TEMPAT MAKAN ENAK DI BANGKALAN: NIKMATNYA BEBEK SONGKEM PAK SALIM

Menikmati sajian kuliner bebek merupakan suatu kenikmatan, apalagi sajian bebek dari daerah Surabaya dan sekitarnya. Mengapa sajian kuliner bebek dari Jawa Timur khususnya Surabaya dan sekitarnya sangat enak?. Hal ini dikarenakan daging bebeknya yang empuk dan bumbunya meresap sampai ke daging. Penyajian bebek saat ini pun tidak lagi hanya berupa sajian bebek goreng dan bebek bakar saja, namun juga berupa bebek kukus.

Kalau biasanya kita mengulkas tentang kenikmatan bebek goreng di daerah Surabaya, kali ini kita akan mengulas kenikmatan bebek dari daerah Madura. Terdapat beberapa tempat terkenal yang menyajikan bebek dari Madura yang sangat enak, apalagi kami pernah menikmati beberapa sajian kuliner bebek di beberapa tempat di Madura. Dan rasanya pas, dan daging bebeknya sangat gurih, apalagi sambal dari mangga mudanya yang khas. Kali ini yang akan kita bahas adalah “Bebek Songkem Pak Salim”,  bebek khas dari Pak Salim ini adalah bebek songkem khas dari Madura dan merupakan kekayaan kuliner asli dari Indonesia.

Tempat Makan Di Bangkalan Madura – “Bebek Songkem Pak Salim”

“Bebek Songkem – Pak Salim”, yang kami nikmati ini berada di Jalan Raya Ketengan No 85, Burneh, Bangkalan, Madura. Lokasinya sangat mudah, apabila melewati Jembatan Suramadu (Surabaya – Madura), dari arah Surabaya berada di seberang jalan disisi sebelah kanan.

TEMPAT MAKAN ENAK DI BANGKALAN: NIKMATNYA BEBEK SONGKEM  PAK SALIM
Bebek Songkem Pak Salim
Tujuan kami pada awalnya adalah menikmati salah satu kuliner bebek terkenal di Bangkalan. Namun karena penuh dan kami tidak mendapatkan tempat duduk maka kami mencari alternatif tempat makan bebek yang lain. Mungkin karena hari Minggu, banyak masyarakat yang jalan-jalan dan menikmati wisata kuliner sehingga semua tempat kuliner di Bangkalan ini penuh, akhirnya kami penasaran dengan sebuah tempat makan bebek songkem ini. Sama dengan warung bebek lainnya, pada saat kami sampai di Bebek Songkem - Pak salim sudah sangat penuh dan banyak antrian yang antri di kasir untuk memesan makanan.

Tempat Makan Di Bangkalan Madura – “Bebek Songkem Pak Salim”
Satu porsi bebek songkem
Sebenarnya tempat makan di Jalan Raya Ketengan adalah mitra dari Bebek Songkem Pak Salim. Terdapat 3 (tiga) tempat utama Bebek Songkem Pak Salim yang berada ditempat asalnya di Sampang, Madura, yaitu:
  1. Depot 1, di Jalan Trunojoyo 9A Sampang (100 meter Sebelah Selatan Monumen Sampang).
  2. Depot 2, di Jalan Raya Taddan Camplong Sampang (750 meter sebelah timur KODIM Sampang).
  3. Depot 3, di Jalan Agus Salim No. 34 di depan Hotel Rahmat Sampang.

Selain depot atau tempat makan utama di Sampang, juga dibuka Mitra dari Bebek Pak Salim ini yang merupakan cabang dari Bebek Songkem Pak Salim, antara lain:
  1. BANGKALAN BURNEH, di Jalan Raya Ketengan, yang buka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 21.00.
  2. SURABAYA BARAT, di Jalan Kupang Jaya 143/1A.
  3. JAKARTA SELATAN, di Jalan KH. Syafi’i Kebayoran lama.
  4. BALI DENPASAR, di Jalan Tukad Yeh Aye Renon No. 49C.
  5. BATAM, di Kampung Tua Tanjung Piayu Laut.
  6. SIDOARJO JUANDA, di Bundaran Gerbang T2, Bandara Internasional Juanda.
  7. KOTA KEDIRI, di Jalan Letjen S. Parman No. 60.
  8. BALIKPAPAN, di Jalan MT. Haryono No. 68.  

Tentang Bebek Songkem di Madura 

Kuliner memang menjadi hal yang menarik, begitu juga untuk mengetahui asal dari munculnya kuliner tersebut. Sebenarnya asal bebek songkem bukan berasal dari Bangkalan, namun berasal dari satu desa di Kabupaten Sampang, yang merupakan kampung “Bebek Songkem”. Songkem memiliki arti “Sungkem”, yang sering dikaitkan dengan sungkem atau menghormati dengan cara menunduk dan tangan ditangkupkan didada kepada orang-orang yang dihormati, karena masakan ini khusus diberikan kepada Kyai atau orang yang sudah sangat dihormati dan bebek yang diserahkan kepada Pemimpin Agama dan Guru Agama Islam tersebut dibuat dalam keadaan Nyongkem, misalnya orang tua, kyai dan para tokoh. Di Madura, setiap pedesaan pasti memiliki Kyai, dan Gus Dur menyebutnya dengan Kyai. Pemimpin agama tersebut dengan sukarela mengajar ilmu Agama Islam pada anak-anak didesa tanpa mengharapkan untuk digaji. Sebagai bentuk tanda terima kasih, para wali murid kepada Pemimpin Agama tersebut maka pada hari-hari tertentu para wali murid membawakan oleh-oleh spesial berupa bebek atau ayam.

Tentang Bebek Songkem di Madura
Bebek Songkem
Tidak seperti sajian kuliner bebek lainnya, bebek songkem ini dimasak dengan cara dikukus sehingga daging bebek yang dikukus ini rendah akan kolesterol. Dan bumbu yang digunakan pun adalah bumbu alami dan merupakan resep rahasia yang dibuat sendiri oleh Pak Salim.

Bagaimana cara memasak bebek songkem ini? Bebek tersebut dimasak dengan cara dikukus tanpa menggunakan air selama lebih kurang 3 (tiga) jam dengan posisi leher dan kepala bebek ditekuk menunduk seperti orang yang sedang sungkem. Sebagai ganti dari air dipakai batang pohon pisang. Bebek tersebut dimasak dengan dilumuri bumbu alami agar menghasilkan bumbu yang meresap merata, sehingga daging bebeknya empuk secara keseluruhan. Rasa pedasnya menjadikan sensasi tersendiri dalam menikmati Bebek Songkem Pak Salim ini.

Rumah Makan Di Bangkalan Madura – Lezatnya Bebek Songkem Pak Salim

Bagaimana Menikmati Bebek Songkem Pak Salim?. Kuliner bebek songkem ini merupakan menu dan kuliner yang muncul sebagai alternatif, selain bebek goreng. Yang menarik Bebek Songkem Pak Salim ini pernah menjuarai Festival Kuliner Se-Madura dan menjadi Juara Pertama. Terlepas pernah menjadi juara 1, namun tulisan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kuliner dari luar Kota Bangkalan.

Rumah Makan Di Bangkalan Madura – Lezatnya Bebek Songkem Pak Salim
Juara 1 Festival Kuliner Se-Madura
Untuk bisa menikmati bebek songkem ini, penikmat kuliner ini harus terlebih dahulu antri  dikasir untuk memesan dan membayar makanan yang dipesan, baru kemudian pesanan akan diantarkan sesuai pesanan dan nomor meja.

Rumah Makan Di Bangkalan Madura – Lezatnya Bebek Songkem Pak Salim
Pesan bebek songkem
Pilihan Makanan di Bebek Songkem Pak Salim. Terdapat beberapa sajian makanan yang bisa dinikmati kuliners sekalian, diantaranya nasi bebek songkem kukus, nasi bebek songkem goreng, bebek songkem kukus atau goreng untuk 1 ekor, nasi ayam songkem kukus, nasi ayam songkem goreng dan ayam songkem kukus atau goreng untuk 1 ekor.

Rumah Makan Di Bangkalan Madura – Lezatnya Bebek Songkem Pak Salim
Aneka pilihan bebek songkem
Kalau melihat sajian bebek ini memang sungguh menarik, rasanya memang berbeda dengan bebek kebanyakan, mungkin bisa saja yang membedakan karena bebek yang kami pesan bebek songkem kukus. Tapi lumayan bisa mengobati rasa penasaran akan kuliner bebek songkem ini.

Selain makanan bebek tersebut, terdapat menu kudapan yang bisa digunakan sebagai menu penutup. Makanan tersebut bisa disebut sebagai jajanan khas Madura yaitu “Sarkoyo” yang diproduksi sendiri oleh Bebek Songkem Pak Salim Bangkalan.

Rumah Makan Di Bangkalan Madura – Lezatnya Bebek Songkem Pak Salim
Sarkoyo khas Pak Salim
Nah... itu dia sekelumit perjalanan kuliner kami di Kota Bangkalan. Dan tunggu ulasan menarik kuliner dan traveling dari kami untuk perjalanan kuliner kami selanjutnya. Salam.
Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel