LIBURAN KE PROBOLINGGO: “ALUN-ALUN KOTA PROBOLINGGO”

Menikmati suasana Minggu pagi di Kota Probolinggo memang sangat menyenangkan, apalagi saat ini digalakkan program Car Free Day (CFD) di sekitar alun-alun Kota Probolinggo. Hal ini sengaja dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo untuk memberikan kesempatan kepada warganya untuk menikmati suasana pagi yang menyenangkan. Hal ini, juga membuat kami menikmati suasana liburan ke Probolinggo menjadi lebih menyenangkan.

Dengan adanya pilihan di Hari Minggu tersebut, menyebabkan kami memilih hari Minggu untuk menikmati suasana santai, yaitu di “Alun-alun Kota Probolinggo”. Letaknya yang berada di pusat Kota Probolinggo, tepatnya di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, menjadikan alun-alun ini menjadi pusat berkumpulnya masyarakat Kota Probolinggo untuk melakukan aktivitas pagi di Hari Minggu, mulai dari berjalan santai, lari pagi, sampai dengan menikmati pagi dengan berkuliner pagi atau bahkan hanya cuci mata saja.

LIBURAN KE PROBOLINGGO: “ALUN-ALUN KOTA PROBOLINGGO”
Car free day di Alun-alun Kota Probolinggo

Wisata Di Sekitar Probolinggo

Bisa dikatakan Alun-alun Kota Probolinggo ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, selain sebagai tempat berkumpulnya masyarakat untuk menikmati pagi dengan berjalan-jalan, alun-alun ini juga menjadi pusat kegiatan masyarakat, selain itu alun-alun ini juga dilengkapi dengan fasilitas toilet di sudut alun-alun serta adanya area parkir yang ada di sisi alun-alun.

Wisata Di Sekitar Probolinggo
Menikmati jajanan yang dijual oleh penjual dadakan di acara CFD
Yang menarik disini, alun-alun Kota Probolinggo ini juga memiliki cerita sejarah yang bisa dilihat disisi bagian dalam alun-alun yaitu dengan adanya tugu dan monumen yang berisi tentang cerita kemerdekaan.

Sebagai tempat hiburan rakyat di hari Minggu pagi, alun-alun ini selalu dipadati dengan masyarakat yang ingin menikmati wisata di sekitar Probolinggo dan menghirup udara pagi bersama keluarga. Dan kebetulan alun-alun ini juga menjadi wisata kuliner Minggu pagi, dan banyak pilihan kuliner yang dijual, tidak hanya makanan kecil, bahkan makanan berat pun dijual disini serta berbagai pilihan lain diluar kuliner, misalnya baju, jilbab dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Wisata Ke Gunung Bromo.

Untuk jam buka, sebenarnya tidak ada patokan yang pas tentang jam buka, namun Alun-alun Kota Probolinggo ini mulai ramai dipadati pengunjung mulai jam 6 pagi sampai jam 9 pagi. Otomatis para pedagangnya pasti datangnya dibawah jam 6, dan hampir disekeliling jalan alun-alun dipergunakan para pedagang dadakan untuk menjual dagangannya. Dan disinilah para pedagang kuliner khususnya on line muncul untuk memperkenalkan dagangannya. Otomatis hal ini juga menambah kekayaan kuliner di Kota Probolinggo selain adanya pedagang makanan off line (atau yang sudah memiliki tempat untuk berdagang).

Wisata Di Probolinggo Kota

Buat yang belum pernah jalan-jalan ke alun-alun ini pasti bingung, wajar banget, karena yang dijual pun beraneka ragam, bahkan satu jenis makanan pun yang menjual lebih dari satu, misalnya sosis jumbo ini, mulai dari ujung jalan masuk Jalan. A. Yani sampai dengan depan Stasiun pasti ada yang menjual. Itu baru satu jenis makanan kawan, belum lagi jenis kuliner lain.

Wisata Di Probolinggo Kota
Penjual kuliner di Acara CFD
Jadi kawan, saran dan tips saja sebelum datang menikmati pagi di alun-alun ini, hendaknya siapkan apa saja yang ingin dieksplore disini baik kuliner atau pun produk yang lain, karena barang yang dijual banyak banget dan terkadang jenis barang yang dijual sama. Apalagi yang ingin menikmati kuliner, wah banyak pilihan. Dan jangan lupa siapkan juga alat untuk mengabadikan momen-momen indah saat berkuliner disini. Dan yang paling penting siapkan juga uangnya untuk menikmati kuliner di Alun-alun Kota Probolinggo ini.

Wisata Di Probolinggo Kota
Menikmati suasana santai di Hari Minggu pagi
Selain memberikan kenyamanan untuk menikmati pagi, didalam alun-alun juga terdapat hiburan gratis buat anak-anak kita sekalian memberikan edukasi tentang perhatian kita pada dunia fauna, misalnya memberi makan burung merpati, selain itu kita pun bisa menikmati waktu sambil jalan santai didalam alun-alun, karena juga disediakan jooging track. Namun, biasanya pada hari Minggu pagi agak ramai, jadi kita hanya bisa jalan santai saja.

Jadi kawan, masih bingung dengan weekend, kunjungi saja Alun-alun Kota Probolinggo di Minggu pagi, kita bisa menikmati waktu dan berolahraga sambil menikmati kuliner dan sekalian menghibur diri dari kejenuhan.

SUMMARY REVIEW

  • Budget : tergantung pembelian untuk apa saja.
  • Parkir Kendaraan : ada
  • Wifi : tidak ada
  • Alamat : Alun-alun Kota Probolinggo, Kec. Mayangan, Probolinggo 
Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel