TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “PEMPEK FARINA CITO”

Satu lagi kuliner enak, yang cocok dinikmati apalagi dinikmati sambil nongkrong, berkumpul dengan keluarga dan teman. Banyak sekali jenis kuliner yang menjadi andalan, dan saat ini banyak tempat makan enak di Surabaya yang mulai  berkembang dan menjadi referensi kuliner di Kota Surabaya. Bahkan salah satu jenis kuliner dari luar kota yang juga menjadi favorit warga Surabaya, juga disukai disini.

Kuliner ini memang menjadi icon salah satu kota di Palembang, namun saat ini di Surabaya juga berkembang kuliner Pempek yang dikembangkan oleh warga asli Surabaya.  Bahkan saat ini, “Pempek Farina”, banyak mengisi gerai dan tempat makan di mall-mall Surabaya. Salah satu mall yang terletak di Surabaya Selatan, dan memiliki gerai pempek adalah City of Tomorrow.

Tempat Makan Enak Di Cito Surabaya

Cito atau disebut juga dengan “City of Tomorrow”, mall ini berada di Jalan Ahmad Yani No 288 Surabaya, selain menjadi tempat rekreasi, juga menjadi tempat untuk menikmati kuliner. Tempat kuliner yang disediakan di mall ini lumayan lengkap. Banyak sekali pilihan tempat makan enak di mall ini, salah satu kuliner yang menarik perhatian saya adalah “Pempek Farina”. Pempek ini dijajakan dalam sebuah gerai dengan tampilan yang menarik di City of Tomorrow Mall, Jalan Ahmad Yani No. 228, Lantai 1, Blok FS 009 No. 33. Tempat kuliner ini buka mulai puikul 10.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.

TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “PEMPEK FARINA CITO”
Pempek Farina CITO Surabaya
Pada awalnya saya menyangka bahwa Pempek Farina ini berasal dari Palembang, ternyata tebakan saya salah, memang benar Pempek adalah makanan khas dari Palembang, namun Pempek Farina ini murni berasal dari Surabaya.

Asal Makanan Pempek.  

Pempek adalah makanan khas nikmat yang berasal dari Kota Palembang. Asal pempek ini sangat menarik untuk dibaca termasuk saya. Pada mulanya pempek ini muncul pada jaman Kesultanan Palembang, yang disebut juga dengan nama “Kelesan”. Mengapa sampai dinamakan juga dengan kelesan, hal ini dikarenakan makanan ini bisa dikeles atau memiliki sifat tahan lama. Sampai kemudian pada zaman kolonial, pempek yang menjadi makanan khusus ini dijual secara umum yang hanya bisa dibuat oleh masyarakat asli Palembang.

Baca Juga:
Bahkan menurut catatan, pada perkiraan tahun 1916, pempek ini dijajakan oleh para penjual keliling dari kampung ke kampung, terutama di kawasan Kraton. Berdasarkan buku “Sejarah dan Kebudayaan Palembang Rumah Adat Limas Plembang”, asal nama makanan Pempek ini berasal dari sebutan pembeli kepada penjual kelesan. Empek ini adalah sebutan bagi orang China yang membuat kelesan. Sehingga para pembeli yang membeli kelesan sering memanggilnya dengan “Pak, empek, kesini”. Dan pada akhirnya panggilan pempek lebih populer dan familiar dibanding nama makanan ”kelesan” ini.

Referensi Tempat Makan Enak Di Surabaya

Sebagai kuliner yang menjadi referensi makanan enak di Surabaya. Terdapat cerita panjang tentang perkembangan kuliner “Pempek Farina”, sebelum menjadi besar seperti saat ini. Di awali dengan sebuah gerobak kaki lima oleh Billy Firmansyah, yang memulai menjajakan pempek di pinggir jalan, yang tepatnya di Jalan Raya Tidar, Surabaya pada tahun 1994.  Pada tahun 2007, Pempek Farina mulai berjualan di mall-mall di Kota Surabaya. Dan pada tahun 2009, mulai memperluas pasar  dengan mengambil konsep resto di Ruko dan membuka cabang pertama kali di Jalan Nginden No. 86 Surabaya. Dan yang luar biasa pada tahun 2017 Pempek Farina membangun pabrik dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu.

Referensi Tempat Makan Enak Di Surabaya
Pempek Farina CITO Surabaya
Nama pempek Farina berasal dari ungkapan terimakasih dari Billy ini kepada ibunda tercinta yang telah susah payah meracik menu istimewa Pempek ini. Dan kini setelah waktu berjalan yang tepatnya dalam kurun lebih kurang 23 tahun, Pempek Farina menjadi bagian di industri kuliner Indonesia dengan cabang yang luar biasa dengan jumlah 20 cabang yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Makassar dan Bali. Dengan perjalanan bisnis kuliner yang sangat panjang, Pempek Farina juga mendapatkan penghargaan kuliner yang sangat luar biasa, salah satunya adalah “The Best Campaign Marketing Award – Indonesia Franchise Marketing Award (IFMA) 2017.

Kenikmatan Pempek Farina. 

Banyak sekali variasi pilihan pempek Farina yang ditawarkan mulai tekwan, pempek lenggang, pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek kulit, pempek tahu, pempek adaan, pempek kriting, otak-otak goreng dan penjualan paket. Semuanya menarik dan pempeknya pun enak. Biasanya saya hanya memilih pempek berdasarkan yang disajikan di gerai pempek Farina, namun tidak ada salahnya kalau saya menulis beberapa bagian pepek yang dijual di gerai Pempek Farina ini.

Kenikmatan Pempek Farina.
Gerai Pempek Farina CITO
Selain variasi makanan pempek juga ditawarkan beberapa paket yang mungkin menarik bagi kawan-kawan, yang mungkin bisa sebagai oleh-oleh di rumah.

Namun yang menarik bagi saya bukan hanya dari sisi kulinernya namun kisah perjalanan bisnis yang luar biasa, yang mungkin bisa menginspirasi kawan-kawan untuk masuk ke dunia bisnis.

ISTILAH PEMPEK:

  • Tekwan. Adalah sup khas dari Palembang yang terbuat dari perpaduan kaldu ikan dan udang, dengaN isi adonan yang terbuat dari ikan dan disajIkan dengan makanan pelengkap berupa mie suun, seledri, bawang goreng, jeruk nipis dan sambal.
  • Pempek Lenggang. Pempek ini merupakan perpaduan antara pempek lenjer yang dipotong kecil-kecil dan digoreng dengan telur.
  • Pempek Lenjer. Pempek ini dibuat dari adonan ikan tengiri, disajikan original, full ikan, tanpa isian yang dibentuk “lenjer” memanjang.
  • Pempek Kapal Selam. Pempek ini yang biasa dikenal dimasyarakat dan sangat digemari dan dibuat dari adonan ikan tengiri dengan kombinasi telur utuh di dalamnya.
  • Pempek Kulit. Adalah pempek dengan bahan dasar kombinasi kulit ikan dan daging ikan, sehingga memiliki rasa yang lebih kuat dan khas.
  • Pempek Tahu. Adalah pempek yang dibuat dari adonan ikan yang dikombinasikan dengan tahu.
  • Pempek Kriting. Adalah pempek yang dibuat dari adonan ikan tengiri, disajikan original tanpa isian yang dibentuk unik seperti mie.
  • Adaan, adalah pempek full ikan dengan campuran bumbu serta rempah yang lebih lengkap sehingga memiliki rasa yang lebih kuat. Dibentuk seperti bola, rasa pempek ini seperti baso ikan.
  • Otak-Otak Goreng, adalah pempek full ikan dengan rasa khas, lebih padat dan kenyal. Dan memiliki tekstur yang lembut.
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel