Sejarah Singkat “Universitas Negeri Yogyakarta”

Tertarik melanjutkan pendidikan di Yogyakarta dan bercita-cita menjadi tenaga pendidik? “Universitas Negeri Yogyakarta” jawabanya. Universitas Negeri Yogyakarta atau yang sering disebut dengan UNY adalah salah satu kampus favorit di Yogyakarta. Terdapat banyak alasan mengapa memilih perguruan tinggi ini, seperti UNY memiliki banyak pengajar profesional, memiliki banyak pilihan program studi, kebanyakan program studi yang ada sudah terakreditasi A, UNY merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, fasilitasnya memadai dan lengkap, dan masih banyak alasan lainnya. Selain alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Negeri Yogyakarta” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Negeri Yogyakarta”

  • Singkatan/sebutan: UNY.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Kampus Uiversitas Negeri Yogyakarta, Karang Malang, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55281.
  • Telepon: 0274 - 550835-6, 586168 ext. 229, 285.
  • Website: https://www.uny.ac.id

Sejarah “Universitas Negeri Yogyakarta”

Sejarah Singkat “Universitas Negeri Yogyakarta”
Universitas Negeri Yogyakarta (Foto: uny.ac.id)

Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Sejarah UNY tidak bisa lepas dari perkembangan IKIP Yogyakarta, dan Universitas Gajah Mada (UGM). Berdasarkan PP No. 37/1950, pada tanggal 23 Januari 1951. Dalam perkembangan UGM, terdapat beberapa fakultas yang menjadi cikal bakal lahirnya IKIP Yogyakarta, seperti Fakultas Pendidik (FP), Fakultas Pendidikan Jasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Berdasarkan SK Menteri PDK  92, 1962 berdiri Institut Pendidikan Guru (IPG). Sementara itu IPG dan FKIP adalah bidang pendidikan. Dari sini keluarlah Keputusan Presiden RI No. 1, Tahun 1963 pada tanggal 3 Januari 1963 yang memutuskan penyatuan FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Pelaksanaan Keppres ini menetapkan berdirinya IKIP Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakrta, dan IKIP Malang yang secara resmi berdiri pada tanggal 1 Mei 1963.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Islam Indonesia”.

Pada perkembangannya, IKIP Yogyakarta pada tahun 1982 menyelenggarakan enam fakultas, yaitu Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa dan Seni, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Dua tahun kemudian lembaga ini menyelenggarakan 30 jurusan dengan 36 program studi, dan pada tahun 1996 berkembang menjadi 37 program studi.

Pada tahun 1990 muncul wacana untuk melakukan pengembangan IKIP Yogyakarta menjadi sebuah universitas. Terdapat beberapa hal yang mendukung gagasan tersebut, yaitu alumnusnya banyak yang diterima tidak hanya bekerja dan diterima dalam dunia pendidikan, dan banyak juga yang bekerja di bidang non kependidikan.

Pada tahun 1996 wacana dan gagasan tersebut dapat direalisasikan, bahkan keluar Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud, pada tanggal 20 Juni 1996 yang menetapkan IKIP Yogyakarta dan juga 3 IKIP lainnya (IKIP Medan, IKIP Padang dan IKIP Malang) diberikan perluasan tugas ke arah perubahan kelembagaan menjadi universitas.

Tahap yang dikerjakan, yaitu pada tahun 1997 dibuka 12 program studi non kependidikan jenjang S1 dan D3, pada tiga fakultas, yaitu FPBS, FPMIPA, dan FPTK. Pada tahun akademik 1999/2000 dibuka dua program studi  di FPIPS dan satu di FPOK.

Pada tanggal 14 Agustus 1999, Universitas Negeri Yogyakarta sudah menjadi lembaga tinggi negeri yang berkedudukan di Yogyakarta yang menyelenggarakan enam fakultas, yaitu FMIPA, FT, FIP, FBS, FIS dan FIK.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Negeri Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Negeri Yogyakarta”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Negeri Yogyakarta”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel