Sejarah Singkat “Universitas Hasanuddin”

Sedang mencari perguruan tinggi favorit di luar Jawa? Tenang ada Universitas Hasanuddin yang bisa memenuhi keinginanmu untuk mendapatkan pendidikan yang bagus dan berkualitas, apalagi UNHAS atau Universitas Hasanuddin ini adalah kampus terbaik yang ada di Indonesia Timur. Selain terbaik, tentu saja kampus ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Terlepas dari adanya alasan tersebut maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Hasanuddin” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Hasanuddin”

  • Singkatan/sebutan: Unhas
  • Status: Negeri
  • Alamat:

    • Kampus Unhas Tamalanrea, Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 10, Makassar 90245, Sulawesi Selatan.
    • Kampus Unhas Baraya, Jalan Sunu, Baraya, Makassar, Sulawesi Selatan
  • Telepon: (0411) 585034, 585035, 585036
  • Website: https://www.unhas.ac.id
  • Dies Natalis: 10 September

Sejarah “Universitas Hasanuddin”

  • Didirikan: 10 September 1956 (Unhas), 9 Desember 1986 (Program Pascasarjana).
  • Pendiri: Universitas Hasanuddin.
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Sejarah Singkat “Universitas Hasanuddin”
Universitas Hasanuddin (Foto: edumor.com)

Universitas Hasanuddin merupakan penjelmaan dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, serta Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta Cabang Makassar, yang sudah ada sejak tahun1947. 

Sembilan tahun kemudian, 3 cabang fakultas dari Ul ini diresmikan sebagai PTN sendiri dengan nama Universitas Hasanuddin, yang diresmikan Wakil Presiden RI pada waktu itu Mohamad Hatta pada tanggal 10 September 1956.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Padjajaran”.

Program Pascasarjana mulai dibuka pada tanggal 9 Desember 1986. Posisi Makassar yang ada di persimpangan wilayah Nusantara memacu Universitas Hasanuddin khususnya pada Program Pascasarjana untuk menarik minat mahasiswa dari Indonesia sendiri maupun kawasan Asia Tenggara.

Dalam perkembangan program pascasarjana ini, hingga kini Unhas telah menyelenggarakan 31 program studi jenjang S2, dan 8 program studi jenjang S3.

Setelah melewati tahap bangan, Unhas menjalani tahap pembenahan program studi yang sudah ada dari segi manajemen maupun kualitas. Acuan peningkatan mutu yang dipakai adalah paradigma baru pendidikan tinggi yang menekankan aspek kualitas, otonomi, evaluasi, akreditasi dan akuntabilitas.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Hasanuddin”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Hasanuddin”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Hasanuddin”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel