KULINER MALAM JOGJA: “GUDEG YU DJUM”

Gudeg... Siapa yang tidak kenal dengan gudeg?. Sebagai salah satu icon kuliner legendaris Kota Jogjakarta, maka terasa kurang rasanya, kalau berkunjung ke Kota Jogjakarta belum menikmati kuliner gudeg. Gudeg Jogja merupakan makanan khas Kota Jogjakarta yang terbuat dari bahan dasar nangka muda dan olahan daging ayam, yang telah diracik dengan bumbu istimewa sehingga menjadikan makanan ini kuliner lezat yang disukai setiap pengunjung Kota Jogjakarta.

Sebagai salah satu sajian kuliner khas Jogja, tentunya banyak sekali kuliner gudeg yang bisa dipilih para pecinta kuliner untuk memenuhi rasa kangen akan kuliner gudeg. Gudeg biasanya dinikmati bersama dengan nasi ditambah dengan lauk opor ayam, selain bisa dimakan ditempat. Gudeg saat ini bisa juga dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Tempat Wisata Kuliner Jogja Malam Hari

Menikmati kuliner gudeg di kota asalnya Jogjakarta memang memberi sensasi tersendiri. Ditambah lagi, banyak sekali pilihan gudeg terkenal di kota Jogjakarta ini. Namun diantara banyak pilihan gudeg, satu diantaranya merupakan gudeg legendaris, yaitu “Gudeg Yu Djum”, gudeg ini memiliki banyak cabang di Kota Jogjakarta, salah satu cabang yang terkenal berada di Jalan Wijilan, sehingga gudeg ini juga disebut dengan “Gudeg Wijilan”, karena berlokasi di Jalan Wijilan No. 167, Wijilan, Jogjakarta. Buka mulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 22.00.

Tempat Wisata Kuliner Jogja Malam Hari
Gudeg Yu Djum
Namun, dikarenakan lokasi tempat menginap kami berada di Jalan Dagen di area Malioboro, maka kami menikmati “Gudeg Yu Djum” ini di gerai Gudeg Yu Djum Malioboro, yang berlokasi di Jalan Dagen No. 2C Jogjakarta. Lokasinya sangat mudah dicapai dan juga terletak di sebuah ruko dan dekat dengan tempat wisata Malioboro.

KULINER MALAM JOGJA: “GUDEG YU DJUM”
Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum memang sangat terkenal, apalagi dengan perkembangan teknologi, anda bisa memanfaatkan jasa antar dengan aplikasi yang ada. Namun apabila anda ingin mengunjungi langsung Gudeg Yu Djum, tidak menjadi masalah, karena sebagai pecinta kuliner, kurang afdol bila belum menikmati sajian kuliner di tempat. Terdapat 8 (delapan) cabang Gudeg Yu Djum yang tersebar di Kota Jogjakarta, antara lain sebagai berikut:
  • Gudeg Yu Djum Wijilan, berlokasi di Jalan Wijilan No. 31 Jogjakarta.
  • Gudeg Yu Djum Malioboro, di Jalan Dagen No. 2C Jogjakarta.
  • Gudeg Yu Djum Jokteng, berada di Jalan Mayjen Sutoyo No. 60 Jogjakarta.
  • Gudeg Yu Djum Jakal, di Jalan Kaliurang Km, 5 Koncoran Gang Sri Katon 2 Jogjakarta.
  • Gudeg Yu Djum Pusat Selokan Mataram, di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karang Asem CTIII/06 Mbarek, Sleman, Jogjakarta.
  • Gudeg Yu Djum Pusat Adi Sucipto, Jalan Laksda Adi Sucipto KM 8,7 Jogjakarta (Samping Hotel Sheraton).
  • Gudeg Yu Djum Sambilegi, Jalan Laksda Adisucipto Km 9 Nomor 6A, Sambilegi, Kalasan, Sleman.
  • Gudeg Yu Djum Pusat Jalan Wates, di Jalan Wates Km. 5,5 Ambarketawang, Gamping, Sleman, Jogjakarta.
Baca JugaAngkringan Gareng Petruk.

Kuliner Malam Enak di Jogja

Sebagai salah satu kuliner gudeg Jogja legendaris, Gudeg Yu Djum merupakan kuliner yang hanya khusus menjual gudeg, yang dirintis oleh Ibu Djuwariyah, yang biasa dikenal dengan Yu Djum, yang memulai merintis usahanya dengan membuka warung gudeg di Jalan Wijilan pada tahun 1950 dan meninggal pada tanggal 14 November 2016 dalam usia 87 tahun. Memulai usaha sejak umur 17 tahun, menjadikan pondasi bisnis Gudeg Yu Djum sangat kuat dan tidak salah kalau menjadi legendaris hingga saat ini.

Kuliner Malam Enak di Jogja
Gudeg Yu Djum Dagen
Dari informasi, nangka muda dari Prembun ini sangat cocok untuk dibuat sebagai bahan baku gudeg, karena nangka muda ini tidak akan mudah lumat walaupun dimasak dalam waktu lama. Gudeg ini dimasak dengan cara tradisional, yang dimasak dengan mengggunakan kayu bakar dan ditambah dengan bumbu spesial dari Yu Djum. Dibutuhkan waktu yang lama untuk membuat masakan lezat ini. Warna coklat pada gudeg berasal dari daun jati yang dimasak bersamaan dengan nangka muda.

Kuliner Malam Gudeg Jogja

Gudeg ini biasanya disajikan dengan lauk yang beraneka ragam, antara lain ayam kampung dan telur bebek yang telah dibumbu gudeg, tahu tempe bacem, ditambah dengan sambal krecek yang pedas dan yang utama adalah buah nangka (gori) asli Prembun. Terdapat berbagai varian gudeg yang bisa dipilih untuk dinikmati, yaitu: (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gudeg)
  • Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan “areh” encer (areh adalah kuah santan kental).
  • Gudeg kering, adalah sajian gudeg yang disajikan dan dijual bersamaan dengan areh yang kental.
  • Gudeg Solo, yaitu gudeg dengan sajian yang berbeda dengan areh berwarna putih.
Terdapat banyak sekali pilihan menu yang ditawarkan “Gudeg Yu Djum”, antara lain paket nasi dos, paket besek dan paket kendil.

Kuliner Malam Gudeg Jogja
Paket nasi gudeg dos
Untuk paket nasi dos terdapat 16 macam paket yang bisa dipilih, yaitu:
  1. Nasi gudeg tahu atau tempe.
  2. Nasi gudeg telur.
  3. Nasi gudeg telur tahu.
  4. Nasi gudeg paha bawah.
  5. Nasi gudeg sayap.
  6. Nasi gudeg paha atas.
  7. Nasi gudeg dada.
  8. Nasi gudeg telur sayap.
  9. Nasi gudeg telur paha bawah
  10. Nasi gudeg ati ampela.
  11. Nasi gudeg telur ati.
  12. Nasi gudeg telur paha atas.
  13. Nasi gudeg telur dada.
  14. Nasi gudeg kepala.
  15. Nasi gudeg telur kepala.
  16. Nasi gudeg telur ayam suwir.

Kuliner Malam Gudeg Jogja
Paket nasi gudeg dos
Untuk paket besek terdapat 3 jenis paket, yaitu:
  1. Besek gudeg isi: 2 telur, 1 paha bawah, dan 1 ati ampela.
  2. Besek gudeg isi: 4 telur dan 1 dada.
  3. Besek gudeg isi: 4 telur, 1 dada, 1 kepala dan 1 sayap.

Untuk paket kendil, terdapat 5 paket yang bisa dipilih, antara lain:
  1. Kendil gudeg isi: 5 telur, 1 dada dan 1 paha atas.
  2. Kendil gudeg isi: 6 telur, ayam ½ ekor.
  3. Kendil gudeg isi: 10 telur dan ayam ½ ekor.
  4. Kendil gudeg isi: 5 telur dan ayam 1 ekor.
  5. Kendil gudeg isi: 10 telur dan ayam 1 ekor.
Terdapat perbedaan antara gudeg besek dengan gudeg kendil ini, yang berbeda sebenarnya hanya dari sisi isi dan kemasannya saja. Namun keunggulan memilih gudeg kendil ini, karena gudeg kendil ini dibuat dari tanah liat yang dibakar yang dibuat seperti kuali, dan bertujuan agar gudeg ini bisa tahan lama sampai dengan 5 hari tanpa dipanasi.

Kuliner Khas Jogja Malam Hari

Setelah menghabiskan waktu dengan menikmati tempat wisata, maka pada malam harinya anda bisa menikmati sajian kuliner khas Jogja pada malam hari. Dengan harga per porsi mulai Rp. 9.000, anda bisa menikmati lezatnya gudeg khas Jogja ini, bahkan untuk kemasan besek atau kendil bisa didapatkan mulai dari harga Rp. 45.000 sampai dengan Rp. 115.00. Dengan banyaknya pilihan menu gudeg, membuat kawan-kawan bisa memilih sesuai dengan selera, karena yang berbeda hanya di menu lauknya.

Dengan kenikmatan dan merupakan bagian dari kuliner khas Indonesia, sudah seharusnya kuliner gudeg dijaga untuk mempertahankan kekayaan kuliner gudeg ini.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel