Berbisnis dengan Sarana Internet

Siapa yang saat ini tidak kenal dengan internet? Praktis saat ini semua orang sudah kenal dengan internet, apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 yang lalu, yang membuat internet menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Internet lebih sering digunakan dalam pekerjaan, pendidikan dan juga hiburan, namun ada yang kurang yaitu mengoptimalkan berbisnis dengan sarana internet, dan masih banyak orang yang belum memahami bahwa dengan internet ternyata bisa mendapatkan uang.

berbisnis-dengan-sarana-internet
Ilustrasi (Gambar: idcloudhost.com)

Pada dasarnya dengan internet disinilah peluang untuk Anda yang bingung tidak memiliki modal atau bahkan bingung saat hendak berbisnis. Dan mengapa tidak mencoba menggarap lahan di internet? Dapat diakui mungkin saja di awal Anda terasa asing atau bahkan malah gaptek (gagap teknologi). Namun yakinlah bahwa saat ini berbisnis di dunia maya masih memberikan peluang.

Memanfaatkan Peluang Bisnis Online 

Bayangkan saja bila Anda saat ini berada di daerah pelosok dan tertarik ingin membeli sebuah barang yang dijual pedagang, misalnya di luar negeri. Saat ini, Anda cukup melihat-lihat gambar dan spesifikasinya secara jelas di internet. Begitu cocok, barang langsung dibayar, dalam beberapa hari barang tersebut sudah diterima. Begitu mudah dan cepat.

Baca juga: Cuan dari Rumah, Mengapa Tidak?

Jangan khawatir untuk memulai, karena perasaan di benak Anda yang masih menganggap bisnis masih kecil belum berani untuk menjualnya secara online. Mengapa tidak memulai dari sekarang.

Bahkan dahulu mereka yang memulainya sekitar pertegahan tahun 1990-an, ternyata dengan berjalannya waktu membuat mereka menjadi pemain-pemain besar, misalnya Amazon.com (www.amazon.com) yang merupakan toko buku online yang berkantor di Seattle, Amerika Serikat ini, atau bahkan eBay (www.ebay.com), yaitu situs penjualan barang nomor satu di dunia.

Keuntungan Berbisnis Melalui Internet

Saat ini berbisnis di dunia online atau dunia maya seperti menjadi kebutuhan bagi para pebisnis.

Terdapat keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Pasar. Jalur internet yang menghubungkan jutaan penggunanya menjadi potensi pasar yang besar.
  • Biaya yang tidak besar. Saat awal memulai usaha, biayanya juga relatif tidak besar, bahkan bisnis seperti ini bisa dilakukan di rumah, bermodalkan seperangkat komputer dan koneksi internet. Untuk tokonya cukup menggunakan situs web yang bisa dibangun sendiri.

Merujuk pada penelitian McKinsey pada tahun 1997, biaya interaksi antara perusahaan dan konsumen pada marketing internet bisa dipangkas hingga 90%. Perusahaan tidak perlu dipusingkan dengan mencetak formulir, surat, tagihan atau bahkan pembayaran, karena semua bisa dilakukan secara digital.

Marketing internet pada dasarnya bukan sekedar peluang untuk mendapatkan uang dengan memanfaatkan internet, namun secara sederhana memiliki maksud untuk memasarkan sesuatu melalui internet, sehingga terdapat barang yang diperjualbelikan.

Itu dia sedikit informasi tentang “mengoptimalkan berbisnis dengan sarana internet”. Semoga informasi ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Berbisnis dengan Sarana Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel