KULINER PASURUAN: “SEGO SAMBELAN”

Sebagai salah satu kota yang memiliki kuliner enak dengan bahan dasar daging, tentunya banyak tempat kuliner menarik yang bisa dikunjungi di kota ini. Bahkan bisa dikatakan banyak tempat legendaris disini. Dengan model kuno, namun tetap memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Kota Pasuruan, dengan kuliner Pasuruan yang dimiliknya, menjadi nilai tambah atas kota ini, Pasuruan, adalah sebuah kota di timur Sidoarjo dan Surabaya, memang selalu menjadi pilihan beristirahat bagi traveller untuk menikmati waktu sementara sebelum menikmati wisata alam di Bromo dan Kota Malang.

Meskipun terdapat banyak ragam kuliner baru yang datang, apalagi banyaknya tempat makan siap saji, namun kuliner ini masih selalu disuka dan dicari para pecinta kuliner. Sebut saja, “Sego Sambelan Pasuruan”. Terdapat karakteristik tersendiri saat anda menikmati kuliner yang berbeda dengan kuliner di kota lain.

Tempat Kuliner Di Pasuruan

Kebetulan sego sambelan khas Pasuruan yang saya coba berada di daerah dekat Stasiun Pasuruan. Terdapat dua warung yang legendaris dan sudah buka sejak sekitar puluhan tahun yang lalu. Ciri utama sego sambelan Pasuruan ini adalah sate komohnya (sate daging sapi) yang lumayan besar, namun bisa juga anda meminta tambahan lauk misalnya empal daging, paru sapi goreng, otak atau pun hati sapi, ayam goreng, lauk jeroan usus sapi, dan babat sapi. Yang luar biasa lagi, didalam sego sambelan khas Pasuruan ini adalah lauknya yang serasa makan lauk dengan ukuran jumbo.

KULINER PASURUAN: “SEGO SAMBELAN”
Sego sambelan khas Pasuruan
Dalam satu porsi sego sambelan, setiap warung atau tempat makan sego sambelan memiliki ciri khas yang berbeda dalam penyajiannya. Ada yang ditambah dengan oseng buncis wortel, serundeng kelapa, campuran bumbu kuning, sambal terasi dan kecambah. Ada juga yang ditambah dengan mendol (sejenis olahan tempe yang digoreng).
Baca Juga: Angkringan Cak Kasan | Probolinggo

Kuliner Di Pasuruan

Menurut saya, setelah mencoba sego sambelan di Kota Pasuruan ini, yang menjadi utama dan ciri khas adalah sambalnya. Terkadang disediakan juga sambal tradisonal yang diolah dengan cara diuleg dan ditambahkan juga kacang panjang mentah sebagai tambahannya. Selain itu ciri khas lainnya adalah sate komohnya yang lezat dan empuk. Sate komoh adalah sate berbahan adasar daging sapi, yang distusuk kermudian dipanggang. Yang membedakan yaitu ciri khasnya dengan potongan daging yang telah diolah dan dibumbui dengan ukuran yang sangat besar, bisa dikatakan seperti sate buntel. Ukurannya pun bisa mencapai 6 sampai 8 kali dari potonmghan sate yang biasa kita konsumsi.

Kuliner Di Pasuruan
Sego sambelan khas Pasuruan
Lebih enak dan mantap apabila disajikan dengan nasi yang masih hangat, yang akan membuat perut kita keroncongan dan menambah porsi lagi. Dengan kenikmatan sego sambelan ini menjadikan daya tarik utama dalam menikmati Kuliner Khas Pasuruan ini, keunikan sego sambelan telah menjadikannya icon dalam berkuliner sego sambelan khas Pasuruan.

Anda sedang menuju ke wilayah timur, ke Bali atau ingin berwisata ke Kota Probolinggo atau Kota Jember, sambil mampir ke Kota Pasuruan, anda bisa mampir menikmati “Sego Sambelan Khas Pasuruan” ini.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel