Sejarah Singkat “Universitas Gunadarma”

Apa yang menjadi impian Anda setelah menyelesaikan sekolah menengah atas? Tentunya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi favorit. Di era yang semakin berkembang dengan luar biasa, baik teknologi dan komunikasi, status negeri dan swasta pun hampir sama saat ini. Bingung untuk menentukan pilihan? Universitas Gunadarma bisa menjadi pilihan. Universitas Gunadarma adalah salah satu perguturan tinggi swasta terbaik di Indonesia, apalagi Gunadarma sudah mencetak lulusan yang berkualitas dan berkompeten. Tertaik dengan informasi Universitas Gunadarma? Di bawah ini akan disampaika sedikti informasi tentang sejarah singkat “Universitas Gunadarma”.

sejarah-singkat-universitas-gunadarma
Universitas Gunadarma (Foto: mamikos.com)

Memilih Universitas Gunadarma adalah satu pilihan yang tepat untuk melanjutkan studi, apalagi dengan sarana dan prasarana yang lngkap dengan lokasi kampus yang strategis membuat kampus ini sangat mudah dijangkau oleh para mahasiswa.

Informasi “Universitas Gunadarma”

Status: Swasta

Alamat:

  • Kampus D/Pusat: Jalan Margonda Raya 100, Pondok Cina, Depok 16424, Jawa Barat.
  • Kampus A: Jalan Kenari Raya 13, Jakarta Pusat 10430.
  • Kampus B dan C: Jalan Salemba Raya 53, Jakarta Pusat 10440.
  • Kampus E, G dan H: Jalan Akses Ul, Kelapa Dua, Cimangis, Depok.

Telepon: (021) 7520981

Website: https://www.gunadarma.ac.id

Sejarah “Universitas Gunadarma”

Program Pendidikan Kompüter yang didirikan 7 Agustus 1981, yang berkembang menjadi Akademi Sains dan Kompüter Indonesia (ASKI) adalah cikal bakal Universitas Gunadarma. Pada tanggal 21 Juni 1984, akademi ini ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Kompüter Gunadarma (STKG). Wisuda yang pertama diselengarakan STKG pada tanggal 28 September 1984. 

Pada tanggal 5 Oktober 1985, sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus Terdaftar dengan nama baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma, yang menyelenggarakan Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Kompüter dengan Strata 1 dan Diploma 3.

Baca juga: Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya”.

Kemudian, STMIK Gunadarma membuka jurusan/program studi Teknik Informatika pada tahun 1989. Pada tahun 1992, semua program studi di STMIK Gunadarma berstatus Disamakan. Pada 14 Juni 1990, Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), dengan menyelenggarakan Jurusan Manajemen dan Akuntansi. 

Pada tahun 1993 juga membuka program pascasarjana: Magister Manajemen dan Magister Manajemen Sistem Informasi. Pada tanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma dilebur menjadi Universitas Gunadarma dengan 6 fakultas, yaitu Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Ekonomi, Teknologi Industri, Teknik Sipil & Perencanaan, Psikologi, dan Sastra. Program pascasarjana juga bertambah satu, yaitu Magister Elektro (1999), diikuti program Doktor untuk Ilmu Ekonomi (2000), diikuti Magister Sastra, Magister Psikologi dan Magister Teknik Sipil tahun-tahun berikutnya. Universitas Gunadarma menyelenggarakan 4 program Diploma 3; 12 program Strata 1; 6 program pascasarjana Strata 2, dan 2 program doktor. Bahkan Program Doktor Ilmu Komputer bekerja sama dengan Universitć De Bourgogne, Prancis.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Gunadarma”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Gunadarma”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Gunadarma”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel