Sejarah Singkat “Universitas Mataram”

Ada banyak alasan mengapa memilih Universitas Mataram sebagai perguruan tinggi pilihan. Untuk Anda yang tinggal di Mataram, kini sudah tidak perlu pusing harus pergi merantau jauh untuk melanjutkan pendidikan, karena di Mataram sendiri sudah terdapat kampus terbaik di pusat kota Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya itu, Universitas Mataram yang juga disingkat dengan Unram ini juga memiliki banyak jurusan yang bisa dipilih, ditambah lagi dengan Unram adalah kampus produktif yang menghasilkan riset internasional, dan masih banyak alasan mengapa harus memilih Unram. Selain berbagai alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Mataram” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Mataram”

  • Singkatan/sebutan: Unram.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Jalan Majapahit 62, Mataram 83125, Lombok, Nusa Tenggara Barat
  • Telepon: (0370) 31166, 33007.

Sejarah “Universitas Mataram”

Sejarah Singkat “Universitas Mataram”
Universitas Mataram (Foto: its.ac.id)

Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Universitas Mataram didirikan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor. 139/1962 tanggal 3 Nopember 1962 dan merupakan satu-satunya universitas negeri di Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada tanggal 19 Desember 1963 Yayasan Pendidikan Sangkareang menyerahkan Fakultas Ekonomi kepada Gubernur Kdh Tingkat I NTB untuk selanjutnya diresmikan oleh Menteri PTIP Tojib Hadiwidjaja menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Negeri Makassar”.

Jadi pada saat itu Universitas Mataram baru memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi. Pimpinan Universitas Mataram yang pertama pun masih berbentuk presidium.

Kemudian berturut-turut membuka fakultas-fakultas, seperti Pertanian, Peternakan, dan Hukum (1967), Keguruan dan llmu Pendidikan (1982), Teknik (1993). 

Pada tahun 2002, Unram membuka program studi Biologi yang disusul Pendidikan Dokter pada tahun 2003. Dua program studi itu merupakan embrio Fakultas MIPA dan Kedokteran. 

Pada tahun 2004, dibuka program studi jenjang S1 Teknologi Pengolahan Hasii Ternak dan Program Magister Pengolahan Sumber Daya Lahan Kering.

Dalam perkembangannya hingga tahun akademi 2004 Unram memiliki 6 fakultas, 43 program studi terdiri dari 3 Program Magister/S2, yaitu Manajemen, Hukum, llmu Pendidikan, 27 Program Sl, 5 Program Studi S1 Ekstensi, 7 Program Diploma 3, serta 1 Program Diploma 2.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Mataram”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Mataram”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Mataram”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel