Tips Melindungi Benih dengan Ampas Kelapa

Pernahkah terbersit di dalam benak Anda untuk bercocok tanam, entah hanya untuk menyalurkan hobi, atau sekedar ingin memanfaatkan sedikit lahan kosong di rumah Anda? Tentu dengan adanya keinginan untuk mulai menyalurkan keinginan Anda, pasti Anda mulai mencari tanaman apa yang cocok untuk ditanam, begitu pula saat ini kalau ingin menanamnya dengan tanaman, seperti sayuran, tentu Anda akan memilih sayuran dari benih. Namun terkadang kenyatan tidak sesuai dengan harapan, setelah ditabur dipersemian benih tersebut rusak karena dimakan hewan-hewan kecil. Kalau sudah seperti itu sedikit tips melindungi benih dengan ampas kelapa ini mungkin bisa menjadi sedikit referensi untuk Anda.

tips-melindungi-benih-dengan-ampas-kelapa
Ilustrasi (Gambar: finflyy.com)

Tidak salah memang bila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tetangga atau masyarakat sekitar yang sudah berhasil menanam tanaman yang Anda inginkan. Hidroponik pun tidak masalah. Namun yang paling awal sebelum menanam adalah bagaimana caranya benih yang sudah disemai atau yang mulai ditanam tersebut aman dari serangan hewan-hewan kecil, semut misalnya .

Cara Melindugi Benih dari Ampas Kelapa

Informasi menarik berikut ini semoga bisa menjadi referensi untuk Anda, yang bersumber dari catatan E. Supriyanto di Depaok yang pernah juga dimuat di Majalah Intisari.

Baca juga: Tips Menjaga Karang.

Terdapat saran sederhana untuk menanam benih termasuk melindungi benih, yaitu:

  1. Sebelum benih disemaikan, maka rendam dulu dengan air panas satu malam sebelumnya. Hal ini berguna untuk mempercepat proses tumbuhnya benih. Dengan direndam dalam air panas, kulit benih menjadi lunak sehingga kecambah lebih mudah menembus keluar. Pada besok paginya, akan sudah terlihat bintik-bontik putih kecambah di tepian benih. Dengan cara ini, akan diketahui mana benih yang baik dan mana yang jelek.
  2. Jangan lupa menggunakan ampas kelapa. Nantinya taburkan disekeliling tempat semainya. Mengapa demikian? Terkadang semut suka memakan benih. Dengan adanya ampas kelapa, semut-semut tersebut akan memakan ampas kelapa tersebut lebih dulu. Begitu ampas habis, benih tersebut sudah tumbuh dan aman dari ganguan semut.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips melindungi benih dengan ampas kelapa”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Melindungi Benih dengan Ampas Kelapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel