Tips Melancarkan Menstruasi dengan Tanaman Di Sekitar Kita

Pernahkan Anda di kantor, tidak tahu sebabnya tiba-tiba dicemberuti teman satu bagian? Atau saat di rumah, tiba-tiba istri marah tanpa sebab, yang membuat Anda bingung. Anda penasaran mengapa bisa terjadi hal seperti itu? Bisa jadi, itu semua disebabkan karena haid atau menstruasi yang tidak lancar dan menjadikan mereka frustasi. Mungkin banyak yang abai tentang hal ini, namun dengan semakin mudahnya informasi didapat, Anda bisa memberikan tips melancarkan menstruasi dengan tanaman di sekitar kita.

Dapat diakui, banyak yang mengatakan, meskipun dia datang hanya kadang-kadang, namun sekali datang, rasa nyerinya menyakitkan, dan akhirnya membuat banyak wanita membiarkan masalah ini.

tips-melancarkan-menstruasi-dengan-tanaman-di-sekitar-kita
Ilustrasi (Gambar: jafariacupuncture.com)

Informasi menarik tentang cara melancarkan menstruasi dengan tanaman di sekitar kita ini, salah satunya disampaikan oleh Ir. Heru D. Wardana, M.Hort.Sc,- seorang peneliti tanaman obat dan M. Sholekhudin, yang catatannya pernah di muat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 507.

Memahami Siklus Hormonal Pada Wanita

Dahulu, menstruasi dianggap sebagai hukuman pada Hawa, yang bersama Adam telah makan buah terlarang di surga, dan darah yang keluar dianggap sebagai darah kutukan.

Dengan berkembangnya waktu berdasarkan penelitian dan juga ilmu pengetahuan modern telah membuktikan, bahwa menstruasi terjadi karena siklus hormonal yang terjadi di dalam tubuh perempuan.

Darah haid yang keluar bersama endometrium (lapisan rahim) yang luruh akibat turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron.

Baca juga: Tips Hidup Sehat Saat Usia Menopause ala Dokter Tan.

Pada kondisi normal, datang bulan ini datang setiap bulan, namun bila siklus hormonal ini mengalami gangguan tentu saja bisa menjadi terlambat. Pada sebagian wanita ada yang terlambat hingga enam bulan.

Menjelang menstruasi, banyak wanita yang mengalami gejala-gejala emosi, seperti mudah sedih dan juga mudah marah, kerja menjadi tidak bersemangat, bahkan suami yang tidak tahu apa-apa juga bisa kena marah.

Saat menstruasi, tidak sedikit wanita yang mengalami nyeri sampai harus tidak masuk kerja, bahkan sebagian yang lain, darah menstruasinya tidak mau berhenti, dan membuatnya harus sering berganti pembalut.

Masalah menstruasi ini bisa bermacam-macam, namun penyebabnya hanya satu, yaitu terjadinya gangguan hormonal.

Cara Melancarkan Menstruasi Yang Telat dengan Tanaman di Sekitar Kita

Siapa yang mengira untuk bisa melancarkan menstruasi ternyata bisa menggunakan tanaman yang ada di sekitar kita.

Bahkan dalam konsep pengobatan tradisional China, gangguan menstruasi terjadi akibat ‘panas’ yang berlebihan. Hal tersebut terjadi akibat ketidakseimbangan yin dan yang di dalam tubuh, maka obat gangguan menstruasi adalah tanam-tanaman yang memiliki sifat mendinginkan.

Di era saat ini sudah ada produk obat herbal yang ditawarkan untuk mengatasi masalah menstruasi.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan tanaman di sekitar rumah, Anda bisa memanfaatkan Cyperus rotundus atau sering disebut dengan suket teki atau rumput teki. Bagian yang bisa digunakan adalah umbinya yang mengandung alkaloid, flavonoid, sineol, pinen, siperon, rotunal, siperenon, siperol.

Dalam konsep pengobatan tradisonal China, rimpang dari teki memiliki sifat mendinginkan. Namun secara empiris, teki telah lama digunakan masyarakat China dan India sebagai obat peluruh haid.

Sebuah penelitian di China menemukan bahwa secara tunggal maupun kombinasi, 6 sampai 9 gram rimpang teki ini bisa membantu meringankan ketidakteraturan siklus haid, dan juga meringankan premenstrual syndrome (PMS).

Selain sebagai obat khusus wanita, rimpang teki juga sering digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, diare, demam, gangguan pencernaan dan juga penyakit hati.

Selain dari tanaman herbal yang ada di pekarangan, gangguan menstruasi bisa diringankan dengan rempah dan sayuran yang tersedia di dapur.

Rempah-rempah tersebut antara lianadas (Foeniculum vulgare), ketumbar (Coriandrum sativum) dan cengkeh (Syzigium aromaticum).

Rempah-rempah tersebut di lidah memiliki rasa yang manis dan hangat. Adas biasanya digunakan sebagai obat kembung, diare, radang saluran napas dan batuk. Selain rempah-rempah tersebut masih ada bahan lainnya yang bisa dipakai seperti bayam (Amaranthus sp.), bawang merah (Allium cepa), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), blustru (Luffa cylindrica), beluntas (Pluchea indica), dan kedelai (Glycine max).          

Tips Menggunakan Tanaman di Sekitar Kita Sebagai Obat Untuk Melancarkan Menstruasi

Terdapat banyak sekali tananam yang bisa digunakan untuk melancarkan menstruasi, antara lain:

  • Rumput Teki

Caranya sangat mudah, keringkan rimpang teki. Blender atau tumbuk sampai halus. Kemudian rebus 5 sampai 10 gram bubuk rimpang teki dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Dinginkan, kemudian saring dan minum air rebusannya. Lakukan ini dua kali sehari, pagi dan sore.

Seperti obat tradisional yang lain, maka minum air rebusan rimpang teki tetap harus hati-hati.

  • Golongan Rempah

Selain bisa digunakan untuk bumbu masak, rempah-rempah juga bisa digunakan untuk jamu. Caranya sangat mudah, tumbuk adas, ketumbar dan cengkeh, masing-masing sejumput. Rebus dengan air, dinginkan, saring dan minum air rebusannya. Lakukan satu hari, 2 sampai 3 kali.

Yang menjadi catatan disini adalah penggunaan adas dalam jumlah banyak terkadang bisa membuat peminumnya sering buang angin dan bersendawa.

  • Blustru.

Cuci buah blustru yang berukuran sedang, kemudian parut. Tambah setengah cangkir air masak dan garam seujung sendok teh, kemudian remas sampai halus. Setelah tercampur secara merata, peras dan saring minum secara sekaligus. Lakukan 3 kali dalam sehari.

  • Daun Beluntas

Cucilah 2 genggam daun beluntas, kemudian tumbuk sampai halus. Tambah dengan air masak 1,5 gelas dan garam seujung sendok teh. Peras dan saring, kemudian minum 3 kali sehari, masing-masing 0,5 gelas.

  • Jeruk Nipis

Campur 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 3 sendok makan madu. Seduhlah dengan 1,5 cangkir air panas, kemudian aduk secara merata. Setelah dingin, minum 3 kali sehari, masing-masing sepertiganya.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips melancarkan menstruasi dengan tanaman di sekitar kita”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda dan keluarga dalam melancarkan menstruasi.

Belum ada Komentar untuk "Tips Melancarkan Menstruasi dengan Tanaman Di Sekitar Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel