Tips Hemat Air

Cuaca panas karena musim kemarau panjang, membuat siapa pun pasti membutuhkan air, tidak hanya para petani yang membutuhkan air untuk mengairi sawahnya. Para ibu di rumah pun sampai mewanti-wanti para anggota keluarga di rumah untuk menghemat air. Hal ini bukan tanpa alasan, faktor sulitnya air ditambah cuaca panas membuat air sering digunakan, efeknya tidak bukan karena tagihan air menjadi membengkak. Tips hemat air pun disampaikan disini agar Anda bisa menghemat uang meskipun sedikit.

tips-hemat-air
Ilustrasi (Gambar: westbasin.org)

Saat ini dengan cuaca yang panas tidak dapat dipungkiri, penggunaan air menjadi lebih banyak. Maka menghemat air ternyata memiliki alasana, meskipun terlihat tidak penting, namun dengan menghemat air, ternyata bisa menjadi penghematan atas anggaran keluarga.

Hemat Air Buat Kehidupan Masa Depan dan Juga Hemat Uang 

Tentu banyak pertanyaan mengapa dengan menghemat air bisa menghemat uang? Bayangkan saja bila kebutuhan air dipasok dari sumur dengan menggunakan pompa air listrik, penghematan air akan mengurangi biaya listrik. 

Baca juga: Mengenal Tabungan Valas.

Berikut tips menghemat air dengan mengambil catatan dari Andy Indrayanto (Majalah Intisari), antara lain:

  • Mulai dari hal kecil tapi penting.

Jangan membiarkan air tetap mengucur, seperti saat sedang menggosok gigi atau mencuci peralatan makanan atau memasak. Bukalah keran hanya saat diperlukan dan tutup kembali bila tidak digunakan.

Untuk mencuci mobil, gunakan ember dan lap. Penggunaan selang air justru akan menyulitkan pengontrolan penggunaan air.

  • Gunakan air bekas mencuci untuk mengerjakan hal lain.

Cara paling mudah untuk berhemat dengan cara ini, seperti dengan menggunakan air bekas membilas cucian untuk membersihkan kamar mandi, bagian kotor dari mobil seperti ban atau rumah rodanya, dan mengguyur kloset setelah buang air besar atau kencing.

  • Mengoptimalkan penggunaan mesin cuci.

Apabila terbiasa menggunakan mesin cuci, usahakan untuk mencuci baju dalam jumlah banyak sekaligus. Misalnya mencuci baju seminggu sekali. Jika belum memiliki mesin cuci dan pada kemudian hari membutuhkan, pilih mesin cuci dengan bukaan di atas. Mesin cuci dengan bukaan di depan relatif boros air.

Itu dia sedikit informasi tentang tips hemat air. Tentunya dengan menghemat air, maka Anda juga bisa menghemat uang untuk kebutuhan rumah tangga. Semoga informasi ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Hemat Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel