Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Yogyakarta? Dan juga tertarik belajar ilmu ekonomi dan manajemen, tetapi hanya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi swasta? Tenang masih ada perguruan tinggi yang bisa menjadi tujuan, yaitu “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”. Terdapat banyak alasan mengapa memilih perguruan tinggi ini sebagai tujuan tempat kuliah, seperti perguruan tinggi ini memiliki kualitas yang bagus baik dari fasilitas maupun staf pengajarnya, memiliki fasilitas yang lengkap, dan masih banyak alasan lainnya mengapa harus memilih perguruan tinggi ini. Selain alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”

  • Singkatan/sebutan: STIE YKPN.
  • Status: Swasta.
  • Alamat: Jalan Seturan, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55281 atau PO Box. 1014, Yogyakafta 55010.
  • Telepon: 0274 - 486160; 486321.
  • Website: https://www.stieykpn.ac.id
  • Dies Natalis: 12 September.

Sejarah “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”

  • Didirikan: 12 September 1980 (STIE YKPN), dan pada 23 Juni 2000 (Program Pascasarjana).
  • Pendiri: BPH STIE YKPN.
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN (Foto: kelaskaryawan.net)

Lembaga pendidikan ini tidak lepas dari kiprah Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (YKPN). Lembaga pertamanya, tahun 1976, dikenal dengan nama AMP YKPN yang didrikan oleh pakar manajemen di Yogyakarta. Sedangkan kuliah dilaksanakan di Balai Rukun Kampung Surokarsan, di perkampungan kawasan Kodya Yogyakarta hingga selama satu tahun.

Baru pada tahun 1977, bersamaan dengan diperolehnya status Terdaftar, kegiatan perkuliahan pindah ke Kampus Balapan, di Jalan Langensari 45, yang menjadi pusat pendidikan YKPN,

Yayasan YKPN menyelenggarakan tiga lembaga pendidikan, yaitu Akademi Akuntansi (AA), Akademi Teknik, dan Akademi Manajemen Perusahaan (AMP).

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Seni Indonesia Yogyakarta”.

Pada tahun 1987, AMP YKPN menyelenggarakan program Diploma 3, dengan status diakui. Sedangkan pada tahun 1989, YKPN membuka program S1 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM YKPN), yang kemudian diintegrasi ke STIE YKPN yang kini menjadi Jurusan Manajemen STIE YKPN.

Pada tahun 1991, AMP YKPN memperoleh status Disamakan. Pada tahun 1992, dibangun Kampus Terpadu, dengan luas lahan 20.000 m2, di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7, di sebelah utara Monumen Yogya Kembali.

Kegiatan perkuliahan pun secara berangsur-angsur pindah ke Kampus Terpadu, dan pada akhirnya dilaksanakan acara “bedhol kampus” pada tanggal 16 Januari 1996 yang ditandai dengan peresmian Kampus Terpadu oleh Pelindung Yayasan, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Pada tahun 2002 AMP YKPN mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Dalam perkembangan selanjutnya STIE YKPN, sejak tanggal 23 Juni 2000, juga menyelenggarakan program pascasarjana jenjang Magister (S2) pada Fakultas Ekomomi dengan bidang kajian Akuntansi dan Manajemen.

Itu dia, sejarah singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel