Sejarah Singkat “Universitas Jayabaya”

Mencari perguruan tinggi swasta yang bonafid? Ini dia salah satu perguruan tinggi swasta yang bonafid di Jakarata, yaitu Universitas Jayabaya. Bisa dikatakan universiats ini adalah salah satu universitas tertua di Indonesia. Selain menjadi favorit, perguruan tinggi ini banyak diminati para calon mahasiswa yang belum bisa masuk perguruan tinggi negeri. Banyak alaan mengapa harus memilih Universitas Jawabaya. Namun tidak ada salahnya kalau kali ini mengetahui tentang sejarah singkat Universitas Jayabaya.

Informasi tentang “Universitas Jayabaya”

  • Status: Swasta
  • Alamat:

    • Kampus A - Ahmad Yani/ Pulomas: Jalan Pulomas Selatan Kavling 23, Jakarta Timur 13210
    • Kampus C - Cimanggis: Jalan Raya Bogor Km. 28, Cimanggis, Jakarta Timur
  • Telepon:

    • Kampus A: (021) 4700877, 4700874, 4700880, 470893, 47864388, 4705466
    • Kampus C: (021) 8714822-3
  • Website: https://www.jayabaya.ac.id

Sejarah “Universitas Jayabaya”

  • Didirikan: 5 Oktober 1958 (Universitas Jayabaya), tahun 1993 (Program Pascasarjana)
  • Pendiri: Yayasan Jayabaya
  • Pengelola: Yayasan

Universitas Jayabaya didirikan pada tanggal 5 Oktober 1958 oleh Prof. DR. H. Moeslim Taher, S.H., seorang mahasiswa Universitas Padjajaran yang belum lulus (24 tahun). Prakarsa ini agaknya merupakan perkembangan lebih lanjut dari pengabdiannya di bidang pendidikan, dengan karir yang dimulainya sejak menjadi pengasuh Sekolah Dasar, menjadi Pimpinan Sekolah Menengah Pertama, dan kemudian Pimpinan Sekolah Menengah Atas. Pengalaman dalam pengabdian di bidang pendidikan sektor swasta inilah kemudian yang mendorongnya mendirikan Universitas Jayabaya, sambil masih kuliah di Bandung.

Sejarah Singkat “Universitas Jayabaya”
Universitas Jayabaya (Foto: biaya.info) 

Pada saat permulaan berdirinya, Universitas Jayabaya mulai dengan mengelola 2 fakultas: Hukum dan Ekonomi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 11 orang. Sebagai Rektor pertama diangkat Prof. Mr. A. A. Hakim sekaligus merangkap sebagai Dekan Fakultas Hukum.

Pada tahun 1961/1962 Rektor Universitas Jayabaya diserahterimakan kepada Prof. Dr. H. Moeslim Taher, S.H. sebagai Rektor yang kedua (1962 -1988). Beliau diganti oleh Prof. Dr. H. Tb. Achjani Antakusuma sebagai Pejabat Rektor (1988 - 1996). Kemudian beliau diganti oleh lr. Syamsu Anwar, M.S. (1996 - 2000). Kemudian dari tahun 2000 beliau diganti oleh Prof. Dr. H. R. Sri Soemantri Martosoewignyo, S.H. hingga sekarang.

Baca juga: Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya”.

Untuk memperkuat usaha menggali dan mengembangkan sumber-sumber dana demi perkembangan Universitas Jayabaya telah dlbentuk Yayasan Jayabaya. Tercatat sebagai pendiri adalah Moeslinn Taher dan Ny. Yuyun Moeslim Taher. Yayasan ini selanjutnya berfungsi melaksanakan pembinaan terhadap Universitas Jayabaya dan pembentukan unit-unit di lingkungan Universitas Jayabaya, yaitu:

Pada tahun 1961 didirikan Akademi Kepemimpinan Niaga (AKN) Jayabaya, dan sejak tahun akademik 1985/1986 AKN diubah menjadi Akademi Manajemen Perusahaan (AMP) Jayabaya. 

Pada tahun 1962 didirikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang terdiri dari 2 jurusan: Administrasi Negara dan Hubungan Internasional.

Pada tahun 1962 didirikan Akademi Ajun Akuntansi Jayabaya (AAJ), yang merupakan Akademi Akuntansi Swasta pertama di Indonesia. Sejak tahun Akademi 1985/1986 AAJ mendapat status disamakan dengan Program Diploma Tiga (D3).

Pada tahun 1971 didirikan Fakultas Teknik dengan 2 jurusan: Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Sejak tahun 1987 Fakultas Teknik dikembangkan menjadi 2 fakultas, yaitu: Fakultas Teknologi Industri dengan 3 jurusan: Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dengan 2 jurusan: Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur. Pada tahun 1985 didirikan Program D3 Teknologi yang memiliki 2 jurusan: Teknik Sipil dan Teknik Meşin.

Pada tahun 1985 diadakan penambahan baru Fakultas Ekonomi yaitu Jurusan Akuntansi disamping Jurusan Manajemen Perusahaan yang telah ada.

Kemudian tahun 1993 Universitas Jayabaya mengadakan terobosan baru dengan pembentukan Program Pascasarjana dengan 3 jurusan: Magister Manajemen, Magister Hukum, dan Magister Hubungan Internasional.

Pada tahun 1996 didirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Jayabaya. Pada tahun 1999 didirikan Fakultas Ilmu Komunikasi yang terdiri dari 2 jurusan: Ilmu Jurnalistik dan Ilmu Hubungan Maşyarakat. Pada saat didirikan, kegiatan pendidikan dan administrasi Universitas Jayabaya dilakukan dengan menumpang tempat pada Sekolah Swasta, Ruangan-ruangan yang pada pagi dan siang harinya dipergunakan oleh SD, SLP, dan SITA swasta di Jalan Salemba Raya 12 Jakarta Pusat. Oleh sebab itulah kegiatan perkuliahan baru dapat berlangsung pada sore dan malam hari pukul 17.00 - 21.00 WIB, Aliran listrik pada saat itu belum menjangkau, sehingga satu-satunya alat penerangan yang digunakan adalah lilin, yang selanjutnya meningkat menggunakan lampu petromak.

Kini Kampus Jayabaya berdiri megah di Pulomas Jakarta Timur dan satu kampus lagi di Cimanggis Bogor yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap. Ketika Harvard University, Amerika Serikat merancang Harvard Project for Asian and International Relations pada 1997, Universitas Jayabaya mewakili Indonesia.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Jayabaya”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Jayabaya”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Jayabaya”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel