Perlukah Medical Check Up Pada Anak?

Apa yang bisa Anda bayangkan tentang medical check up? Tentu sebuah pemeriksaan detail tentang kondisi kesehatan, bukan? Namun apa yang terjadi bila medical check up dilakukan pada anak? Apakah hal ini hanya mengada-ada atau hanya sekedar ikut-ikutan? Yang menjadi pertanyaan adalah “perlukah medical check up pada anak?”.

Tentu untuk membahas hal ini membutuhkan sumber referensi yang tepat, salah satunya adalah catatan yang ditulis oleh I Gede Agung Yudana, yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari.

Memang sepertinya mengada- ada, namun sebenarnya tidak lho. Anak-anak memang perlu menjalani medical check up. Tentunya pemeriksaan kesehatan berkala yang dilakukan pada anak ini sangat berguna bagi tumbuh kembang dan masa depan anak.

perlukah-medical-check-up-pada-anak
Ilustrasi (Gambar: news.regence.com)

Saat menginjak remaja dan dewasa, maka peran medical check up ini menjadi semakin penting dikarenakan perubahan pola hidup, namun memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengetahui ada atau tidak masalah kesehatan sehingga bisa diambil tindakan medis sejak dini.

Medical Check Up 

Sesuai dengan sebutannya, maka medical check up mencakup unsur kesehatan (medical), pemeriksaan (check) dan waktu (up). Tentu saja pemeriksaan ini bukan merupakan pemeriksaan tersendiri, namun merupakan pemeriksan berkala, berkesinambungan dan berkelanjutan.

Bahkan menurut dr. Marganda D.A. Pasaribu, seorang dokter medical check up dari Rumah Sakit Omni Medical Center, maka pemeriksaan kesehatan ini berfungsi sebagai screening awal untuk mengetahui ada tidaknya masalah kesehatan pada diri kita.

Baca juga: Deteksi Dini Kesehatan dengan Medical Check Up.

Dari screening ini terdapat dua kemungkinan hasil yang didapatkan, yaitu kondisi yang tubuh yang healthy (sehat) atau unhealthy (menderita penyakit tertentu).

Masih menurut dr. Marganda, medical check up ini bekerja pada ruang lingkup promotif, preventif dan kuratif, dan medical check up ini tidak menjangkau rehabilitatif.

Medical Check Up Pada Anak

Medical check up sebaiknya dilakukan setahun sekali dan berlaku rata untuk semua tingkat usia.

Tentang kapan seseorang harus melakukan medical check up untuk pertama kalinya juga belum teerdapat ketentuan baku. Yang pasti, pemeriksaan kesehatan berkala ini sebaiknya dilakukan sejak dini.

Di Indonesia, kebanyakan medical check up dilakukan saat seseorang telah mencapai dewasa. Pada anak-anak (sampai dengan usia 12 tahun) jarang sekali dilakukan medical check up.

Medical check up pada anak tidak identik dengan pemeriksaan darah dan urine. Pada anak yang diperiksa, adalah :

  • Ada tidaknya gangguan perkembangaan, baik secara fisik atau pun non fisik.
  • Adakah gangguan tumbuh kembang. 
  • Adakah kelainan kongenital (bawaan).
  • Adakah kelainan yang merupakan turunan orang tua.
  • Adakah gangguan kognitif atau pola pikir.
  • Adakah gangguan pola berbahasa.

Jadi bukan pada pemeriksaan kolesterol darah atau kadar gula darah. Pemeriksaan laboratorium baru dilakukan bila diperlukan.

Pada medical check up anak, orang tua akan dilibatkan sebagai nara sumber, karena anak belum memiliki pemahaman tentang kesehatan. Informasi yang digali adalah apakaah imunisasinya lengkap, vaksinasi apa saja yang telah dilakukan, bagaimana pola makan si anak, apakah anak termasuk aktif? Tindakan yang dilakukan kemudian juga bisa promotif, preventif atau kuratif.

Objek medical check up pada anak remaja tentu saja berbeda dengan anak-anak. Perbedaan tersebut disebabkan pola hidup remaja sudah berbeda dengan pola hidup anak-anak.

Pada masa kanak-kanak, pola makan seorang anak masih terbatas, hal ini disebabkan orang tua mempunyai proteksi penuh pada anak, termasuk dalam hal pola makan.

Pada remaja pemeriksaan fisik terhadap aspek perkembangan masih dilakukan, namun yang dilihat berbeda dnegan anak-anak. Pemeriksaan laboratorium terhadap darah dan urine sudah mulai dilakukan, hal ini disebabkan pola hidup remaja sudah mulai berubah. 

Itu dia sedikit informasi tentang “Perlukah medical check up pada anak?”. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi masukan untuk keluarga.

Belum ada Komentar untuk "Perlukah Medical Check Up Pada Anak?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel