Tips Berbelanja dengan Bijak

Tidak dapat dipungkiri setiap orang, bahkan setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan, dan di era yang semuanya bisa dilakukan dengan mudah tentu kita harus bisa memilah dan memilih barang apa saja yang akan kita beli. Bahkan ada suatu kasus, karena tertarik dengan barang yang ingin dibeli membuat seseorang harus terjerat dengan hutang, tentu kita semua tidak menginginkan hal ini terjadi pada kita bukan? Tips berbelanja dengan bijak sengaja disampaikaan kali ini utuk mengingatkan bahwa ‘belilah sesuatu sesuatu sesuai dengan kebutuhan bukan karena keinginan’.

tips-berbelanja-dengan-bijak
Ilustrasi (Gambar: top10homeremedies.com)

Bagaimana dengan kebutuhan rumah tangga? Tentu karena ini sifatnya pokok dan harus dipenuhi tentu saja berbelanja untuk kebutuhan rumah tangga menjadi wajib, kecuali kalau berbelanja hanya untuk terlihat kaya padahal barang tersebut sangat tidak kita butuhkan. Apalagi kalau untuk membelinya dengan memaksakan diri, tentu akan mencelakakan hidup kita nantinya.

Bagaimana Cara Berbelanja Bulanan dengan Bijak?

Perubahan pola hidup, ditambah dengan iming-iming untuk mendapatkan barang yang diinginkan memang menjadi godaan yang luar biasa. Namun kalau sudah memiliki niat yang kuat untuk menjaga diri agar tidak mudah tergiur dengan hal-hal tersebut, yakin semua bisa Anda lakukan.

Baca juga: Yuk Menabung!

Bahkan dengan semakin sadarnya Anda akan pentingnya mengatur keuangan keluarga, apalagi dengan kebutuhan termasuk harga barang yang semakin mahal, memang membuat Anda harus mulai mengatur keuangan termasuk dalam menghadapi berbelanja barang.

Di bawah ini terdapat cara untuk bisa berbelanja dengan bijak, antara lain:

1. Membuat catatan untuk berbelanja.

Dengan membawa catatan saat berbelanja maka Anda akan fokus hanya untuk membeli barang-barang yang sudah direncanakan saja.

2. Menghindari jebakan merek.

Yang harus dilakukan kali ini adalah dengan memusatkan pada nilai guna suatu barang. Kalau memang ada barang yang lebih murah namun memiliki kualitas yang sama dengan barang yang bermerek, mengapa tidak membelinya? Dengan begitu kita akan memiliki kelebihan uang dan dapat mempergunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang lain.

3. Kritis terhadap iklan.

Kita sudah seharusnya mulai cerdas dan kritis terhadap iklan, karena iklan ini bisa menciptakan kebutuhan.

4. Milikilah product knowledge.

Sebenarnya tidak ada salahnya mulai mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai barang yang akan dibeli. Dengan begitu barang yang akan dibeli benar-benar bisa digunakan secara optimal.

5. Membawa uang tunai.

Bawalah uang tunai sesuai dengan anggaran belanja, meskipun mendapatkan kelebihan, langkah tersebut sebaiknya hanya sebagai uang jaga-jaga saja. Dan yang paling penting disini mulai minimalkan menggunakan kartu ATM dan kartu kredit.

6. Pastikan membeli barang karena benar-benar membutuhkannya.

Meskipun ada barang yang ingin dibeli, namun di luar daftar belanja, maka pastikan apakah barang-batang tersebut bener-benar kita butuhkan. Bila perlu berpikirlah ulang dan kembali beberpa hari kemudian kalau barang itu benar-benar dibutuhkan dan bukan hanya sebuah keinginan.

Itu dia sedikit informasi dan tips berbelanja dengan bijak. Semoga informasi ini, walau pun singkat namun bermanfaat untuk kita semua untuk bisa mengatur keuangan keluarga.

Belum ada Komentar untuk "Tips Berbelanja dengan Bijak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel