Sejarah Singkat “Universitas Negeri Jakarta”

Bingung akan memilih ke perguruan tinggi setalah SMA? Hal sama juga banyak terjadi pada mereka yang belum mempersiapkan kemana setelah menyelesaikan pendidikan sekolah tingkat atasnya. Apalagi dengan banyaknya pilihan perguruan tinggi, mulai negeri dan swasta, bahkan dari jenjang S1 sampai D3. Kalau Anda bingung, Universitas Negeri Jakarta atau yang disingkat dengan UNJ ini bisa menjadi pilihan. Hal ini disebabkan UNJ adalah salah satu perguruan tinggi yang terus melakukan perbaikan dari sisi kurikulum, suasna pembelajaran, sarana akademik dan juga budaya. Namun terlepas dari berbagai hal yang menarik tersebut, mengetahui sejarah singkat “Universitas Negeri Jakarta” menjadi penting untuk menambah informasi Anda tentang UNJ ini.

Informasi tentang “Universitas Negeri Jakarta”

  • Singkatan/sebutan: UNJ 
  • Status: Negeri
  • Alamat:

    • Jalan Daksinapati, Rawamangun, Jakarta Timur, 13220
    • Kampus UNJ, Jalan Rawamangun Muka, Rawamangun, Jakarta Timur 13220
  • Telepon: (021) 4721340, 4891710
  • Website: https://www.unj.ac.id

Sejarah “Universitas Negeri Jakarta”

Sejarah Singkat “Universitas Negeri Jakarta”
Universitas Negeri Jakarta (Foto: unj.ac.id)

Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi

Setelah Indonesia merdeka, kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan, mendorong pemerintah mendirikan berbagai kursus pendidikan guru. Sekitar tahun 1950-an, pada jenjang di atas pendidikan menengah didirikan B-1, B-2, dan PGSLP untuk menyiapkan guru-guru sekolah lanjutan.

Selanjutnya, didirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Batusangkar, Manado, Bandung, dan Malang. Kedua lembaga ini, Kursus B-1/B-2/PGSLP dan PTPG, kemudian diintegrasikan.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Padjajaran”.

Pada tahun 1957, PTPG diintegrasikan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan pada tahun 1958 Fakultas Paedagogik diintegrasikan ke FKIP. Pada 1963, didirikan Institut Pendidikan Guru (IPG) untuk menghasilkan guru sekolah menengah; sementara Kursus B-l dan B-ll diintegrasikan ke dalam FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) yang dirasakan menimbulkan dualisme.

Untuk mengatasinya, di Jakarta, kursus B-l dan B-2 diintegrasikan ke FKIP Universitas Indonesia. Pengintegrasian FKIP- Universitas Indonesia dan IPG Jakarta melahirkan IKIP Jakarta. Selanjutnya IKIP Jakarta, setelah berusia sekitar 36 tahun, sejak 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Negeri Jakarta”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Negeri Jakarta”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Negeri Jakarta”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel