bumbu kacang yang sedap, apalagi dengan suasana yang sejuk, pasti membuat perut kita tambah keroncongan.
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel