KULINER PASURUAN: “AYAM BAKAR WONG SOLO”

Melakukan perjalanan jauh apalagi, naik kendaraan darat apakah mobil pribadi atau pun kendaaran umum, pastinya melelahkan. Apabila anda sedang melakukan perjalanan menuju Bali atau ingin menikmati wisata pegunungan khususnya di Bromo, pastinya anda sempat merasakan lelah atau perut lapar, sehingga dibutuhkan makanan untuk mengisi perut agar stamina tetap terjaga. Salah satu kota yang sering dilewati adalah Kota Pasuruan – Kota Probolinggo. Begitu banyak kuliner Pasuruan yang perlu anda coba saat lewat di kota ini.

Begitu juga kami, saat menuju ke Daerah Probolinggo, otomatis kami melewati jalan di sisi pantai utara Jawa Timur ini. Banyak sekali tempat kuliner yang bisa kita temukan untuk sekedar mengisi perut. Salah satu tempat kuliner yang menarik perhatian kami adalah salah satu tempat makan dari Solo, yaitu “Ayam Bakar Wong Solo”.

KULINER PASURUAN: “AYAM BAKAR WONG SOLO”
Ayam Bakar Wong Solo

Kuliner Pasuruan Probolinggo

Kebetulan memang, setelah menikmati perjalanan, kami singgah di “Ayam Bakar Wong Solo”, sebuah tempat kuliner di Pasuruan yang berada di Jalan Raya Sedarum, Nguling Pasuruan, searah menuju Kota Probolinggo. Restoran ini buka mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 22.00. Namun kali ini saya tidak membicarakan tentang sejarah dan manajemen dari Ayam Bakar Wong Solo ini, namun lebih membicarakan tentang kenikmatan berkuliner dan konsep minimalis pada tempat makan ini.

Kuliner Pasuruan Probolinggo
Ayam Bakar Wong Solo - Sedarum Pasurun
Ada satu hal yang menarik perhatian saya, begitu masuk di halaman parkir Ayam Bakar Wong Solo ini, tepat sekali ide dari pemilik ayam bakar ini untuk memberikan parkir yang luas dan lapang. Dan satu lagi untuk konsep bangunan memang berbeda dibanding Ayam Bakar Wong Solo model lama, kalau sekarang, apalagi yang ada di Sedarum Nguling ini, bangunannya dikonsep minimalis modern, sehingga lebih menarik lagi. Terdapat  dua lantai, lantai bawah digunakan untuk makan di meja dan lebih lapang serta dilantai bawah juga merupakan tempat operasional untuk tempat makan ini, mulai dari memasak sampai dengan tempat pembayaran (kasir). Namun di lantai atas lebih dibuat dengan konsep lesehan.

Baca Juga: Sego Sambelan Pasuruan.

Kuliner Pasuruan Probolinggo
Papan Petunjuk Menuju Ayam Bakar Wong Solo

Wisata Kuliner Pasuruan

Karena sekarang memang jam makan siang, maka kami sekeluarga meminta daftar menu untuk makan siang. Agar kami bisa segera memilih makanan dan minuman. Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari ayam bakar atau goreng, ayam penyet, bebek goreng, menu yang berbau ikan, bahkan disini juga disediakan lele baik penyet atau pun goreng dan tidak lupa disini juga disediakan ayam goreng lombok ijo lho. Selain lauk tadi juga ada sayuran dan berbagai macam makanan tambahan, misalnya cah kangkung, oseng tempe lombok ijo, tahu atau tempe goreng, bahkan tahu atau tempe penyet juga disediakan. Pokoknya berbagai macam makanan pilihan bisa diplih sebagai teman makan pengisi perut yang sedang lapar.

Wisata Kuliner Pasuruan
Nasi dan lalapan
Akhirnya, saya pun memilih makanan yang khas di Ayam Bakar Wong Solo ini, “Ayam Bakar” dan tidak lupa nasi putih. Saya meminta bagian dada ayam, karena memang favorit, rasanya yang enak dan harga yang terjangkau, paket lengkapnya membuat kita berselera untuk menghabiskan makanan yang telah tersaji.

Wisata Kuliner Pasuruan
Ayam Bakar
Kalau dilihat sajian per porsi, terdiri atas ayam bakar, nasi putih dan sebagai pelengkap juga ditambahkan oseng tempe dan tahu tepung, lengkap banget, dalam satu porsi ayam bakar di wong solo ini.

Untuk minuman, saya mencoba minuman yang lain, kalau biasanya saya setelah makan hanya memesan es teh, maka di ayam bakar wong solo ini, saya memesan cincau hitam, rasanya segar, sangat terasa kenikmatan cincaunya.

Wisata Kuliner Pasuruan
Es cincau hitam
Kenikmatan kuliner enak Pasuruan di ayam bakar wong solo ini memang berbeda dibandingkan tempat kuliner lain, selain rasanya yang nikmat juga ditunjang tempatnya yang nyaman, dengan tempat yang luas, perkiraan saya, pada satu sesi misalnya dengan rombongan bisa menampung hingga 30 sampai 40 orang. Cocok juga untuk berkuliner bersama keluarga dan teman.

CULLINARY SUMMARY 
  • Budget Aman: Rp. 25.000 – Rp. 40.000 per orang.
  • Tempat Parkir : Tersedia
  • Wi-Fi: Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat : Jalan Raya Sedarum, Nguling, Pasuruan, Jawa Timur.
  • Jam buka:  Pukul 08.30 sampai dengan 22.00 WIB
  • Contact Person : 0343 - 4506175

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel