Sejarah Singkat “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”

Yogyakarta… Kota ini memang luar biasa, begitu banyak yang bisa dibicarakan tentang kota ini, mulai dari kuliner, taveling, keindahan wisata, budaya, hingga pendidikan. Dan berbeda dengan tulisan sebelumnya, kali ini yang dibahas adalah tentang “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”. Terdapat banyak alasan mengapa memilih perguruan tinggi ini sebagai tujuan tempat kuliah, seperti berada di lokasi yang strategis, sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, memiliki berbagai program studi pilihan,  dan masih banyak alasan lainnya mengapa harus memilih perguruan tinggi ini. Selain alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Atma Jaya Yogyakarta” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”

  • Singkatan/sebutan: UAJY.
  • Status: Swasta.
  • Alamat:

    • Kampus I: Jalan Mrican Baru 28, Yogyakarta.
    • Kampus II: Jalan Babarsari 44,Yogyakarta 55281.
    • Kampus III: Jalan Babarsari 43, Yogyakarta 55281.
  • Telepon:

    • Kampus I : 0274 - 561031, 514319.
    • Kampus II dan III: 0274 - 48771, 565411, 580527.
  • Website: https://www.uajy.ac.id
  • Dies natalis: 27 September.

Sejarah “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”

  • Didirikan: 27 September 1965.
  • Pendiri: Drs. A.J. Liem Sioe Siet (dari Ikatan Sarjana Katolik Indonesia).
  • Pengelola: Yayasan.

Sejarah Singkat “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Foto: indonesia-kampus.blogspot.com)
Pendirian Universitas Atma Jaya Yogyakarta digagas pertama kali oleh Drs. A.J. Liem Sioe Siet, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Ikatan Sarjana Katolik (ISKAT) Cabang Yogyakarta.

Pada tanggal 1 November 1964, ISKAT Cabang Yogyakarta membentuk Panitia Kecil, yang disebut sebagai Pendiri Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang diketuai oleh Prof. R.A. Soehardi, SH dan dengan Sekretaris Drs. A.J. Liem Sioe Siet, dengan anggotanya A. Sutijoso, SH., Prof. Drs. Oey Liang Lee, dan Dr. Leo Soekoto, SJ. Dan pada tanggal 13 Mei 1965 ”Lima Serangkai” tersebut kemudian membentuk Yayasan Universitas Katolik Atma Jaya Cabang Yogyakarta, yang saat itu menjadi ‘Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta’.

Baca juga: Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”.

Pada tanggal 27 September 1965, setelah didahului dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Romo Dr. Leo Soekoto, SJ di Gereja Santo Antonius, Kotabaru, di bawah lindungan Santo Alberto Magnus, lahirlah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Cabang Yogyakarta, yang diresmikan dalam sebuah upacara di Gedung Bank Negara Indonesia Unit V (sekarang Bank Tabungan Negara) Jalan Jenderal Sudirman No. 43 Yogyakarta.

Sejak tanggal 31 Agustus 1973, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Cabang Yogyakarta melepaskan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di Jakarta, dan berdiri sendiri dengan nama “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”.

Selain program Pascasarjana reguler, diselenggarakan pula S2 Double Degree, untuk program studi: MM - MTF atau sebaliknya M.Hum - MTF, M.Hum - MM, MTS - MM.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Atma Jaya Yogyakarta”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel