Sejarah Singkat “Universitas Diponegoro”

Satu lagi perguruan tinggi favorit di Jawa Tenagh yang juga menjadi favorit mereka yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri. Universitas Diponegoro atau yang disingkat dengan “Undip” adalah salah satu perguruan terbaik di Indonesia dengan berbagai keunggulannya. Terdapat banyak alasan mengapa harus memilih perguruan tinggi negeri ini, seperti Undip merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, fasilitas yang lengkap dan sangat menunjang pembelajaran, jurusan yang ada juga sangat lengkap,  dan masih banyak alasan lainnya. Selain beberapa alasan tersebut, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Diponegoro” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Diponegoro”

  • Singkatan/sebutan: Undip.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Jalan Imam Bardjo, S.H. Nomor 3, Semarang 50241, Jawa Tengah.
  • Telepon: (024) 318858, 318694.
  • Website: https://www.undip.ac.id

Sejarah “Universitas Diponegoro”

Sejarah Singkat “Universitas Diponegoro”
Universitas Diponegoro (Foto: youniversity.id)

Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Perintisan pendirian Undip pada pertengahan tahun 1956 oleh Yayasan Universitas Semarang.  Universitas ini secara resmi dibuka pada tanggal 9 Januari 1957. Pada upacara Dies Natalis 9 Januari 1960 namanya diganti menjadi Universitas Diponegoro (Undip). 

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Udayana”.

Berdasarkan PP No.7 tahun 1961, mulai tanggal 15 Oktober 1960 Undip dinyatakan sebagai universitas negeri, ditandai dengan Surya Sangkakala “Wiyata Mangreksa Gapuraning Nagara” yang bermakna Undip melaksanakan pendidikan tinggi demi menjaga citra bangsa.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Diponegoro”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Diponegoro”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Diponegoro”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel