Sejarah Singkat “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”

Bali saat ini tidak hanya menjadi tempat wiata menarik, namun di balik keindahan alamnya, ternyata Bali memiliki perguruan tinggi negeri yang bisa menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan setelah Anda menamatkan pendidikan tingkat menengah atas. Dan tidak tanggung-tanggung perguruan tinggi negeri ini tidak hanya menyediakan jurusan pendidikan, tetapi juga menyediakan berbagai macam jurusan non pendidikan. “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”, menjadi salah satu universitas pendidikan terbesar di Bali. Terdapat banyak alasan mengapa perguruan tinggi negeri ini menjadi favorit calon mahasisswa di Bali, seperti perguruan tinggi ini adalah universitas pendidikan terbaik di Bali, kesempatan belajar dan berorganisasi di lingkugan yang kondusif dan masih banyak alasan lainnya. Selain berbagai alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”

  • Singkatan/sebutan: IKIP Negeri Singaraja
  • Status : Negeri
  • Alamat:

    • Kampus Pusat (Rektorat): Jalan Jenderal Achmad Yani Nomor 67, Singaraja, Bali 81116
    • Kampus Tengah: Jalan Udayana, Singaraja 81116, Bali
    • Kampus Atas: Jalan Pahlawan Nomor 1, Singaraja 81116, Bali 
  • Telepon:

    • Kampus Pusat (Rektorat): (0362) 22570, 23458-9
    • Kampus Tengah: (0362) 24585.
    • Kampus Atas: (0362) 22484
  • Dies Natalis: 5 Februari.

Sejarah “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”

  • Didirikan: Tahun 1955
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Sejarah Singkat “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja (Foto: kompaspedia.kompas.id)

IKIP Negeri Singaraja dimulai dari Kursus B-I Bahasa Indonesia pada tahun 1955, dan Kursus B-I Perniagaan pada tahun 1957. Pada tahun 1962, dua lembaga kursus ini dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) di bawah bimbingan Universitas Airlangga, Surabaya.

Namun sejak didirikannya Universitas Udayana pada bulan Agustus 1962, FKIP Cabang Universitas Airlanga ini diintegrasikan ke Universitas Udayana. 

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Udayana”.

Selanjutnya, pada tahun 1963 FKIP Universitas Udayana dilepas dan diintegrasikan pada IKIP Malang, menjadi IKIP Malang Cabang Singaraja. 

Pada tahun 1968, IKIP Malang Cabang Singaraja digabung ke Universitas Udayana, menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Fakultas llmu Pendidikan. Setelah 15 tahun, dilebur menjadi FKIP Udayana dan pada tahun 1993 berdiri sendiri menjadi STKIP Negeri Singaraja. 

Ditetapkan menjadi IKIP Negeri Singaraja pada tanggal 5 Februari 2001. Selain menyelenggarakan jenjang pendidikan diploma (D2 dan D3) dan sarjana (S1), IKIP Negeri Singaraja juga membuka progam pascasarjana untukjenjang magister (S2) - program studi Pendidikan Bahasa, Manajemen Pendidikan, dan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 

Itu dia, sejarah singkat “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel