Tips Mempercepat Tumbuhnya Cangkokan Tanaman

Jaman sudah berganti dan berubah dengan cepat, termasuk saat ingin menanam tanaman yang diinginkan. Kalau dahulu menanam tanaman dimulai dari biji, namun dengan semakin majunya teknologi dan cara menanam tanaman, banyak cara untuk mempercepat tanaman agar cepat tumbuh. Bahkan setelah menanam pun diperlukan cara agar tanaman tersebut cepat tumbuh. Tips mempercepat tumbuhnya cangkokan tanaman semoga bisa menginspirasi.

tips-mempercepat-tumbuhnya-cangkokan-tanaman
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock/Poring Studio)

Menanam tanaman dari biji memang sangat menarik, apalagi bila Anda ingin mengetahui proses tumbuhnya tanaman secara alami, namun sayang cara ini sangat lama, selain itu kualitas buahnya belum tentu sama dengan induknya.

Peluang... Hal ini yang dimanfaatkan para pedagang tanaman dengan menjual bibit cangkokan, memang akarnya tidak cukup kuat, namun waktu berbuah menjadi lebih singkat dan rasa buahnya tetap sama dengan induknya.

Cara Mudah Agar Tanaman Cangkokan Cepat Tumbuh

Selain dengan membeli, bibit cangkokan bisa diperoleh dengan mencangkok sendiri. Bahkan saat ini sudah banyak toko yang menjual paket cangkokan. Tinggal mengerat dahan yang mau dicangkok, paket cangkokan tinggal ditempel dan diikat. Sangat mudah dan praktis.

Untuk mencangkok sendiri, Anda bisa mencoba cara alami. Cara imi sangat mudah dan tidak menggunakan cairan perangsang akar, juga tidak menggunakan tanah sebagai pembungkus batang, tetapi menggunakan lumut.

Baca juga: Tips Budidaya Sirih Merah.

Dengan mengunakan lumut pertumbuhan akan menjadi lebih cepat. Cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Setelah kulit batang dikupas, bersihkan batang dari kambium (lendir yang terdapat dianatara kilit dan kayu) dengan pisau.
  2. Tutuplah batang yang telah terkelupas dengan lumut yang menempel di tebing-tebing. Lebih baik lagi dipilih lumut yang tumbuh di tebing-tebing padas.
  3. Bungkus dengan sabut kelapa, tapi jangan terlalu kencang. Jangan lupa ujung atas dan bawah pembungkus diikat menggunakan tali.

Bila saat mencangkok tidak saat musim penghujan, Anda harus rajin menyiramnya. Itu dia sedikit informasi tentang “Tips mempercepat tumbuhnya cangkokan tanaman”. Semoga informasi dan tips tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mempercepat Tumbuhnya Cangkokan Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel