Sejarah Singkat “Universitas Negeri Padang”

Padang? Siapa yang mengira kalau di Kota Padang terdapat kampus yang fokus untuk Anda yang ingin bergerak dalam dunia pendidikan. “Universitas Negeri Padang” menjadi salah satu kampus yang juga memiliki kualitas pendidikan yang tidak bisa diremehkan. Banyak alasan mengapa harus memilih Universitas Negeri Padang ini, seperti sudah terakreditasi A, terdapat banyak juruan non pendidikan, biaya kuliahnya sangat terjangkau dan banyak alasan lainnya. Selain berbagai alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Negeri Padang” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Negeri Padang”

  • Singkatan/sebutan: UNP.
  • Status: Negeri
  • Alamat: Kampus UNP Air Tawar, Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang 25131, Sumatera Barat
  • Telepon: (0751) 51147, 51260
  • Website: https//www.unp.ac.id

Sejarah “Universitas Negeri Padang”

Sejarah Singkat “Universitas Negeri Padang”
Universitas Negeri Padang (Foto: commons.wikimedia.org)

  • Didirikan: 1 September 1954.
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi

Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi universitas pada tahun 1999. Sebelumnya lembaga ini bernama “IKIP”. Sebagai universitas UNP tidak hanya meluluskan guru, juga para profesional yang keahliannya dibutuhkan masyarakat. 

UNP mengelola enam fakultas - Dengan Keputusan Mendikbud tanggal 14 Maret 1983ditetapkan nama-nama fakultas dalam IKIP secara nasional, yakni Fakultas llmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika dan llmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan llmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Olah Raga Kesehatan (FPOK), dan Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK).

Baca juga: Sejarah Singkat “Jenjang S2 di Universitas Andalas”.

Program Pascasarjana dimulai padatahun 1994 dan telah berdiri sendiri dalam pengelolaan Akademiknya. Jenjang pendidikan (S2) atau Magister UNP terdiri dari Program Pascasarjana (PPs) dan Program Magister Manajemen. 

Program Pascasarjana memiliki lima program studi, yaitu: Administrasi Pendidikan, Pendidikan IPS, Pendidikan Bahasa, Teknologi Pendidikan, serta Bimbingan dan Konseling. 

Tiga konsentrasi yang ada di Pascasarjana, yaitu Manajemen Pendidikan Lingkungan, Pendidikan Kejuruan, dan Pendidikan Olahraga. 

Program Magister Manajemen dengan tiga konsentrasi, yaitu Manajemen Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pemasaran.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Negeri Padang”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Negeri Padang”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Negeri Padang”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel